Mengintip Pasar Extrem Tomohon Menjelang Tahun Baru. - Travel - www.indonesiana.id
x

Rukly Chahyadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2020

Minggu, 27 Desember 2020 05:58 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Mengintip Pasar Extrem Tomohon Menjelang Tahun Baru.

    Pasar Tomohon, Penuh sesak dengan pengunjung sore ini, para pedagang yang ingin menawarkan berbagai hewan bersaing untuk menawarkan dagangan mereka, tercium aroma amis pun kian menyengat, tetapi keingintahuan ini semakin besar untuk terus melihat kegiatan yang sangat langka. Saya temui.

    Dibaca : 995 kali

    Pasar Tomohon Manado berjarak kira-kira 1 jam dari Kota Manado, dan biasanya disebut Pasar Beriman Tomohon. Di sini kita dapat menjumpai potongan daging hewan yang jarang kita jumpai di pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia.

    Seperti daging ular, kelelawar, kucing, biawak, anjing, tikus hutan, Bahkan daging monyet pun dulu sempat menjadi laris dan diburu pembeli di Pasar Tomohon Manado, namun setelah peraturan pemerintah melarang memperdagangkan monyet sebagai makanan, kita tidak akan melihat daging monyet di pajang di Pasar Tomohon Manado.

    Namun setelah peraturan pemerintah melarang memperdagangkan monyet sebagai makanan, kita tidak akan melihat daging monyet di pajang di Pasar Tomohon Manado.sehingga kita tidak akan lagi menemukan pedagang yang menjual daging monyet di Pasar Tomohon Manado.

    Pandangan saya tertuju pada seorang anak-kecil yang sangat terampil membantu membersihkan buluh hewan yang terlihat seperti tusa (kucing dalam bahasa Manado). terlihat kucing dipanggang di perapian dengan mengunakan mesin kompresor tidak membutuhkan waktu lama buat membersihkan bulu yang menempel pada hewan yang lucu ini, sampai terlihat berwarna hitam dan sedikit gosong.

    Pasar Tomohon Manado, ramai dengan pengunjung sore ini, para pedagang yang terlihat menawarkan beraneka ragam jenis hewan berlomba menawarkan dagangannya, tercium aroma amis pun kian menyengat, namun rasa penasaran ini semakin besar untuk terus melihat aktifitas yang sangat jarang saya jumpai .

    Kegiatan di Pasar Tomohon Manado belakangan banyak menjadi sorotan para aktivis pencinta Hewan sehingga beberapa petisi dikirimkan agar aktifitas penjualan hewan bukan ternak ini dihentikan, namun kebudayaan masyarakat lokal yang terus berlangsung cukup lama ini tidak mampu menghentikan aksi protes. dengan kata lain bawah ini adalah tradisi turun temurun menjadi sebuah kearifan masyarakat lokal yang tetap berlangsung.
    Hewan didalam keranda yang terbuat dari besi meraung ketakutan, siap di jagal, pertanyaan saya darimana hewan dengan jumlah sebanyak ini mereka kumpulkan?

    Menurut cerita biasanya di kirim dari luar daerah Manado. seperti dari Sulawesi Selatan, dan daerah Sulawesi lain nya bahkan ada sebagian dikirim dari kalimantan , untuk itu Pasar Tomohon Manado selalu dapat memenuhi permintaan pasar karena kalo hanya mengandalkan pasokan dari Manado saya rasa tidak akan cukup.

    Karena populasi hewan peliharaan di Manado seperti kucing dan anjing pun lama kelamaan akan sulit ditemukan.

    Adapun cerita dibalik Extrem nya Pasar Tomohon Manado, tentunya tidak semua masyarakat yang ada suka mengkonsumsi hewan bukan ternak, ada yang mungkin sebaliknya memilih untuk mengkonsumsi hewan ternak saja seperti Babi, Sapi atau Kambing.

    Dari semua cerita extrem food Pasar Tomohon Manado akhirnya saya pun punya pengalaman tersendiri bercampur antara rasa penasaran dan rasa yang sulit diungkapkan, tips dari saya buat berkunjung ke pasar extreme Tomohon bersikaplah sewajarnya dengan begitu anda akan terlihat lebih seperti penduduk lokaldibanding wisatawan yang baru pertama datang. https://www.papahiu.my.id/2020/06/pasar-tomohon-manado.html



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.