Fun Learning Tumbuhkan Semangat dan Motivasi Belajar di Era Pandemi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ajeng Mei Linda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Januari 2021

Minggu, 17 Januari 2021 13:07 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Fun Learning Tumbuhkan Semangat dan Motivasi Belajar di Era Pandemi


    Dibaca : 751 kali

    Pandemi Covid-19 semakin meluas akibatnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Sekolah juga turut memperpanjang PSBB dengan tetap diadakannya pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau online. Siswa harus belajar dari rumah menggunakan perangkat komputer, laptop, maupun handphone. Perpanjangan pembelajaran daring ini meresahkan banyak pihak karena mulai terlihat penurunan siswa terhadap semangat dan motivasi belajar.

    Mahasiswa kelompok 93 gelombang 14 dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melihat peluang tentang penurunan semangat dan motivasi belajar dengan mengadakan Fun Learning kepada anak-anak di Pondok Pesantren Tahfidzil Quran (PPTQ) “Rahma Al Malikah” yang bertempat di Dusun Bancang, Desa Pakis, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto. Kegiatan ini disambut secara antusias oleh pendiri PPTQ “Rahma Al Malikah”, Bapak Ulil Hikam. Warga sekitar juga menyambut dan mendukung positif menumbuhkan semangat dan motivasi belajar untuk anak-anak.

    Fun Learning diadakan selama 3 minggu (30/12/20 – 14/01/21) dengan berbagai rangkaian acara edukasi yang interaktif. Kegiatan ini diikuti oleh santri yang berusia 6-12 tahun dan dibagi menjadi beberapa kelompok belajar, kelompok 93 tetap menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Rangkaian acara pertama yaitu edukasi mencuci tangan yang baik dan benar dengan media tinta dan sarung tangan. Acara kedua yaitu Handcraft, merangkai gelang dengan bahan yang ada dan metode yang sederhana. Handcraft diadakan guna melatih kreativitas dan soft skill serta membangun kerjasama antar santri.

    Rangkaian acara ketiga yaitu Fun Drawing, kegiatan menggambar kaligrafi yang dapat dikreasikan semenarik mungkin sesuai dengan kreativitas yang dimiliki setiap individu. Menggambar dan mewarnai dapat melatih stimulus semangat belajar, imajinasi, konsentrasi, dan mengembangkan kemampuan motorik anak. Keempat acara English Course, belajar dan bermain Bahasa Inggris vocabulary yang diwarnai dengan berbagai permainan yang menarik. Rangkaian acara terakhir yaitu Brain Challenges, kegiatan mengenalkan pengetahuan umum kepada santri yang dikemas seperti lomba cerdas cermat diikuti oleh beberapa kelompok belajar. Pengetahuan umum perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena dapat memberikan kemudahan bagi kehidupan baik individu maupun kehidupan bermasyarakat.

    Kegiatan Fun Learning berjalan lancar dan diikuti dengan baik oleh anak-anak, mereka antusias menerapkan kembali pembelajaran tersebut di rumah masing-masing. Kegiatan ini juga menumbuhkan kembali semangat dan motivasi belajar dimasa pandemi. Para orang tua terbantu dengan adanya kegiatan Fun Learning karena anak-anak semangat dan rajin untuk mengerjakan tugas sekolah secara daring.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.