x

Iklan

Dr Ing Salman ST MSc

Dosen Teknik Mesin Universitas Mataram
Bergabung Sejak: 31 Mei 2020

Kamis, 24 Desember 2020 18:00 WIB

10 Penemuan  Teknlogi Terbaru untuk Membuat Hidup Lebih Asyik

Manusia adalah makhluk kreatif. Senantiasa terus menghasilkan penemuan dan gadget luar biasa yang membuat hidup lebih mudah atau lebih menarik. Majalah CBC telah mengumpulkan 10 dari penemuan terbaru. Check them out.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Robot elang pengusir burung di bandara

Manusia adalah makhluk kreatif. Senantiasa terus menghasilkan penemuan luar biasa yang membuat hidup lebih mudah atau lebih menarik. Majalah CBC telah mengumpulkan 10 dari penemuan terbaru. Check them out.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sikat gigi pintar

Anda harus menyikat gigi. Jadi mengapa tidak menyelesaikannya secepat mungkin? Gadget baru bernama Unico Smartbrush akan membantu Anda melakukannya. Dia membersihkan gigi Anda dalam tiga detik! Dan yang harus Anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam mulut Anda. Smartbrush pada dasarnya adalah pelindung mulut yang dikemas dengan kepala sikat gigi elektrik yang berputar. Pasta gigi secara otomatis menyemprotkan ke setiap sikat, lalu sikat tersebut sibuk membersihkan setiap permukaan gigi Anda. Sikat gigi bahkan menyemprotkan obat kumur dari nosel kecil untuk memastikan lidah Anda juga dibersihkan. Kedengarannya seperti sesuatu untuk membuat tersenyum!

 

Burung robot

Burung robot ini berfungsi mengusir burung asli dari bandara. Burung asli membahayakan penerbangan saat lepas landas dan mendarat.  Jadi burung robot ini bisa menyelamatkan dengan mengusir burung-burung asli tersebut.  Sekawanan burung elang palsu ini diterbangkan di sekitar bandara untuk menakuti burung sungguhan. Mereka bahkan mengepakkan sayap dan terbang seperti burung elang asli sehingga burung sungguhan mengira elang pemangsa. Mereka ketakutan dan terbang menjauh, membuat bandara menjadi tempat yang lebih aman.

 

Jam matematika

Jam Albert menampilkan persamaan matematika, bukan waktu sebenarnya. Ada satu persamaan untuk jam dalam sehari dan persamaan lainnya untuk menit. Jadi untuk mengetahui waktu, Anda harus menghitung terlebih dahulu! Misalnya, jika jam menampilkan 8 + 3 jam dan 25-3 menit, itu berarti jam 11:22. (Mengerti?) Perancang membuat jam untuk membantu anak-anak mengasah kemampuan matematika mereka. Apakah Anda ingin jam seperti ini?

 

Lampu sepeda

Bersepeda dalam kegelapan bisa berbahaya, karena mobil mungkin tidak dapat melihat Anda. Tapi gadget baru bernama Bikesphere hadir untuk membantu. Sistem teknologi ini menciptakan cincin ganda laser merah di tanah di sekitar sepeda ketika mobil terlalu dekat. Berkat lampu merah, pengemudi dapat melihat pengendara sepeda dengan lebih jelas dan mereka tahu untuk menghindari. Utamakan Keselamatan!

 

Helm lampu

Ini ide sepeda cemerlang lainnya yaitu helm pintar pertama di dunia. Disebut Lumos, helm ini memiliki lampu berwarna putih di depan dan lampu merah di belakang, sehingga pengendara sepeda bisa terlihat dalam kegelapan. Dan bahkan lebih baik lagi, fitur sinyal belok kiri dan kanan yang memungkinkan pengemudi mengetahui ke mana pengendara sepeda berencana untuk berbelok, serta lampu yang menyala saat pengendara mengerem. Adapun cara kerja helm, semua lampu dikendalikan oleh remote kecil yang terpasang di setang.

 

Jaring latihan bola basket

Ini adalah penemuan sempurna untuk siapa saja yang tidak pernah puas berlatih lemparan bebas. Pelatih Bola Basket Dr. Dish iC3 cocok untuk semua jaring bola basket. Ia menangkap bola basket saat Anda melemparkannya ke net dan mengirimkannya ke bawah. Dengan begitu, Anda bisa merebut bola dengan cepat dan melakukan tembakan lagi. Gadget b-ball berarti Anda menghemat waktu Anda untuk berlatih pukulan-pukulan berulang kali daripada mengejar bola basket setiap kali bola itu berguling. Tidak ada apa-apa hanya jaring!

 

Robot ikan

Ada yang mencurigakan tentang robot ini. Sebuah tim ilmuwan Swiss baru-baru ini menciptakan sebuah robot yang terlihat dan bertindak seperti ikan kecil kecil yang disebut ikan zebra. Kedengarannya tidak terlalu luar biasa, tetapi tampaknya ikan kecil  bisa menyamar ke dalam kelompok ikan zebra asli. Dan sekolah mereka benar-benar percaya bahwa ikan robot adalah salah satu dari mereka. Mereka tidak hanya menerima robot tersebut sebagai anggota kelompoknya, tetapi ikan robotik tersebut dapat membuat mereka mengubah arah dan berenang bersamanya ke tujuan lain. Para ilmuwan berencana menggunakan robot ikan zebra untuk mempelajari lebih lanjut tentang perilaku ikan sungguhan.

 

Drone penyelamat

Drone Shark Spotter diprogram untuk terbang di atas perairan terbuka dan memperingatkan perenang dan peselancar ketika hiu telah terdeteksi di daerah tersebut. Untuk melakukan ini, drone dilengkapi dengan pengeras suara. Setelah drone melihat hiu di dalam air, drone akan memberi tahu penjaga pantai. Dan penjaga pantai dapat menggunakan pengeras suara untuk berteriak kepada orang-orang di air yang mereka butuhkan untuk menuju ke daratan.

 

Kendaraan roda dua

Perjalanan yang manis ini adalah bagian dari skateboard dan bagian dari kendaraan off-road. Track 1 adalah kendaraan roda dua elektrik yang ditunggangi pengendara seperti skateboard. Selain rodanya, kendaraan tersebut memiliki trek - hal yang sama yang ditemukan di tank tentara. Ini membantu membuat Track 1 menjadi kendaraan yang kuat yang dapat melaju ke mana saja. Melewati tanah, pasir, rumput, trotoar, dan bahkan salju. Motornya memungkinkan papan listrik ini bergerak cukup cepat. Pengendara mengandalkan remote control untuk memilih kecepatannya, dan kemudi diatur ke arah yang diinginkan. Track 1 bahkan memiliki lampu, jadi para pencari sensasi bisa berkendara di malam hari.

 

Tempat sampah pintar

Tempat sampah ini secara otomatis memilah barang ke tempat sampah yang benar, dengan mencari tahu apa itu sampah dan apa yang didaur ulang. Untuk melakukan ini, Bin-e memiliki sensor dan kamera khusus. Mereka membantu tempat sampah memeriksa barang dan kemudian setiap barang ditempatkan di wadah yang tepat.

 

Disadur bebas dari CBC News.

 

Penulis

Dr.-Ing. Salman, ST., MSc.

Dosen Teknik Mesin Universitas Mataram

Ikuti tulisan menarik Dr Ing Salman ST MSc lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler