Tip Parenting Bagi Para Orang Tua - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

mempelajari tips tips parenting agar menjadi orang tua yang lebih baik

khairul kamal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2021

3 hari lalu

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Parenting Bagi Para Orang Tua

    Dalam mendidik anak memanglah bukan sebuah pekerjaan yang mudah, karena masing-masing anak pasti memiliki karakter, watak dan juga memiliki sifat berbeda. Tidak terkecuali para orang tua juga memiliki sifat yang berbeda sehingga membuat perbedaan dalam mengasuh anak.

    Dibaca : 118 kali

    Dalam mendidik anak memanglah bukan sebuah pekerjaan yang mudah, karena masing-masing anak pasti memiliki karakter, watak dan juga memiliki sifat berbeda. Tidak terkecuali para orang tua juga memiliki sifat yang berbeda sehingga membuat perbedaan dalam mengasuh anak.

    Dimana terdapat orang tua yang dengan mudah mendidik anak nya, ada juga yang menganggap bahwa mendidik anak itu sebagai hasil dari sebuah seni dan ada juga orang tua yang merasakan dalam mendidik anak itu seperti naik roller coaster dimana sangat menegangkan.

    Maka dari itu para orang tua perlu mengetahui beberapa tips parenting yang dapat memepermudah dalam mendidik anak.

     

    Beberapa Tips Parenting Bagi Para Orang Tua Dalam Mendidik Anak

    Di jaman sekarang akan sangat mudah mengakses teknologi sehingga akan menambah tantangan di dalam mendidik si kecil. Karena itu anak dapat mendapatkan sebuah informasi dengan mudah karena adanya sebuah teknologi.

    Teknologi tersebut ada yang bersifat positif tetapi ada juga sifatnya negative sehingga para orang tua sangat perlu untuk cermat di dalam memilih gaya parenting untuk anak agar lebih mudah dalam mendidik anak.

    Berikut ini beberapa tips parenting yang dapat mempermudah para orang tua dalam mendidik anak:

    Membangun Rasa Kepercayaan Diri

    Yang pertama menjadi tips parenting bagi para orang tua ialah perlunya menerapkan serta membangun sebuah rasa dalam percaya diri anak agar anak dapat lebih mudah dalam mengelola emosinya serta dapat menyelesaikan masalah.

    Selain itu anak juga akan lebih mudah untuk dikoreksi bila anak bersalah karena anak memili rasa bangga akan diri sendiri. Satu cara dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak ialah dengan anda mengetahui kelebihan serta kelemahan dari setiap anak.

    Terimalah kelebihan dan juga kekurangan anak menjadi satu buah poin yang positif dimana nantinya dapat membuat anak menjadi percaya diri.

     

    Menghindari Membandingkan Si Kecil Dengan Anak Lain

    Dengan membandingkan anak dengan anak lain seperti membandingkan dengan saudara atau pun teman sebayanya dapat menimbulkan rasa iri kepada anak.

    Dengan begitu rasa iri seperti ini dapat menjadi sebuah persaingan yang dapat terjadi selama seumur hidup sehingga akan menjadi masalah di dalam diri anak nantinya.

    Maka dari itu pastikan untuk para orang tua tidak membandingkan anak mereka dengan anak lain baik itu saudara sendiri atau teman sebayanya. Dengan begitu anak akan merasa bahwa mereka sangat disayangi, tidak yang berlebihan dan tidak yang kurang.

    Untuk mengukur kemampuan anak, lebih baik melibatkan langsung mereka untuk dapat menilai kemampuan yang mereka miliki dan tidak membandingkan kemampuan anak dengan kemampuan anak lain.

     

    Memberikan Pujian Tulus Kepada Anak

    Ketika si kecil melakukan suatu hal yang sangat baik maka berikan si kecil pujian yang tulus. Bila diperlukan anda dapat memberikan sebuah hadiah untuk anak, katakana kepada si kecil bahwa hadiah ini diberikan karena anda sebagai orang tua nya merasa sayang serta bangga kepada si kecil. Namun perlu untuk dihindari memberikan sebuah iming-iming kepada si kecil.

     

    Belajar Terus Mengenai Ilmu Parenting

    Walaupun telah menjadi orang tua, maka bukna berarti bahwa anda sudah berhenti untuk belajar. Karena pada kenyataannya dengan anda menjadi seorang orang tua maka anda perlu untuk mempelajari mengenai ilmu parenting lebih dalam lagi agar dalam mendidik anak menggunakan cara yang tepat dan mendidik anak dengan baik.

    Itulah tadi beberapa tips parenting bagi para orang tua. Tetaplah berusaha dengan maksimal mungkin dan jangan lupa untuk selalu berdoa dalam mendidik anak. Semoga anak dapat menjadi seorang pribadi yang mandiri dan tanggung jawab.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.