x

Iklan

Agus Budiman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Maret 2021

Rabu, 24 Maret 2021 08:02 WIB

Trik Mempercantik Tampilan WhatsApp Web

Menggunakan wallpaper untuk membuat sebuah aplikasi menjadi lebih menarik begitu juga dengan WhatsApp. Dengan menggunakan beragam aplikasi seperti WhatsApp mod. Begitu juga untuk WhatsApp Web, yang dapat diubah tampilannya dengan menggunakan trik kecil ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi kalian yang menggunakan aplikasi WhatsApp, mungkin kalian juga paham dengan kemampuan WhatsApp yang dapat dipercantik dengan menggunakan wallpaper, menggunakan dark mode, menggunakan WhatsApp mod atau masih banyak lagi cara mempercantik tampilan WhatsApp, sehingga dengan mempercantik tampilan WhatsApp menjadikan kalian betah untuk berchatting ria.

Nah, kalian pasti paham pula jika aplikasi WhatsApp dapat dibuka dengan menggunakan web browser yang dikenal dengan WhatsApp web. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat chatting kamu semakin berwarna seperti pada aplikasi WhatsApp, seperti membuat cetak tebal, miring, strikethrough namun untuk menggunakan wallpaper pada WhatsApp web belum dapat dilakukan. Semua hal yang digunakan untuk mempercantik tampilan WA Web ini cukup terbatas.

Nah kali ini, saya akan memberikan contoh bagaimana caranya agar kalian dapat menggunakan wallpaper atau mengubah tulisan di WA Web kalian menjadi keren, yuk simak yah!

Mempercantik WhatsApp Web dengan Stylish

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi kalian yang biasa menggunakan WhatsApp web, maka kalian akan menemukan ada 2 tema yang dapat digunakan yaitu mode light dan mode dark. Sedangkan untuk menggunakan wallpaper pada WhatsApp, kalian hanya ada solid color dimana hanya satu warna saja yang dapat digunakan dan cukup membuat bosan.

Bagi kalian yang menyukai wallpaper, cara berikut ini dapat kalian gunakan agar dapat memasang wallpaper pada WhatsApp Web. Yuk simak penjelasan bagaimana cara menggunakan wallpaper pada WhatsApp Web.

Download Stylish Ekstensi

  • Bukalah browser chrome atau firefox
  • Unduhlah dan install ekstensi stylish yang dapat kalian dapatkan dari chrome store atau firefox addon

Unduh tema dari userstyles.org

  • Setelah kalian berhasil mengunduh dan menginstall ekstensi pada chrome atau firefox, tambahkan tema untuk mengubah wallpapernya. Nah tema yang dapat digunakan pada WhatsApp Web terbaru ini adalah kimi no na wa.

  • Berhasil mengunduh dan menginstall tema dari user stylish, bukalah WhatsApp Web maka secara otomatis wallpaper bawaan akan terpasang pada WhatsApp Web kalian.

 

Mengganti Wallpaper

  • Untuk mengganti wallpaper bawaan yang diberikan, kalian dapat mengubahnya dengan sedikit merubah bagian dari ekstensi stylish ini. Bukalah ekstensi stylish ini, pilihlah bagian installed, klik edit style kimi no na wa

  • Maka akan terbuka tab baru yang berisi kode yang telah dibuat oleh pengembangnya. Berhati-hatilah dalam mengubah kodenya, karena jika salah merubah 1 kode akan menyebabkan tampilan nya menjadi rusak atau tidak jalan. Namun, tidak perlu cemas, kerusakan itu hanya terjadi pada tampilannya saja, bila kamu lupa bagian mana yang kamu ubah, maka cukup kamu hapus tema kimi no na wa an install ulang kembali temanya.

  • Untuk merubah wallpaper yang digunakan, perlu perhatikan kode bagian body seperti tampak pada gambar berikut ini. Disana terdapat alamat URL syang dapat kalian ubah sesuai dengan gambar yang kalian mau dengan jalan mengupload gambar pada situs sharing gambar postimages.org.

  • Carilah gambar yang diinginkan dari google image atau dapat juga mengunggah koleksi gambar pribadi yang kalian miliki ke situs sharing gambar. Usahakan gambar yang akan digunakan memiliki resolusi minimum 1024 x 768 (resolusi umum pada laptop/pc)

  • Setelah memperoleh gambar yang hendak dijadikan wallpaper, kalian dapat menyimpannya terlebih dahulu dan menguploadnya pada situs sharing gambar atau langsung menggunakan alamat URL dari gambar tersebut pada kode stylish nya. Sebagai contoh, tampak pada gambar berikut ini.

  • Setelah selesai merubahnya, kalian tekan tombol save pada kotak sebelah kiri atas

  • dan Tadaaa!!! Wallpaper di WhatsApp Web telah berubah sesuai dengan gambar yang kalian inginkan.

  • Kalian juga dapat mempercantik WhatsApp Web dengan mengubah font atau warna font yang digunakan pada whatsapp web. Caranya sama sih dengan mengubah bagian code nya.

Bagian yang dapat kamu ubah seperti

    • font-family : bagian ini digunakan untuk mengubah jenis font yang digunakan pada WhatsApp Web. Untuk font-family nya, kalian dapat menggunakan nama-nama font yang ada pada ms word, namun tidak semua font dapat digunakan.
    • color : bagian ini akan merubah warna text yang digunakan pada WhatsApp Web. Penulisan warnanya dalam bentuk hexa decimal. Untuk mendapatkan kode tersebut kalian dapat melihatnya pada alamat berikut htmlcolorcodes.com

WhatsApp memang sudah menjadi aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi tanpa batas. Ditambah lagi dengan kemampuan untuk menggunakan wallpaper, merubah jenis font, warna dan lain sebagainya akan mebuat semakin betah dalam chatting bersama teman-teman mu.

Ekstensi dan addon ini hanya sebatas dapat digunakan pada browser chrome dan firefox, dimana kedua browser tersebut yang memiliki kemampuan untuk penambahan ini sehingga menjadikan kedua browser tersebut semakin powerful.

Dengan menggunakan stylish ini, kalian dapat merubah tampilan dari WhatsApp Web menjadi semakin lebih keren dengan menggunakan wallpaper ataupun merubah warna dari text atau merubah jenis huruf nya

Sumber tulisan : Sons-IT News

 

Ikuti tulisan menarik Agus Budiman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu