10 Teknik Penenang Diri yang Efektif untuk Orang Dewasa - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Greatist

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 28 Maret 2021 09:06 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 10 Teknik Penenang Diri yang Efektif untuk Orang Dewasa

    Tindakan menenangkan diri adalah bagian dari sifat manusia. Bayi pun sudah bisa mempraktikkan teknik menenangkan diri, caranya dengan mengisap ibu jari kita untuk menemukan kenyamanan. Sebagai orang dewasa ada teknik lain. Tapi intinya ini melibatkan pengalihan pikiran dan perhatian dari sumber kesusahan.

    Dibaca : 526 kali

    Tindakan menenangkan diri adalah bagian integral dari sifat manusia. Bahkan sebagai bayi, kita mempraktikkan teknik menenangkan diri yang umum dengan mengisap ibu jari kita untuk mendinginkan emosi dan menemukan kenyamanan.

    Seiring bertambahnya usia, mengisap jempol tidak memberikan manfaat yang sama seperti saat Anda masih bayi. Kita perlu mengembangkan teknik menenangkan diri yang lebih baik sebagai orang dewasa, agar kita tidak jatuh ke dalam kebiasaan negatif yang merusak.

    Sebelum kita membahas tekniknya, Anda perlu memahami tujuan dan pendekatan menenangkan diri yang sehat.

    Apa tujuan menenangkan diri?

    Hidup itu penuh tekanan. Orang itu rumit dan terkadang tidak baik. Ada tragedi, kekacauan, dan kemiskinan di dunia. Di luar sana sulit bagi banyak orang.

    Menghadapi komplikasi dari sekadar mencoba menjalani hidup bisa membuat stres. Suatu hubungan mungkin tidak berjalan dengan baik, pekerjaan mungkin sulit, atau mungkin tagihan menumpuk tanpa akhir yang terlihat.

    Apakah kami menyebutkan penyakit mental? Karena penyakit mental menambah lapisan yang sama sekali berbeda pada tantangan hidup.

    Dan melalui semua itu, kita harus menemukan cara untuk mempertahankan sedikit kedamaian dan kebahagiaan.

    Di sinilah peran menenangkan diri.

    Penenangan diri adalah pengelolaan aktif emosi negatif Anda sehingga dapat ditangani dengan sehat. Teknik-teknik ini membantu Anda menenangkan pikiran dalam kekacauan dan mengurangi dampak stres pada tubuh Anda.

    Stres itu sendiri akan berdampak negatif pada Anda, mulai dari kehadiran hormon stres kortisol dalam jangka panjang hingga memburuknya gejala kesehatan mental hingga malam tanpa tidur yang mengkhawatirkan di langit-langit.

    Apa sajakah teknik menenangkan diri yang baik untuk orang dewasa?

    Orang merespons secara berbeda terhadap teknik menenangkan diri tertentu, jadi "teknik menenangkan diri yang baik" belum tentu akurat.

    Teknik menenangkan diri terbaik adalah yang paling cocok untuk Anda. Pastikan Anda mencoba teknik ini beberapa kali sebelum dianggap tidak efektif.

    Manajemen diri sendiri atas stres dan masalah kesehatan mental biasanya tidak langsung atau langsung. Ini adalah keterampilan yang mungkin perlu Anda kembangkan untuk menuai manfaat.

    Teknik menenangkan diri yang paling mungkin berhasil melibatkan mengalihkan pikiran dan perhatian Anda dari sumber kesusahan.

    Anda mungkin juga pernah mendengar ini disebut sebagai "membumi" diri sendiri, seperti membawa diri Anda kembali ke tanah dari puncak emosi Anda yang ekstrem.

    Beberapa saran termasuk:

    1. Mandi busa air panas.

    Gelembung, suhu air, dan aromanya akan membantu menarik perhatian Anda dari emosi ke bak mandi. Duduk di air panas bisa menyejukkan tubuh Anda. Ini membantu otot Anda rileks, yang memberikan manfaat fisiologis lain yang dapat membantu menenangkan.

    2. Isap es batu.

    Es batu yang sangat dingin membawa perhatian Anda ke es batu. Pikiran Anda akan kesulitan memusatkan perhatian pada emosi Anda ketika menuntut Anda memperhatikan rasa dingin yang tajam di mulut Anda.

    3. Meringkuk di bawah selimut pemberat.

    Selimut berbobot dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah kecemasan dan stres. Tekanan beban membuat nyaman dan membantu sistem saraf Anda dalam mode istirahat. Itu membantu mengurangi pikiran cemas, detak jantung, dan pernapasan.

    4. Gunakan pernapasan kotak.

    Apa itu pernapasan kotak? Tarik napas selama empat detik, tahan selama empat detik, buang napas selama empat detik, tahan selama empat detik, dan ulangi prosesnya. Hitung detiknya. Fokus pada penghitungan dan pernapasan Anda. Latihan pernapasan adalah cara yang umum dan efektif untuk menenangkan diri dan mendapatkan kembali kendali.

    5. Hilangkan pikiran negatif dengan pikiran positif.

    Pikiran negatif akan memperkuat emosi negatif. Anda tidak bisa duduk dalam ruang mental di mana Anda menghancurkan diri sendiri atau mengatakan pada diri sendiri bagaimana segala sesuatunya bisa salah.

    Sebaliknya, tulis ulang narasi yang diputar di kepala Anda. Fokus pada hal positif. Bagaimana semuanya bisa berjalan dengan baik? Apa yang kamu lakukan dengan benar? Dan jika Anda tidak bisa bersikap positif saat ini, berusahalah untuk tidak bersikap negatif. Itu membantu.

    6. Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain.

    Ya, terkadang Anda memang begitu. Seperti jika anak Anda memecahkan jendela atau sesuatu. Tetapi sebagian besar, Anda tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain, jadi mengapa membuang-buang energi yang berharga untuk mereka? Ingatkan diri Anda tentang hal itu ketika Anda merasa marah, frustrasi, atau sedih tentang tindakan orang lain.

    7. Lakukan meditasi visual.

    Meditasi visual sedikit berbeda dari apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka mendengar meditasi. Ini bukan tentang menjernihkan pikiran Anda dan lebih banyak tentang berfokus pada hal tertentu untuk menjernihkan pikiran Anda dari segala sesuatu selain hal itu.

    Misalnya, Anda bisa menyalakan lilin dan melihat ke dalam apinya. Pertimbangkan nyala api, sumbu, lilin, asap, bau lilin. Jika Anda cenderung spiritual, Anda dapat bermeditasi pada ikon religius dan simbolismenya karena kemungkinan itu adalah sesuatu yang Anda cukup ketahui untuk dipikirkan secara mendalam.

    8. Perhatikan sesuatu yang lucu.

    Alihkan pikiran Anda dari emosi dan masalah dengan menghabiskan waktu dengan menonton acara atau film lucu yang Anda sukai. Stimulasi visual tidak hanya memberi Anda sesuatu untuk difokuskan, tetapi tertawa membantu otak Anda menghasilkan beberapa bahan kimia perasaan-nyaman yang dapat membantu mencerahkan lingkungan otak Anda.

    9. Minum secangkir teh panas.

    Secangkir teh panas memberi Anda beberapa hal untuk memusatkan pikiran saat Anda meminumnya. Ada aroma dan rasa tehnya. Anda juga merasakan panasnya teh di lidah Anda, di tenggorokan Anda, dan beristirahat di perut Anda yang bisa Anda fokuskan.

    10. Bermainlah dengan hewan peliharaan.

    Hewan peliharaan adalah sumber yang sangat baik untuk menghilangkan stres dan cinta tanpa syarat. Luangkan waktu dengan hewan peliharaan jika ada badai dan tantangan dalam pikiran Anda. Fokuskan perhatian Anda pada hewan peliharaan Anda, bermain dengan mereka, membelai mereka, dan memikirkan mereka untuk membantu mengalihkan pikiran Anda dari stres sehari-hari Anda.

    Hindari menenangkan diri yang tidak sehat.
    Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk berlatih menenangkan diri dengan sehat. Sebagian besar melibatkan penciptaan perasaan positif dalam diri Anda, mengalihkan diri Anda dari sumber kesusahan untuk sementara waktu, atau secara aktif memfokuskan indra Anda pada sensasi yang berbeda.

    Tentu saja, ada banyak hal negatif yang dilakukan orang untuk menenangkan diri yang harus Anda hindari. Hal-hal semacam ini mungkin memberikan semacam kenyamanan langsung, tetapi akan menyebabkan banyak kerugian dalam jangka panjang, seperti:

    • Minum atau narkoba
    • Menghindari masalah dalam jangka panjang
    • Merugikan diri
    • Seks berisiko atau pergaulan bebas
    • Perilaku merusak diri sendiri
    • Merokok
    • Judi
    • Makan berlebihan atau kurang
    • Makan junk food
    • Terlalu banyak bekerja
    • Kurang atau Kebanyakan Tidur

    Banyak hal bisa baik-baik saja dalam jumlah sedang. Kami tidak menyarankan Anda pindah ke biara. Hanya saja banyak orang menggunakan mekanisme penanganan yang tidak sehat ini untuk mencoba menciptakan kedamaian dalam pikiran atau kebahagiaan dalam hidup mereka dan tidak menyadari bahwa mereka sedang mempersiapkan diri untuk kegagalan jangka panjang.

    Salah satu dari hal-hal ini, atau mungkin kombinasinya, dapat membawa kelegaan sementara. Masalahnya muncul jika sudah menjadi kebiasaan. Semakin sering Anda melakukannya, semakin sedikit hasilnya, jadi Anda mencari lebih banyak dan lebih banyak lagi.

    Hal berikutnya yang Anda ketahui, itu bertahun-tahun kemudian, dan Anda mencoba untuk keluar dari lubang kebiasaan negatif yang merusak yang dapat dihindari.

    Jangan lakukan itu pada diri Anda sendiri. Pengaturan emosional dan menenangkan diri yang sehat dapat membantu Anda mengatasi tekanan hidup tanpa dampak jangka panjang.

    ***
    Solo, Sabtu, 27 Maret 2021. 1:11 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.