x

Iklan

Belajar Sendiri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Februari 2021

Jumat, 5 Maret 2021 10:24 WIB

Takut ke Dokter Gigi? Lakukan Tip Sederhana Ini

Masalah gigi jangan disepelekan. Kalau tidak diobati, dapat menjalar ke masalah kesehatan lain yang lebih serius. Tapi begitu banyak orang yang takut ke dokter gigi (Odontophobia) akibatnya permasalahan gigi mereka tidak segera diatasi. Bagaimana cara menepis rasa takut itu?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Klinik Gigi Kelapa Gading

Bahkan orang yang paling tangguh pun bisa menangis ketakutan saat mereka harus ke dokter gigi. Iya, ketakutan untuk berobat ke dokter gigi adalah hal yang sangat umum terjadi. Bahkan berdasarkan statistik, dokter gigi adalah dokter yang paling ditakuti dibandingkan dokter-dokter lainnya. Suara bor yang berdengung dapat membuat jantung berdegup kencang, pernapasan sesak, dan sebagainya. Kondisi ini sering disebut odontophobia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mereka yang mengalami hal ini cenderung menunda-nunda dengan segala cara jadwal kunjungan ke klinik gigi. Padahal mungkin mereka mengalami sakit gigi yang cukup parah, yang jika tidak segera mendapatkan perawatan dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih parah. Mereka akan berusaha menggunakan obat penghilang rasa sakit secara terus menerus, sampai kondisi dan rasa sakit yang mereka alami sudah tidak tertahankan lagi.

Sekalipun tidak mudah, sebaiknya kunjungan ke dokter gigi tidak ditunda. Jangan biarkan ketakutan yang anda alami di pikiran anda menghalangi anda untuk berobat segera. Karena kesehatan gigi dan mulut akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Dan jika anda tidak berhasil menang melawan ketakutan anda, maka kebiasaan menunda-nunda ini akan terus dilakukan sampai kondisi gigi anda semakin memburuk, dan mungkin tidak tertolong lagi.

Apa yang menjadi penyebab Odontophobia?

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab munculnya rasa takut anda menemui dokter gigi. Yang paling umum adalah pengalaman buruk anda di masa lalu ketika anda kecil, yang akhirnya terbawa sampai anda dewasa seperti sekarang ini. Mungkin dulu anda pernah mengalami rasa sakit yang parah ketika menjalani perawatan gigi, atau kurang ramahnya dokter gigi anda membuat anda berjanji pada diri anda untuk tidak mau lagi berurusan dengan dokter gigi.

Hal lain yang mungkin terjadi adalah anda merasa ngeri ketika mendengar suara bor memasuki gigi anda. Bisa juga mungkin karena sedang mengalami kondisi gigi yang parah seperti gigi berdarah, dan anda membaca di google tentang perawatan-perawatan penyakit tersebut yang membuat anda takut sendiri. Apapun penyebabnya mulai sekarang tetapkan pada diri anda, bahwa anda mau melawan rasa takut tersebut.

Tips mengatasi rasa takut berobat ke klinik gigi

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa takut anda ke klinik gigi. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Cari Waktu Sepi
    Seringkali yang membuat kecemasan penderita odontophobia bertambah adalah ketika mereka mendengar jeritan atau erangan dari pasien sebelumnya. Semakin lama anda menunggu akan semakin cemas anda. Jadi saran saya, pilih jam kunjungan yang sepi, kalau bisa bahkan anda yang pertama tanpa perlu menunggu.

  2. Ajak Teman atau Keluarga
    Dukungan support dari orang-orang terdekat, baik teman ataupun keluarga akan sangat membantu meringankan kecemasan, jadi ajaklah mereka. Sebelum anda membuat janji dengan klinik gigi lokal di daerah anda, pastikan anda menghubungi teman atau keluarga anda, memastikan bahwa mereka dapat menemani anda.

  3. Mendengarkan Musik
    Pada waktu perawatan gigi, biasanya anda akan mendengarkan suara bor, atau alat yang dipegang dokter gigi berdentang ketika menyentuh gigi anda. Saran saya mintalah ijin pada dokter gigi anda untuk memakai earphone mendengarkan musik. Musik dapat membantu menenangkan anda.

  4. Komunikasi dengan Dokter Gigi
    Ketika menjalani perawatan ada waktu dimana anda merasa sakit. Jangan malu mengatakan pada dokter gigi anda tentang rasa sakit anda. Mintalah waktu istirahat sebentar jika terasa sakit, sebelum proses perawatan dilanjutkan

  5. Biasakan
    Ini hal yang penting menurut saya. Lakukan perawatan gigi berkala, walaupun hanya sekedar check up. Semakin sering anda membiasakan ke klinik gigi dan mendapatkan perawatan, maka itu akan membentuk pemahaman dalam pikiran anda, bahwa ke dokter gigi tidak selalu harus sesakit itu.
    Semakin anda terbiasa maka kecemasan tersebut lambat laun akan berkurang.

Itulah sedikit tips bagaimana mengatasi kecemasan saat harus ke dokter gigi. Semoga dapat membantu

Ikuti tulisan menarik Belajar Sendiri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler