x

crisis center sebagai layanan mahasiswa FMIPA UM

Iklan

Bem fmipa um

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2020

Senin, 21 Desember 2020 06:17 WIB

Temukan Solusi Masalah Perkuliahan Mahasiswa FMIPA UM Lewat Crisis Center

Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FMIPA UM sediakan CRISIS CENTER sebagai layanan informasi bagi mahasiswa FMIPA UM yang mengalami masalah perkuliahan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Crisis Center merupakan wadah bagi mahasiswa/i FMIPA UM untuk memperoleh bantuan dalam menyelesaikan problematika kampus selama proses perkuliahan. Crisis Center diharapkan bisa memberikan arahan tepat dalam memecahkan masalah yang dihadapi mahasiswa FMIPA selama perkuliahan/ Ini juga wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendampingan secara langsung dari fakultas maupun universitas. Selain itu juga mahasiswa dapat terhindar dari informasi-informasi yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung. Mahasiswa bisa langsung memperoleh arahan jelas dari Crisis Center.

Kegiatan bertema “Pemecah Masalah Kuliahmu” telah melayani dan mendampingi 45 mahasiswa berbagai jurusan di FMIPA UM,  selama satu periode kepengurusan. Pelayanan Crisis Center dimulai pada bulan Juli dan berakhir bulan November.

Kegiatan Crisis Center dilaksanakan setelah ada mahasiswa FMIPA mengajukan bantuan pendampingan dalam menyelesaikan problematika. Lalu semua permasalahan mahasiswa dikoordinasikan dengan pihak berwenang. Mekanisme pengajuan bantuan atau pendampingan dilaksanakan secara online, yaitu menghubungi narahubung melalui whatsapp dengan format nama, NIM, jurusan, dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang dapat dibantu oleh Crisis Center, antara lain, prosedur penurunan UKT, prosedur penundaan UKT, prosedur pengurusan KTM hilang, prosedur tidak lulus PKKMB, prosedur pengambilan sertifikat PKKMB, prosedur cuti kuliah, proses pengurusan yudisium, proses permohonan dana bantu ilmiah, dll.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hambatan dalam kegiatan Crisis Center adalah pada saat pelaksanaannya masih ada beberapa SOP yang belum tersedia/ Akibatnya, membutuhkan waktu cukup lama dalam memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi mahasiswa. Ke depannya diharapkan lebih cepat dan tanggap. Selain itu, juga sangat penting untuk selalu memperbarui SOP agar tidak ada kesalahan dalam pemberian informasi.

Penulis : Ika Nur Izzatur Rohmah

Ikuti tulisan menarik Bem fmipa um lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu