Mengenal Teknik Menggoreng Vacuum Frying - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Kamis, 18 Februari 2021 11:21 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Mengenal Teknik Menggoreng Vacuum Frying

    Vaccum Frying? Apa itu? Sepertinya kata "Vacuum Frying" terdengar sangat asing di telinga kita. Nah, agar tidak terasa asing lagi, mari simak penjelasan mengenai apa itu teknik menggoreng Vacuum Frying yang ada pada artikel ini.

    Dibaca : 566 kali

    Ketika kita mendengar kata "teknik menggoreng", beberapa teknik menggoreng yang biasanya muncul pada pikiran kita adalah teknik menggoreng deep frying, pan frying, stir frying, dan sautéing, hampir tidak pernah terpikirkan teknik menggoreng yang bernama vacuum frying. Itupun kasus yang mungkin hanya terjadi pada orang yang tertarik dengan dunia kuliner dan masak-memasak.

    Untuk orang yang awam dan kurang tertarik dengan dunia kuliner dan masak-memasak mungkin yang muncul hanya teknik deep frying saja, yakni bahan masakan direndam dalam minyak goreng panas.

     

    Ketidaktahuan terhadap teknik menggoreng vacuum frying ini dan betapa asingnya kata tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar sebab teknik menggoreng ini pada umumnya jarang dilakukan di rumah-rumah orang Indonesia dan juga dunia. Teknik ini sendiri umumnya digunakan oleh para produsen kripik buah dan sayuran.

     

    Nah, agar kata vacuum frying tersebut tidak terasa asing lagi dan kita ketahui apa artinya, mari simak penjelasan mengenai apa itu teknik menggoreng tersebut serta kelebihan dan kekurangannya yang ada di bawah ini.

     

    Apa itu Teknik Menggoreng Vacuum Frying?

    Vacuum Frying merupakan teknik menggoreng yang dilakukan menggunakan alat bernama Vacuum Fryer. Mesin vacuum frying yang bernama Vacuum Fryer ini merupakan sebuah sistem yang tediri dari 3 bagian utama yaitu tabung penggorengan, perangkat pemvakuman, dan alat pemanas & kontrol suhu.

     

    Hal yang membedakan metode Vacuum Frying dengan metode menggoreng lainnya adalah minyak yang digunakan jauh lebih sedikit dan suhu penggorengan yang digunakan rendah yaitu hanya sekitar 70°-80°C.

     

    Penggunaan suhu yang rendah dan minyak yang sedikit ditujukan agar bisa mendapatkan hasil penggorengan yang tidak mengandung banyak minyak, tidak berubah warna, tidak berubah rasa dan tidak kehilangan kandungan aslinya.

     

    Karena karakteristik hasil penggorengan yang dihasilkan tersebut lah metode ini dipilih sebagai metode penggorengan yang seringkali digunakan untuk membuat kripik buah dan sayuran, sebab seperti yang Anda ketahui bahwa buah dan sayuran mudah sekali kehilangan kandungan aslinya.

     

    Selain kelebihan di atas, metode ini juga masih memiliki kelebihan lainnya dan juga memiliki kekurangan, apa saja kelebihan lainnya selain yang sudah saya sebutkan tadi dan apa saja kekurangannya tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

     

    Kelebihan dan Kekurangan Teknik Menggoreng Vacuum Frying

    Kelebihan :

    • Lebih sehat dibanding teknik menggoreng yang lain dikarenakan penggunaan minyak yang minim dan sedikitnya minyak yang terserap pada hasil penggorengan.
    • Hasil penggorengan akan lebih awet meskipun tanpa bahan pengawet.
    • Proses penggorengan terjadi pada tempat tertutup (tabung penggorengan) sehingga cipratan minyak tidak akan mengotori dan membahayakan sekitar.
    • Proses penggorengan akurat sebab temperatur minyak bisa dikendalikan sepanjang penggorengan berkat bagian pemanas & kontrol suhu yang ada pada Vacuum Fryer.
    • Dapat menggoreng dengan proses yang cepat dan kapasitas yang besar.

     

    Kekurangan :

    • Memerlukan bahan bakar ataupun listrik yang cukup tinggi.
    • Karena bahan bakar ataupun listrik yang diperlukan cukup tinggi, dalam sekali proses penggorengan diperlukan banyak bahan baku agar memenuhi volume tertentu sehingga tidak rugi.
    • Mesin Vacuum Frying alias Vacuum Fryer sendiri harganya cukup lumayan, dimana yang paling murah dan sering digunakan pada produksi rumahan harganya sekitar 1,5 Juta.

     

    Penutup

    Demikian pembahasan singkat saya mengenai teknik menggoreng Vacuum Frying ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa sedikit menambah wawasan Anda.

     

    Sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.