x

Iklan

Ganjar Mustika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Maret 2021

Rabu, 17 Maret 2021 19:03 WIB

Air Diambil dan Tersimpan Menggunakan Domo

- Arti Domo - Air diatas daun pegunungan - Kabupaten Dogiyai, Papua

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

AIR DIAMBIL DAN TERSIMPAN MENGGUNAKAN DOMO

Domo adalah tempat penyimpanan dan pengambilan air yang terbuat dari bambu biasanya digunakan masyarakat Kabupaten Dogiyai, khususnya Mapia, Papua. Airnya bisa disimpan berhari-hari bahkan bisa memiliki cita rasa. mengapa demikian ? karena airnya setelah selalu ditutup oleh dedaunan yang diinginkan. " kalau ada strawberry ya kami masukkan hahaha...  " ungkap salah satu warga. Meski tinggal di pegunungan air masih sulit dicari, setidaknya harus mencari sungai atau mengumpulkan air dari dedaunan besar selepas hujan untuk dimasukan dalam domo dan disimnpan dirumah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabupaten Dogiyai terletak diantara 135°20- 136°37’ Bujur Timur dan 3°57’-4°15’ Lintang Selatan, dengan batas wilayah sebelah utara dibatasi oleh Kabupaten Dogiyai, sebelah selatan dibatasi oleh Kabupaten Mimika, sebelah timur dibatasi oleh Kabupaten Paniai dan sebelah barat dibatasi oleh Kabupaten Kaimana. Distrik Sukikai Selatan merupakan daerah terjauh jarak tempuhnya yaitu ± 200 Km dari ibukota Kabupaten Dogiyai (Moanemani). Kabupaten Dogiyai terdiri dari 10 Distrik, yakni Distrik: Sukikai Selatan, Piyaiye, Mapia Barat, Mapia Tengah, Mapia, Dogiyai, Kamu Selatan, Kamu, Kamu Timur dan Kamu Utara. Luas wilayah Kabupaten Dogiyai tercatat sebesar 7.052,92 km2. Kabupaten Dogiyai terdiri dari 10 distrik dengan jumlah kampung sebanyak 79 kampung.

Kabupaten Dogiyai memiliki Topografi yang bervariasi mulai dataran bergelombang, berbukit dan bergunung. Wilayah perbukitan dan pegunungan mendominasi hampir 85% wilayah kabupaten Dogiyai dan masih dipenuhi hutan alami. Pada umumnya Kabupaten Dogiyai beriklim tropis basah dengan curah hujan hampir sepanjang tahun. Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian letak, dimana setiap kenaikan 100 meter dari permukaan air laut, suhu udara mengalami penurunan udara mencapai 0,60 C sampai dengan 33,1 C.

Kebiasaan bertani menjadi sumber penghasilan dan kegiatan keseharian, tentunya peran air sangat menentukan suksesnya pertanian. Curah hujan yang terlalu besar juga menyebabkan gagal panen atau sebaliknya. Kebiasaan menyimpan air dalam domo menjadi salah satu solusi. Selamat Hari Air Sedunia.

 

#HariAirDuniaXXIX2021

#MengelolaAirUntukNegeri

#SigapMembangunNegeri

Ikuti tulisan menarik Ganjar Mustika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler