x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 25 Desember 2020 12:52 WIB

Renungan Akhir Tahun di Taman Bacaan, Amal Baik Jadi Sumber Pertolongan-Nya

Pikirkanlah amalan saleh yang pernah dikerjakan karena Allah. Karena kelak, amalan itu jadi penolong saat mengalami kesulitan. Amal baik di taman bacaan pun bisa ...

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dulu ada kisahnya. Dinukilkan Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar. Saat tiga orang soleh melakukan perjalanan, mereka didera hujan deras. Lalu berlari dan berlindung di sebuah gua di kaki gunung. Namun, tiba-tiba sebuah batu besar jatuh dan menutup pintu gua. Batu yang amat besar dan berat hingga sulit dipindahkan. Mereka tidak akan mampu keluar, kecuali dengan pertolongan Allah.

 

Maka salah satunya berkata, “Pikirkanlah amalan saleh yang pernah kalian kerjakan karena Allah. Kemudian, berdoalah kepada Allah dengan amalan baik itu. Mudah-mudahan, Allah menyingkirkan batu itu dari kita.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Lantas, mereka berpikir dan mengingat amalan baiknya dengan niat tulus kepada Allah. Mereka bertawasul dan menjadikan amalan baik sebagai perantara dikabulkannya doa.

Orang saleh pertama bertawasul tentang amalan baktinya kepada orang tua. Ia secara rutin memberikan susu kepada kedua orang tuanya lebih dahulu, baru kemudian anak dan istrinya. Anak yang berbakti kepada orang tua dalam keadaan apapun. Lalu ia berdoa, “Ya Allah, aku melakukan bakti kepada orang tua karena Engkau. Maka bukakanlah dari batu ini satu celah untuk kami agar dapat melihat langit,” katanya meminta kepada Allah. Akhirnya, batu yang menutup rapat pintu gua itu pun terbuka sebuah celah.

 

Mengelola dan membangun tradisi baca di taman bacaan pun sebuah amalan baik. Hanya sekadar memberi akses bacaan kepada anak-anak. Mengajai kebaikan dan pentingnya membaca buku. Selalu istiqomah berkiprah di taman bacaan. Niat karena Allah dan dibuktkan dengan kegiatan dan perilaku baik. Sekalipun tantangan dan cobaan di taman bacaan sangat besar. Biarkanlah, asal tetap berperilaku baik. Agar menjadi amalan baik para pegiat literasi. Taman bacaan adalah amalan, selain cara sederhana dalam menebar kebaikan.

 

Maka, jangan remehkan tiap amal kebaikan apa pun meski kadarnya sederhana. Walau hanya mengelola taman bacaan seperti TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor. Sekalipun banyak rintangan, banyak cobaannya.

 

Prinsipnya pun sederhana. Siapapun bila menginginkan keberkahan dan keberuntungan dalam hidupnya. Maka tanamkan kebaikan demi kebaikan, ketulusan demi ketulusan. Seperti aktivitas di taman bacaan. Atau mengajarkan kaum ibu yang buta askari. Insya Allah, keberkahan dan keberuntungan itu akan datang karena anugerah Allah.

 

Kalau ingin memelihara kupu-kupu. Jangan tangkap kupu-kupunya. Karena pasti ia akan terbang. Tetapi tanamlah bunga. Maka kupu-kupu akan datang sendiri dan membentangkan sayap-sayapnya yang indah. Bahkan bukan hanya kupu-kupu yang datang. Tapi kawanan yang lain pun datang; lebah, capung, dan lainnya juga akan datang. Semua jadi lebih indah.

 

Tetaplah berbuat baik dengan tulus karena-Nya. Agar esok jadi pelajaran. Bahwa kebaikan yang pernah diperbuat bisa jadi media meminta pertolongan kepada Allah SWT. Salam literasi. #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #GerakanLiterasi

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB