x

Game Online

Iklan

Muhamad Iqbal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Februari 2021

Rabu, 24 Februari 2021 13:19 WIB

Perkembangan Dunia E-sport di Indonesia

Penulis : Muhamad Iqbal Instansi : Universitas Riau Tujuan Penulis : Memberitahukan tentang perkembangan e-sport yang besar dan luas di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada awalnya e-sport muncul ke Indonesia pada tahun 1999 dan banyak menyelenggarakan kompetisi game online di Indonesia. Di Indonesia e-sport sangat digemari dan disukai oleh kaum remaja dan anak-anak yang menyukai game online, tetapi di tahun tersebut kompetisi belum banyak yang mengetahui, penyebaran info mengenai kompetisi game online ini masih sangat minim, belum banyak yang berpatisipasi di dunia e-sport, walaupun banyak bibit unggul yang bisa mengharumkan nama bangsa kita di bidang e-sport ini.

 

Di Indonesia game online mempunyai banyak pengguna dan peminat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat komunitas e-sport yang dibuat untuk mengumpulkan para pecinta game yang ingin berkontribusi untuk mengikuti kompetisi, mulai dari komunitas skala nasional hingga komunitas skala daerah yang sering membesarkan dan membawa bibit unggul untuk terjun langsung ke dunia e-sport.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Di tahun-tahun lalu e-sport belum dapat berkembang secara maksimal, belum banyak yang mengetahui kompetisi e-sport ini, yang mengetahui dominan hanya orang-orang yang berada di komunitas e-sport tersebut. Banyak dari kita yang bermain game online hanya sekedar hiburan semata, bermain sama teman-teman di warung internet, tanpa tau bahwa game online yang kita mainkan dapat menghasilkan suatu prestasi dan dapat dikatakan sebagai atlet dalam cabang game.

Tidak hanya itu berkompetisi di dunia e-sport ini banyak mendapatkan keuntungan, mulai dari hadiah yang nominalnya sangat besar, dan kontrak pemain yang di gaji dengan nominal sangat besar. Maka dari itu sekarang banyak orang bermain game yang dijadikan sebagai suatu pekerjaan. Dibandingkan gaji karyawan tetap di suatu perusahaan,  gaji bermain game bisa leboh besar. itu bisa dilakukan dengan live streaming, membuat konten gaming di YouTube, atau juga menjadi pro player di kompetisi e-sport. Mereka biasa disebut dengan gamers.

Pada era di tahun 2010 keatas perkembangan dunia e-sport sangat pesat, banyak game-game yang diperbarui, dan game-game baru yang jauh lebih eksis di bandingkan game-game jadul pada saat itu. Di samping itu perkembangan sosial media pun bersamaan dengan perkembangan dunia e-sport yang membuat dunia e-sport sangat di di lirik oleh banyak orang di dunia tidak hanya di Indonesia. Sekarang kita dapat mengetahui banyak kompetisi yang diadakan dari skala internasional maupun skala nasional, peminatnya pun bertambah, banyak yang ingin berkontribusi di dunia e-sport ini yang membuat dunia e-sport semakin banyak peminatnya dan akan terus berkembang walaupun sedikit demi sedikit.

 

Di era tahun 2010 ini pun banyak yang menilai jelek tentang kompetisi dunia e-sport. Di Indonesia contohnya dari hal kecil, orang tua yang tidak pernah tau kalau bermain game dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Banyak anak-anak yang dilarang bermain game, hanya difokuskan untuk bersekolah lulus menjadi sarjana dan kerja sesuai dengan apa yang di katakan oleh orang tuanya.

Ada pro kontra dari hal ini, mungkin untuk anak-anak yang bermain game membuatnya tidak tau waktu, dan membuat dia menjadi keras kepala, mudah melawan dan membangkang pada orang tua. Anak seperti itu mungkin sah saja untuk dilarang bermain game, karena dengan anak itu bermain game hanya membuatnya menjadi kasar dan tidak mempunyai moral yang baik.

Tidak untuk anak yang mengembangkan dirinya di dunia e-sport ini. Dengan tekadnya yang kuat dan sikap dia yang dapat di kontrol membuat sikap orang tua pun kagum dengan segala usaha dia menjadikan game ini sebagai suatu prestasi yang sangat baik. itu dilakukan tanpa harus membangkang dan kasar kepada kedua orang tuanya.

Mungkin untuk hal ini harus ada pertimbangan dan butuh info yang jelas untuk dapat disampaikan kepada kedua orang tua. Harus sama-sama mengerti jalan yang terbaik untuk anaknya dan harus sesuai sama kemauan anaknya. Dengan hal ini orang tua dan anak bisa saling mengerti dan mempunyai hasil yang baik untuk memutuskan sesuatu untuk terjun ke dunia e-sport. Kedua orang tuanya pun mendukung dan anaknya juga semangat untuk meraih segalanya di dunia e-sport ini.

Jika kita berada di posisi orang tua dimana orang tua sebagian tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang game, dan mungkin orang tua mengetahui game hanyalah sebagai hiburan semata. Ditambah orang tua banyak yang realistis untuk mengembangkan karir anaknya dengan menjadi insinyur, sarjana, arsitek, dan dokter. Membuat kita berfikir memang sulit membuat orang tua yakin terhadap bidang ini yang dapat menjadikan anaknya sukses dengan yang diharapkan orang tuanya.

Butuh usaha yang keras untuk bisa meyakinkan orang tua, dan butuh bukti nyata untuk di perlihatkan kepada kedua orang tua bahwa bermain game bisa menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa.

 

Pada tahun-tahun ini dunia e-sport sudah sangat berbenah menjadi industri yang sangat besar. Perkembangan yang sangat signifikan di Indonesia ini membuat peminat orang-orang untuk terjun di kompetisi e-sport ini sangat banyak. Sudah banyak yang membuat team e-sport di Indonesia ini yang sangat populer di tanah air maupun di luar negeri. Prestasi yang diraih oleh team asal Indonesia pun sudah banyak. Oleh karena itu team Indonesia sudah siap untuk bersaing di dunia e-sport internasional.

Perkembangan e-sport ini didukung sosial media yang selalu memberikan info dan menjadikan sarana untuk menunjukan kalau e-sport ini industri yang sangat besar dan mempunyai benefit yang besar untuk siapapun yang ingin berkontribusi di industri ini. Sudah banyak orang-orang hebat yang sukses di dunia e-sport, dan karena sosial media juga orang-orang tersebut dapat dikenal dan tersohor di berbagai belahan dunia terutama Indonesia. Prestasi yang banyak di raih oleh team dari Indonesia membuat perkembangan e-sport di Indonesia semakin cepat dan luar biasa, banyak pemerintah yang mendukung industri ini, karena menjadikan bermain game menjadi suatu prestasi yang membanggakan adalah hal yang sangat luar biasa.

 

Pada saat sea games 2019 pertama kalinya Indonesia mengikuti cabang e-sport ini membuktikan kalau e-sport di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Dan pada saat sea games 2019 Indonesia meraih medali dalam game mobile legends, prestasi ini menjadikan modal besar untuk team Indonesia untuk bersaing di event berikutnya. Banyak prestasi yang diraih indonesia dikancah internasional salah satunya event ini.

 

Saat ini para komunitas maupun team e-sport sedang mencari ke berbagai pelosok mencari orang-orang yang mempunyai bakat terpendam. Oleh karena itu pihak komunitas dan team e-sport mencari orang-orang berbakat tersebut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan dan memperluas industri e-sport itu sendiri yang menjadikan sebuah wadah untuk memberikan nasib yang lebih baik hanya dengan bermain game.

Ketika orang-orang tersebut telah bergabung banyak yang mereka dapat selain mendapatkan ilmu tentang strategi bermain game yang baik, tetapi mereka banyak belajar tentang kreativitas ketika mereka telah mendapatkan wadah tersebut. Tidak itu saja ketika mereka ikut kompetisi dikancah internasional, mereka pun dapat banyak belajar bahasa asing dan mampu berkembang dalam segi ilmu pengetahuan bahasa, dan banyak hal lain yang dapat mereka dapat ketika bergabung dalam industri ini selain berkompetisi.

 

Dengan hal ini kita mempunyai bukti nyata terhadap industri dunia e-sport dan bisa kita jabarkan kepada orang tua kita bahwa industri ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak nilai positifnya, selain itu industri ini bisa menjamin karir kita kedepan sebagai pro player atau orang yang bermain sebagai pemain hebat di industri ini. E-sport sekarang sedang melaksanakan dan mengadakan berbagai macam kompetisi dan sangat di apresiasi oleh masyarakat Indonesia dan pemerintahnya sendiri.

Didukung kuat oleh sponsor-sponsor besar yang membuat dan mendukung kompetisi e-sport ini menjadi sangat bergengsi, tidak hanya itu banyak juga artis yang tertarik untuk bergabung dalam industri ini sebagai contoh banyak artis yang menyukai game online tersebut dan mengajak para pro player untuk bermain bersama. Hal ini menunjukan bahwa dunia e-sport ini sangat dilihat dan didukung oleh banyak pihak. Menjadi nilai positif karena dengan bermain game kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dan keuntungan yang sangat banyak.

 

Kedepannya pastinya industri ini akan sangat terus melanjutkan perkembangannya dan memberikan cakupan yang cukup luas agar masyarakat kecil dapat dan bisa ikut untuk berkompetisi di industri ini. Indonesia adalah salah satu dari negara yang sedang populer akan industri dunia e-sport ini bagaimana tidak sudah banyak prestasi yang di ambil oleh team dari Indonesia yang membuat nama Indonesia semakin dilihat oleh negara luar. Hal ini yang harus kita jaga dan dipertahankan.

Untuk mengharumkan nama bangsa banyak caranya, dengan hal ini saja sangat sudah menjadikan negara kita harum namanya. Indonesia butuh orang yang ingin berusaha untuk berubah menjadi orang yang berguna dalam hal positif dan bisa memberikan kontribusi baik untuk negara Indonesia ini. Jauh lebih baik mereka bergabung dan berkompetisi di industri ini dan bertarung secara sehat yang telah disediakan wadahnya oleh pihak e-sport, dibandingkan mereka harus melakukan hal yang negatif, merugikan orang banyak, menjelekan nama sendiri atau bahkan nama keluarganya sendiri dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Di sini pastinya mereka dibimbing di ajarkan berbagai macam sikap dan moral untuk bisa menjadi orang yang kuat akan nilai akhlak nya di samping dalam bermain game. Dunia e-sport ini menjadi wadah yang sangat didukung dan nantinya akan sangat bergengsi, sudah banyak bukti-bukti yang sangat memperlihatkan bahwa industri e-sport ini sangat membantu dan bermanfaat bagi orang banyak dan tidak hanya itu. Industri ini akan membawa nama baik negara kita dengan berbagai prestasi yang banyak diraih dan kedepannya pastinya industri ini akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan negara kita ini menjadi negara maju dan negara yang kaya akan prestasi terbaik.

Pada awalnya e-sport muncul ke Indonesia pada tahun 1999 dan banyak menyelenggarakan kompetisi game online di Indonesia. Di Indonesia sendiri e-sport sangat digemari dan disukai oleh kaum remaja dan anak-anak yang menyukai game online, tetapi di tahun tersebut kompetisi belum banyak yang mengetahui, penyebaran info mengenai kompetisi game online ini masih sangat minim, belum banyak yang berpatisipasi di dunia e-sport, walaupun banyak bibit unggul yang bisa mengharumkan nama bangsa kita di bidang e-sport ini.

 

Di Indonesia game online mempunyai banyak pengguna dan peminat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat komunitas e-sport yang dibuat untuk mengumpulkan para pecinta game yang ingin berkontribusi untuk mengikuti kompetisi, mulai dari komunitas skala nasional hingga komunitas skala daerah yang sering membesarkan dan membawa bibit unggul untuk terjun langsung ke dunia e-sport.

 

Di tahun-tahun lalu e-sport belum dapat berkembang secara maksimal, belum banyak yang mengetahui kompetisi e-sport ini, yang mengetahui dominan hanya orang-orang yang berada di komunitas e-sport tersebut. Banyak dari kita yang bermain game online hanya sekedar hiburan semata, bermain sama teman-teman di warung internet, tanpa tau bahwa game online yang kita mainkan dapat menghasilkan suatu prestasi dan dapat dikatakan sebagai atlet dalam cabang game, tidak hanya itu berkompetisi di dunia e-sport ini banyak mendapatkan keuntungan, mulai dari hadiah yang nominalnya sangat besar, dan kontrak pemain yang di gaji dengan nominal sangat besar, maka dari itu sekarang banyak orang bermain game yang dijadikan sebagai suatu pekerjaan, karena jika dibandingkan gaji karyawan tetap di suatu perusahaan dengan gaji bermain game bisa dengan live streaming, membuat konten gaming di YouTube, atau juga menjadi pro player di kompetisi e-sport itu sama, atau bisa jadi lebih besar keuntungan menjadi pekerja di dunia game atau bisa disebut dengan gamers.

 

Pada era di tahun 2010 keatas perkembangan dunia e-sport sangat pesat, banyak game-game yang diperbarui, dan game-game baru yang jauh lebih eksis di bandingkan game-game jadul pada saat itu. Di samping itu perkembangan sosial media pun bersamaan dengan perkembangan dunia e-sport yang membuat dunia e-sport sangat di di lirik oleh banyak orang di dunia tidak hanya di Indonesia. Sekarang kita dapat mengetahui banyak kompetisi yang diadakan dari skala internasional maupun skala nasional, peminatnya pun bertambah, banyak yang ingin berkontribusi di dunia e-sport ini yang membuat dunia e-sport semakin banyak peminatnya dan akan terus berkembang walaupun sedikit demi sedikit.

 

Di era tahun 2010 ini pun banyak yang menilai jelek tentang kompetisi dunia e-sport, di Indonesia contohnya dari hal kecil, orang tua yang tidak pernah tau kalau bermain game dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa, banyak anak-anak yang dilarang bermain game, hanya difokuskan untuk bersekolah lulus menjadi sarjana dan kerja sesuai dengan apa yang di katakan oleh orang tuanya. Ada pro kontra dari hal ini, mungkin untuk anak-anak yang bermain game membuatnya tidak tau waktu, dan membuat dia menjadi keras kepala, mudah melawan dan membangkang pada orang tua. Anak seperti itu mungkin sah saja untuk dilarang bermain game, karena dengan anak itu bermain game hanya membuatnya menjadi kasar dan tidak mempunyai moral yang baik. Tidak untuk anak yang mengembangkan dirinya di dunia e-sport ini, dengan tekadnya yang kuat dan sikap dia yang dapat di kontrol membuat sikap orang tua pun kagum dengan segala usaha dia untuk menjadikan game ini sebagai suatu prestasi yang sangat baik, tanpa harus membangkang dan kasar kepada kedua orang tuanya. Mungkin untuk hal ini harus ada pertimbangan dan butuh info yang jelas untuk dapat disampaikan kepada kedua orang tua, harus sama-sama mengerti jalan yang terbaik untuk anaknya dan harus sesuai sama kemauan anaknya, dengan hal ini orang tua dan anak bisa saling mengerti dan mempunyai hasil yang baik untuk memutuskan sesuatu untuk terjun ke dunia e-sport, kedua orang tuanya pun mendukung dan anaknya juga semangat untuk meraih segalanya di dunia e-sport ini. Jika kita berada diposisi orang tua dimana orang tua sebagian tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang game, dan mungkin orang tua mengetahui game hanyalah sebagai hiburan semata, ditambah orang tua banyak yang realistis untuk mengembangkan karir anaknya dengan menjadi insinyur, sarjana, arsitek, dan dokter. Membuat kita berfikir memang sulit membuat orang tua yakin terhadap bidang ini yang dapat menjadikan anaknya sukses dengan yang diharapkan orang tuanya. Butuh usaha yang keras untuk bisa meyakinkan orang tua, dan butuh bukti nyata untuk di perlihatkan kepada kedua orang tua bahwa bermain game bisa menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa.

 

Pada tahun-tahun ini dunia e-sport sudah sangat berbenah menjadi industri yang sangat besar, perkembangan yang sangat signifikan di Indonesia ini membuat peminat orang-orang untuk terjun di kompetisi e-sport ini sangat banyak. Sudah banyak yang membuat team e-sport di Indonesia ini yang sangat populer di tanah air maupun di luar negeri. Prestasi yang di raih oleh team asal Indonesia pun sudah banyak peraihannya, oleh karena itu team Indonesia sudah siap untuk bersaing di dunia e-sport internasional. Perkembangan e-sport ini didukung sosial media yang selalu memberikan info dan menjadikan sarana untuk menunjukan kalau e-sport ini industri yang sangat besar dan mempunyai benefit yang besar untuk siapapun yang ingin berkontribusi di industri ini. Sudah banyak orang-orang hebat yang sukses di dunia e-sport, dan karena sosial media juga orang-orang tersebut dapat dikenal dan tersohor di berbagai belahan dunia terutama Indonesia. Prestasi yang banyak di raih oleh team dari Indonesia membuat perkembangan e-sport di Indonesia semakin cepat dan luar biasa, banyak pemerintah yang mendukung industri ini, karena menjadikan bermain game menjadi suatu prestasi yang membanggakan adalah hal yang sangat luar biasa.

 

Pada saat sea games 2019 pertama kalinya Indonesia mengikuti cabang e-sport ini membuktikan kalau e-sport di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Dan pada saat sea games 2019 Indonesia meraih medali dalam game mobile legends, prestasi ini menjadikan modal besar untuk team Indonesia untuk bersaing di event berikutnya. Banyak prestasi yang diraih indonesia dikancah internasional salah satunya event ini.

 

Saat ini para komunitas maupun team e-sport sedang mencarI ke berbagai pelosok Indonesia untuk mencari orang-orang yang mempunyai bakat terpendam yang tidak dapat di kembangkan karena terkendala jaringan yang tidak memadai dan tidak adanya wadah untuk menunjukan bakat mereka, oleh karena itu pihak komunitas dan team e-sport mencari orang-orang berbakat tersebut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan dan memperluas industri e-sport itu sendiri yang menjadikan sebuah wadah untuk memberikan nasib yang lebih baik hanya dengan bermain game. Ketika orang-orang tersebut telah bergabung banyak yang mereka dapat selain mendapatkan ilmu tentang strategi bermain game yang baik, tetapi mereka banyak belajar tentang kreativitas ketika mereka telah mendapatkan wadah tersebut, tidak itu saja ketika mereka ikut kompetisi dikancah internasional, mereka pun dapat banyak belajar bahasa asing dan mampu berkembang dalam segi ilmu pengetahuan bahasa, dan banyak hal lain yang dapat mereka dapat ketika bergabung dalam industri ini selain berkompetisi.

 

Dengan hal ini kita mempunyai bukti nyata terhadap industri dunia e-sport dan bisa kita jabarkan kepada orang tua kita bahwa industri ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak nilai positifnya, selain itu industri ini bisa menjamin karir kita kedepan sebagai pro player atau orang yang bermain sebagai pemain hebat di industri ini. E-sport sekarang sedang melaksanakan dan mengadakan berbagai macam kompetisi dan sangat di apresiasi oleh masyarakat Indonesia dan pemerintahnya sendiri. Didukung kuat oleh sponsor-sponsor besar yang membuat dan mendukung kompetisi e-sport ini menjadi sangat bergengsi, tidak hanya itu banyak juga artis yang tertarik untuk bergabung dalam industri ini sebagai contoh banyak artis yang menyukai game online tersebut dan mengajak para pro player untuk bermain bersama. Hal ini menunjukan bahwa dunia e-sport ini sangat dilihat dan didukung oleh banyak pihak. Menjadi nilai positif karena dengan bermain game kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dan keuntungan yang sangat banyak.

 

Kedepannya pastinya industri ini akan sangat terus melanjutkan perkembangannya dan memberikan cakupan yang cukup luas agar masyarakat kecil dapat dan bisa ikut untuk berkompetisi di industri ini, Indonesia adalah salah satu dari negara yang sedang populer akan industri dunia e-sport ini bagaimana tidak sudah banyak prestasi yang di ambil oleh team dari Indonesia yang membuat nama Indonesia semakin di lihat oleh negara luar, hal ini yang harus kita jaga dan dipertahankan, untuk mengharumkan nama bangsa banyak caranya, dengan hal ini saja sangat sudah menjadikan negara kita harum namanya. Indonesia butuh orang yang ingin berusaha untuk berubah menjadi orang yang berguna dalam hal positif dan bisa memberikan kontribusi baik untuk negara Indonesia ini. Jauh lebih baik mereka bergabung dan berkompetisi di industri ini dan bertarung secara sehat yang telah di sediakan wadahnya oleh pihak e-sport, dibandingkan mereka harus melakukan hal yang negatif, merugikan orang banyak, menjelekan nama sendiri atau bahkan nama keluarganya sendiri dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat tersebut, disini pastinya mereka dibimbing di ajarkan berbagai macam sikap dan moral untuk bisa menjadi orang yang kuat akan nilai akhlak nya di samping dalam bermain game. Dunia e-sport ini menjadi wadah yang sangat didukung dan nantinya akan sangat bergengsi, sudah banyak bukti-bukti yang sangat memperlihatkan bahwa industri e-sport ini sangat membantu dan bermanfaat bagi orang banyak dan tidak hanya itu, industri ini akan membawa nama baik negara kita dengan berbagai prestasi yang banyak diraih dan kedepannya pastinya industri ini akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan negara kita ini menjadi negara maju dan negara yang kaya akan prestasi terbaik.

Ikuti tulisan menarik Muhamad Iqbal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler