x

ilustr: ACR

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 Maret 2021 10:32 WIB

Cara Berhenti Merasa Iri Pada Orang Lain

Memisahkan kecemburuan dan iri bisa jadi sulit. Bukan hanya karena orang menggunakannya secara bergantian, tetapi karena mereka sering kali bersahabat. Pasangan romantis yang memberikan perhatian pada orang yang menarik dapat membuat seseorang merasa terancam. Dari sanalah rasa iri berasal. Mereka mungkin mengajukan pertanyaan seperti, "Mengapa saya tidak bisa menjadi lebih tampan? Mengapa saya tidak bisa lebih karismatik?"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hanya sedikit orang yang berpendapat bahwa kecemburuan dan iri hati adalah hal yang baik. Padahal, kedua emosi tersebut merampas kegembiraan dan hubungan Anda dengan orang lain. Kenapa? karena keduanya secara inheren memupuk perpecahan dengan menciptakan kerinduan akan sesuatu yang mungkin tidak Anda miliki.

Dan meskipun kecemburuan dan iri hati sering digunakan secara bergantian, keduanya tidaklah sama. Iri hati adalah perasaan yang Anda rasakan ketika Anda menginginkan kualitas atau hal yang dimiliki orang lain. Kualitas itu mungkin intelektual, spiritual, atau fisik.

Orang yang tidak bahagia mungkin iri pada temannya yang tampak bahagia dan riang, tanpa khawatir atau stres. Seseorang yang kurang kreatif mungkin iri pada seni indah yang diciptakan seorang seniman, menginginkan bakat yang sama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam hal iri pada sesuatu, hal itu sering kali bermuara pada uang. Orang sering merasa iri pada mereka yang punya uang untuk membeli mobil bagus, rumah mewah, atau pakaian desainer.

Kecemburuan terjadi ketika sesuatu yang sudah kita miliki diancam oleh orang lain. Seseorang mungkin merasa cemburu pada pasangannya yang menghabiskan waktu dengan teman yang tampan, misalnya. Kecemburuan sering kali membawa sedikit pengkhianatan dan amarah: "Bagaimana bisa kekasihku melakukan itu padaku !?"

Memisahkan rasa kecemburuan dan iri bisa jadi sulit, bukan hanya karena orang menggunakannya secara bergantian, tetapi karena mereka sering kali bersahabat. Pasangan romantis yang memberikan perhatian pada orang yang menarik dapat membuat seseorang merasa terancam, tidak mampu, dan tidak aman, dari sanalah rasa iri berasal. Mereka mungkin mengajukan pertanyaan seperti, "Mengapa saya tidak bisa menjadi lebih tampan? Mengapa saya tidak bisa lebih karismatik?"

Reaksi itu lebih banyak tentang hubungan yang dimiliki seseorang dengan dirinya sendiri daripada tindakan pasangannya. Seseorang yang merasa aman dalam hubungannya belum tentu memiliki pemikiran seperti itu.

Kecemburuan dan iri hati meracuni hubungan dan kedamaian pikiran. Mereka akan menghancurkan semua yang mereka sentuh. Kabar baiknya adalah mereka bisa dikerjakan! Iri hati sering kali menjadi akar dari kecemburuan, jadi kita akan fokus pada cara berhenti merasa iri pada orang lain.

Mari kita lihat beberapa tip nerikut ini:

1. Berlatihlah bersyukur.

Syukur adalah alat yang ampuh untuk menumbuhkan penerimaan penuh kasih terhadap diri sendiri dan kehidupan.

Iri hati sering kali berakar pada keinginan untuk lebih, menginginkan hal-hal yang tidak kita miliki. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk memikirkan apa yang tidak kita miliki dan apa yang kita inginkan, semakin sedikit waktu yang kita habiskan untuk mempraktikkan rasa syukur sederhana atas hal-hal yang kita lakukan.

Itu akan memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Beberapa orang sudah memiliki banyak hal dan kualitas tetapi iri pada mereka yang memiliki lebih banyak. Orang-orang ini hanya perlu berhenti untuk benar-benar menghargai semua kebaikan yang sudah ada dalam hidup mereka.

Tetapi bagaimana dengan saat Anda berjuang dalam hidup? Nah, saat itulah kita paling membutuhkan rasa syukur.

“Bagaimana saya bisa bersyukur ketika saya memiliki begitu banyak masalah?” Untuk melakukan itu, ada baiknya melihat apa yang Anda miliki, tidak peduli betapa tidak sempurnanya itu.

Mobil Anda mungkin berada di kaki terakhirnya tetapi masih membawa Anda dari A ke B, teman-teman Anda mungkin bukan orang terhebat tetapi mereka masih memberikan persahabatan, nasi dan kacang-kacangan menjadi tua setelah beberapa saat tetapi mereka membuat perut Anda tetap kenyang.

Dan Anda masih di sini, masih dapat bekerja menuju hal-hal yang lebih baik untuk hidup Anda - itu selalu sesuatu yang harus disyukuri.

Begitu Anda dapat menemukan rasa syukur, Anda akan memiliki alat yang luar biasa untuk meredakan perasaan negatif Anda sendiri, tidak peduli seberapa rendah Anda.

2. Berhenti membandingkan hidup Anda dengan orang lain.

Sebelumnya, kami memberikan beberapa contoh kecemburuan - orang yang tidak bahagia iri pada orang yang bahagia, orang yang tidak merasa kreatif karena iri pada artis, dan orang yang tidak punya uang, iri dengan orang yang kaya.

Masalahnya, perbandingan ini jarang merepresentasikan kebenaran total dan keseluruhan dari situasi tersebut.

Seseorang yang berjalan dengan senyuman di wajahnya tidak berarti mereka bahagia. Orang tidak sesederhana itu. Itu berarti mereka ingin memproyeksikan citra positif dan kebahagiaan ke seluruh dunia.

Banyak orang yang sengsara kompeten secara sosial dan cukup peduli untuk menutupi rasa sakit mereka dengan senyuman. Anda tidak tahu apa yang ada di balik senyum orang itu.

Menjadi kreatif itu aneh. Orang-orang secara teratur memberi tahu Anda bahwa mereka berharap mereka memiliki bakat atau keterampilan tetapi selalu mengabaikan Anda ketika Anda memberi tahu mereka bahwa itu bukan hadiah ilahi; itu adalah hasil dari banyak kerja keras dan latihan.

Siapa pun bisa menjadi kreatif jika mereka meluangkan waktu untuk benar-benar merangkul minat kreatif dan berusaha mengembangkan keterampilan. Dan itu tidak terbatas hanya pada menulis, menggambar, atau melukis. Ini juga mencakup hal-hal seperti mesin yang direkayasa dengan baik, di mana setiap bagian secara tepat memenuhi tujuannya karena seseorang yang ahli dengan angka membuatnya menjadi seperti itu.

Uang itu rumit. Ini umumnya datang dengan label harga tambahan yang melekat padanya, biasanya dalam bentuk kerja keras atau pembayaran bunga barang yang dibeli dengan kredit.

Pernah mendengar tentang "borgol emas?" Saat itulah Anda mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, membeli rumah mewah, mobil bagus, dan membuat gaya hidup yang menuntut Anda menghasilkan sebanyak itu, jika tidak lebih. Anda sekarang diborgol pada pekerjaan itu untuk mempertahankan gaya hidup Anda, apakah Anda ingin menjadi atau tidak, kecuali jika Anda ingin benar-benar mengubah hidup Anda.

Jangan pernah membandingkan hidup Anda dengan kehidupan orang lain. Anda tidak pernah tahu apa yang mereka bawa atau korbankan untuk mendapatkan apa yang mereka miliki.

3. Luangkan lebih sedikit waktu dengan orang yang iri.

Orang yang menghabiskan waktu dengan Anda memiliki pengaruh besar terhadap minat, keinginan, dan hasrat Anda.

Misalkan Anda bergaul dengan orang-orang yang selalu bersaing. Dalam hal ini, Anda akan menemukan diri Anda terseret ke dalam persaingan itu. Itu termasuk rasa iri.

Orang lain adalah yang terburuk karena memfasilitasi dan menyulut perasaan negatif itu. “Kamu harus punya rumah yang lebih baik! Mobil yang lebih mahal! Pakaian yang lebih bagus! Kamu harus membuktikan kepada orang-orang ini bahwa kamu mendapatkannya! ”

Mengapa? Satu-satunya orang yang benar-benar peduli adalah orang lain dalam kompetisi yang sama. Jadi, mengapa repot-repot bergaul dengan orang-orang itu ketika yang perlu dilakukan hanyalah memberi makan ketidakamanan Anda, menyebabkan Anda merasa tidak cukup baik, dan membuat Anda merasa perlu bersaing.

Audit lingkaran terdekat Anda. Habiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang yang menggunakan treadmill tanpa akhir.

4. Belajar merayakan kesuksesan orang lain.

Cara mudah untuk meredakan rasa iri adalah dengan menemukan kebahagiaan sejati dalam kesuksesan orang lain.

Hidup tidak perlu menjadi kompetisi. Hanya karena seseorang menang tidak selalu berarti Anda kalah. Dan bahkan jika Anda kalah, selalu ada lebih banyak peluang untuk bekerja menuju apa yang Anda inginkan dan menemukan kesuksesan Anda sendiri.

Jangan fokus pada apa yang menurut Anda pantas atau tidak pantas didapatkan orang lain. Alih-alih, fokus saja pada kegembiraan mereka, tersenyumlah dengan cerah, dan rayakan bersama mereka.

Tersenyum secara alami meningkatkan suasana hati kita dengan merangsang produksi endorfin, jadi Anda dapat mencoba membangun hubungan antara pengalaman positif dan kebahagiaan dengan cara itu.

5. Perjelas apa yang sebenarnya membuat Anda iri.

Gunakan rasa iri Anda sebagai sumber panduan untuk lebih memahami apa yang sebenarnya ingin Anda capai.

Katakanlah Anda iri pada kolega Anda Shanti karena dia selalu terlihat sangat percaya diri. Tetapi ketika Anda melihat lebih dekat, hal yang benar-benar Anda harapkan dapat Anda lakukan sebaik dia adalah memberikan presentasi yang menarik dan efektif kepada atasan atau klien Anda. Itu berkaitan dengan perencanaan, latihan, dan mendapatkan umpan balik dari orang lain seperti halnya kepercayaan diri.

Atau mungkin Anda iri pada teman Anda Chris karena dia tinggal di rumah besar di lingkungan yang bagus. Namun, saat Anda memeriksa rasa iri itu, sebenarnya yang Anda inginkan adalah gaya hidup yang diberikan rumah kepadanya. Mungkin ada jalan-jalan pedesaan di depan pintu atau tamannya bagus untuk menjamu tamu. Anda mungkin dapat menemukan hal yang sama ini dengan rumah yang jauh lebih kecil yang Anda mampu.

Cobalah untuk menghapus orang tersebut dari persamaan dan spesifikkan tentang hal atau kualitas apa yang Anda inginkan.

Kemudian…

6. Sibuklah meningkatkan diri dan hidup Anda.

Apakah Anda mencurahkan cukup waktu dan energi untuk membangun kehidupan yang Anda inginkan? Menantang untuk menemukan waktu untuk berada dalam bisnis orang lain ketika Anda berfokus pada apa yang perlu Anda lakukan untuk diri Anda sendiri, untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari hidup.

Jika Anda punya waktu untuk merasa iri, Anda pasti punya waktu untuk mengerjakan bagian-bagian diri Anda yang membuat Anda merasa tidak aman dan iri pada orang lain.

Ada banyak cara untuk melakukannya. Mungkin Anda membutuhkan terapi untuk mengatasi masalah yang muncul di sekitar rasa tidak aman Anda.

Mungkin ini masalah perubahan gaya hidup yang Anda cari. Mungkin pekerjaan yang berbeda? Atau kembali ke perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Makan lebih sehat? Berolahraga lebih banyak?

Apapun itu, lakukanlah. Buat rencana, tentukan tujuan, temukan motivasi untuk mengubah hidup Anda dengan cara yang Anda inginkan.

7. Kurangi konsumsi media dan media sosial.

Media menciptakan banyak persepsi yang tidak realistis tentang kehidupan. Bukan hanya pemasaran dan periklanan yang melakukannya. Banyak acara televisi menciptakan ekspektasi yang tidak realistis terhadap pekerjaan, permainan, dan hubungan yang mungkin dianggap benar oleh orang yang tidak berpengalaman.

Salah satu kiasan yang lebih umum adalah memiliki lingkaran pertemanan yang besar di mana setiap orang berkumpul secara teratur. Nyatanya, hidup itu sibuk. Orang memiliki keluarga, pekerjaan, dan tanggung jawab. Hubungan semakin sulit dipertahankan karena kedua belah pihak harus mencurahkan waktu dan tenaga untuk menjaga hubungan tersebut tetap hidup.

Pemasaran dan periklanan tidak lebih baik. FOMO, atau "Fear Of Missing Out," adalah cara umum untuk menumbuhkan keinginan dan urgensi.

“Anda membutuhkan ini! Lihatlah betapa bahagianya semua orang ini! Apakah Anda tidak ingin bahagia? Beli produk dan/atau layanan kami! Itu yang terbaru, terhebat, terbaru, terhangat! ”

Ini adalah cara pemasar memanfaatkan ego dan rasa tidak aman Anda.

Dan media sosial biasanya hanyalah cuplikan kehidupan seseorang yang dikurasi dengan cermat. Hanya sedikit orang yang memposting tentang apa yang tidak mereka miliki atau kehidupan mereka yang tidak berjalan dengan baik.

Dan mereka yang melakukannya, terkadang sulit untuk menganggap serius orang-orang itu. Mereka mungkin tipe orang yang selalu terlibat dalam drama buatan mereka sendiri atau cukup tidak kompeten secara sosial untuk tidak menyadari bahwa menyiarkan cucian kotor mereka di platform publik adalah ide yang buruk.

Media yang lebih sedikit umumnya merupakan net positif, meskipun ada beberapa sumber daya berkualitas di luar sana untuk membantu Anda menemukan jalan melalui masalah tertentu.

8. Jangan menjalani hidup Anda sebagai kompetisi.

Hidup adalah apa yang Anda buat. Jika Anda mengubahnya menjadi kompetisi, maka itu akan menjadi kompetisi.


Anda tidak harus bersaing dengan orang lain selain diri Anda sendiri untuk menjadi orang yang lebih baik daripada Anda kemarin.

Dan, sebenarnya, meskipun Anda bisa puas dengan apa yang Anda miliki, belum tentu benar untuk mengatakan atau berpikir bahwa kita baik-baik saja seperti apa adanya. Dalam beberapa keadaan, itu menjadi pola pikir beracun yang menyebabkan orang mandek ketika mereka masih harus bertumbuh.

Sebaliknya, Anda ingin menilai berbagai bidang kehidupan Anda. Dimana kamu merasa bahagia? Tidak bahagia? Apa yang ingin Anda tingkatkan? Dan yang paling penting - mengapa Anda ingin menjadi lebih baik?

Ingat: ini untuk Anda karena Anda berhak atas pekerjaan yang Anda inginkan, bukan bersaing dengan orang lain.

Persaingan bisa baik-baik saja dalam dosis terbatas dan terkendali. Tetapi jika Anda menemukan bahwa Anda bergumul dengan rasa iri atas apa yang orang lain miliki, Anda dapat melucuti perasaan itu dari kekuatan mereka hanya dengan tidak memainkan permainan itu.

Ingatlah bahwa Anda sedang mengerjakan tujuan Anda sendiri. Tidak peduli bagaimana Anda mengukur orang lain, terlepas dari bagaimana orang lain ingin membuat Anda merasa.

***
Solo, Rabu, 3 Maret 2021. 5:43 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler