x

Petugas medis dr Yenny (kiri) melakukan simulasi vaksinasi COVID-19 Sinovac kepada warga penerima vaksin di Puskesmas Kampung Bali, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, 8 Januari 2021. Simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan yang dimulai dari alur proses vaksinasi, kesiapan tenaga medis, observasi dan penerapan protokol kesehatan di puskesmas. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Iklan

Fandy Syah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2020

Selasa, 9 Februari 2021 06:38 WIB

Vaksin Covid-19 vs Protokol Kesehatan

Keampuhan vaksin vs pencegahan penularan dengan protokol kesehatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengapa penemuan vaksin Covid-19 begitu cepat, sedangkan penyakit berbahaya lainnya tidak?Vaksin Covid-19 ditemukan dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun, sedangkan penyakit-penyakit lainnya lebih lama atau bahkan tidak ditemukan vaksinnya.

Perkembangan teknologi menjadi salah satu alasan mengapa vaksin Covid-19 ditemukan dengan begitu cepat. Dan untuk vaksin penyakit yang lain bisa disebabkan karena memang penyakit itu tidak bisa divaksinasi karena tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, atau juga virus penyebab penyakit tersebut bermutasi dengan begitu cepat yang menyebabkan para ahli kesulitan untuk mendeteksinya.


Apakah vaksin Covid-19 memiliki efek samping? Hampir semua vaksin memiliki efek samping. Namun efek tersebut tidak berbahaya bagi kehidupan manusia. Meski untuk orang-orang tertentu yang memiliki permintaan permintaan untuk tidak melakukan vaksinasi. Efek samping tersebut malah menjadi tanda jika sistem merespon setelah adanya vaksin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Apakah vaksin Covid-19 akan membiayai virus sar-Cov-2?

Tujuan dari vaksin adalah untuk mengajari tubuh agar kebal terhadap suatu penyakit. Dan vaksin covid-19 tidak mengandung virus sar-Cov-2 yang akan bekerja covid. Dan jika ada efek samping seperti demam, maka itu merupakan respons dari sistem kekebalan tubuh kita.


Apakah setelah divaksin tidak perlu memakai masker dan cuci tangan lagi?


Jadi panduan kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan panduan kesehatan lainnya masih harus dilakukan sebelum adanya kepastian jika virus ini sudah menghilang.

Tentang Vaksin Covid-19

Di ciptakan untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh, atau meningkatkan kesehatan tubuh, sehingga virus tidak dapat memberikan dampak penyakit yang rentan, atau mencegah virus untuk merusak tubuh dengan sistem kekebalan tubuh. 

Protokol kesehatan 

Mencegah penularan virus wabah Covid dengan protokol kesehatan, lebih baik, karena penularan langsung dapat dicegah, atau virus di Cegah dengan kontak jarak dekat sehingga lebih aman dan lebih baik, sehingga penularan covid dapat memberikan pencegahan secara kesembuhan.

Dampak protokol kesehatan 

Protokol kesehatan, tidak berdampak terhadap tubuh, namun berdampak terhadap aktivitas sosial, dan ekonomi masyarakat, sehingga polemik protokol kesehatan yang berkepanjangan dapat memberikan tanggapan sosial di masyarakat. 

Solusi untuk protokol kesehatan 

Tekhnologi menunjang kegiatan sosial dan ekonomi, dengan tekhnologi juga dapat mencegah pencegahan penularan virus Covid-19, tekhnologi yang di gunakan di Korea kini dapat mengawasi area zona Merah yang merupakan area rawan penyebaran Covid-19. 

Efek samping protokol kesehatan 

Selain masalah sosial, vaksin lebih berefek terhadap masyarakat yang lanjut usia, ibu hamil, dan ibu baru melahirkan, sehingga ibu hamil dan baru melahirkan faktor utama yang harus diperhatikan bersama. Masyarakat dan pemerintah. 

Menjadi perhatian utama pemerintah, 

Kasus Covid-19 yang sudah menembus angka satu juta kasus, sehingga penularan covid rawan terhadap lansia, anak-anak, ibu hamil dan ibu setelah melahirkan. 

Vaksin dan protokol kesehatan dapat menjadi pilihan untuk mencegah penularan virus Covid-19, hingga kesadaran masyarakat akan wabah ini menjadi fokus utama untuk bersama-sama bangkit dari wabah pandemik ini. 



Ikuti tulisan menarik Fandy Syah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu