Online Shop dan Perubahan Perilaku Berbelanja Masyarakat
Rabu, 6 Januari 2021 06:31 WIB
Perkembangan teknologi komunikasi menumbuhkan berbagai pengaruh bagi penggunanya, teknologi juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Internet merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang saat ini menjadi suatu hal yang biasa bagi seluruh masyarakat dan sudah menjadi kebutuhan sebagian kalangan.
Internet tidak terbatas hanya pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui satu media, melainkan dapat juga digunakan sebagai jaringan bisnis. Media internet telah menjadi salah satu sarana promosi produk yang memiliki penilaian yang sangat baik di jaman milenial sekarang ini, dimana melalui media internet penjual dapat menjangkau konsumen secara luas.
Pembeli yang berbelanja online bisa merasakan manfaat lebih dari internet dan biasanya mereka membandingkan manfaat yang dirasakan melalui saluran belanja. Mereka dapat mencari informasi tentang produk, harga dan ketersediaan produk, para pembeli juga tidak perlu datang langsung ke toko, mereka hanya perlu mengunjungi situs yang dituju dan menentukan barang yang mereka butuhkan. Saat ini, berbagai website toko online sangat mudah ditemukan baik di jejaringan facebook, instagram ataupun line.
Online shop merupakan salah satu perubahan sosial karena pada mulanya belanja dilakukan di pasar, toko ataupun mini market dengan melakukan interaksi antar penjual dan pembeli, tetapi dengan online shop interaksi hanya melalui jaringan internet tanpa bertatap muka sehingga tidak adanya proses tawar menawar atau komunikasi verbal. Berbelanja secara online memperoleh manfaat seperti produknya beragam, lebih nyaman karena bisa di lakukan di rumah tanpa harus ke toko, transaksi lebih cepat, menghemat tenaga, waktu dan biaya
Online shop juga memberikan berbagai kemudahan yang disajikan dalam berbelanja yaitu mereka hanya perlu menghubungi id atau contact person yang telah disediakan pada akun online shop untuk memesan barang yang mereka inginkan, kemudian untuk pembayaran mereka cukup mentransfer dan menunggu barang pesanan mereka datang.
Namun tak dapat dipungkiri bahwa selain mempunyai banyak keuntungan dalam menjalan online shop. Terdapat banyak kekurangan di dalamnya yang perlu kita ketahui. Ada beberapa kerugian dalam online shop menurut saya, yaitu :
Produk yang disediakan terkadang tidak sesuai dengan yang ada di gambar. Biasanya, foto produk yang ditampilkan pada toko online begitu terlihat sangat bagus. Hal ini dikarenakan proses pengambilan gambar produk memang sengaja dirancang untuk sangat memerhatikan sudut dan pencahayaan yang bagus. Tidak jarang banyak orang yang komplain akibat barang yang sudah diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditampilkan di websitenya.
Keterlambatan mengirim juga sering menjadi permasalahan dalam online shop. Hal ini dikarenakan ketika pembeli sudah memesan produk maka dibutuhkan waktu untuk pengiriman barang yang membutuh waktu biasanya berhari hari.
Bukan hanya itu saja, online shop juga sangat rentang penipuan. Hal ini terjadi karena adanya beberapa pihak yang memanfaatkan kejadian tersebut untuk menipu pengguna, seperti penipuan kartu kredit, pencurian identitas (phishing) atau situs web yang palsu. Oleh karena itu, kamu perlu menyelidiki toko online tersebut sebelum melakukan pembelian barang.
Kesimpulan yang bisa tarik dari apa yang ada diatas adalah penggunaan onine shop di era milenial memang sangat menguntungkan bagi masyarakat terlebih lagi kita yang berada dalam keadaan lockdown yang mengakibat kita tidak dapat keluar rumah akibat Covid-19 yang membuat kita harus melakukan sesuatu serba online. Namun kita juga harus memperhatikan kerugian dalam onine shop sehingga kita dapat menjadi pengguna sosial media yang baik dan bijak.

Penulis Indonesiana
0 Pengikut

Online Shop dan Perubahan Perilaku Berbelanja Masyarakat
Rabu, 6 Januari 2021 06:31 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler