x

Iklan

Filiana Rizqi Utami

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2020

Senin, 21 Desember 2020 11:43 WIB

Mahasiswa Berkreasi dengan Media Belajar Daring, Program KKN Tematik Covid-19 UPI


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PURWAKARTA - Covid-19 merupakan suatu wabah yang menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia dan WHO (Word Health Organization) telah menetapkan status Covid-19 sebagai pandemi. Tercatat penyebaran Covid-19 di Indonesia dalam laman Covid19.go.id hingga Sabtu, 20/12, terdapat total 664.930 pasien kasus positif terkonfirmasi.

Pandemi virus corona di Indonesia belum menunjukkan penurunan. Segala upaya pemerintah telah dilaksanakan guna memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia seperti program 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Selain itu pembatasan sosial berskala besar (PSBB) gencar diterapkan dalam beberapa kota/kabupaten.

Namun, kabar terkini muncul dengan datangnya vaksin virus corona yang menjadi harapan bagi masyarakat dunia untuk mengatasi pandemi ini. Dikutip laman health.detik.com Indonesia akan menerima sejumlah vaksin dari tiga perusahaan yang akan masuk pada tahap uji klinis. Vaksin tersebut adalah Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan vaksin baru dapat digunakan setelah memperoleh lolos uji klinis fase 3 dan memperoleh emergency use of authorization dari Badan POM (Pemeriksaan Obat dan Makanan).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun segala kegiatan tetap harus berjalan. KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang dilakukan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di masa pandemi ini Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan KKN dengan tema pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi, guna memberikan edukasi dan bimbingan mengajar sebagai dampak adanya Covid-19.

Situasi seperti ini menantang bagi para pengajar dalam penyampaian materi kepada siswa dengan memanfaatkan teknologi. Begitu pula para siswa dituntut untuk belajar secara mandiri, hal tersebut sejalan dengan program KKN Tematik UPI dengan memberikan bimbingan belajar dan membantu guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media mengajar.

Filiana adalah salah satu mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan program KKN Tematik 2020 gelombang 2, tepatnya di SD Negeri Maracang dengan Dr. Iding Tarsidi, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan. Proses pembelajaran daring sebagai dampak Covid-19 membuat sebagian siswa stress, tak hanya itu tidak semua siswa memahami materi hanya dengan membaca buku.

Di era modern seperti ini dunia teknologi berkembang pesat dalam berbagai kalangan, mereka terutama pada anak-anak dimudahkan dalam mengakses berbagai informasi. Dalam sebuah penelitian anak-anak cenderung lebih tertarik dan memahami informasi melalui tontonan video.

Melihat hal tersebut dalam program KKN nya, Filiana mendesain media pembelajaran dengan video animasi guna menarik dan memudahkan para siswa dalam memperdalam materi pelajaran. Video tersebut dibagikan kepada siswa bimbingan, guru terkait, dan pada laman youtube. Sehingga di harapkan akan memajukan pendidikan Indonesia di tengah pandemi ini serta membantu para pengajar dalam penyampaian materi.

Kegiatan KKN tersebut menantang Filiana beserta mahasiswa lainnya untuk kreatif dalam membuat video pembelajaran yang tak hanya menarik tetapi penjelasannya mudah dipahami terutama bagi siswa tingkat sekolah dasar. Berikut lampiran publikasi video pembelajaran media youtube:

https://youtube.com/channel/UCk3W8LuoMI0YzARrsyZ4Rtg

Penulis: Filiana Rizqi Utami

Universitas Pendidikan Indonesia

Ikuti tulisan menarik Filiana Rizqi Utami lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu