x

Iklan

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Jumat, 16 April 2021 17:10 WIB

Apa Itu Long Tail dalam SEO

Mau tau Apa Itu Long Tail Dalam SEO? Yuk simak pembahasan lengkapnya disini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda harus mengetahui apa itu keyword, pengertian keyword, macam-macam keyword, dan juga tools yang digunakan untuk riset keyword terlebih dahulu. Sebelum memanfaatkan SEMrush, wajib melakukan pendaftaran dahulu menjadi anggota secara gratis. Karena untuk orang yang mencari, besar kemungkinannya mengklik iklan dan akhirnya melakukan pembelian. Karena pondasi webmu masih belum kuat karena baru, jadi akan lebih bijak jika kamu bersaing di persaingan yang tingkatanya rendah dibanding bersaing dengan web-web yang sudah besar dan ternama. 

 

Apakah Anda pernah mendengar terapi kesehatan dengan menggunakan urine alias air kencing? Apakah Anda lelah bersaing dengan website lain di hasil pencarian untuk kata kunci bervolume tinggi yang sama? Nah itu satu... Kemudian yang kedua kenapa kamu harus mulai fokus di kata kunci dengan sedikit pencarian? Kalau kamu masih CEO Chief of Everything Officer, maksudnya apa2 dikerjakan sendiri mulai dari SEO, WEB, Kulakan, bahkan nge-CS-in sendiri terus harus bersaing dengan para mastah di SEO nya. Jadi, sudah mulai memahami dan kenal kan dengan riset Keyword yang dijelaskan diatas? Kamu siap berhadapan dengan spt itu? 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1 pencarian perbulan. kalau kita punya artikel terpotimasi utk 1000 kata kunci spt itu gmn? Tapi, kalau anda menawar kata yang lebih spesifik itu lebih baik. Karena pesaing yang kurang, berarti tidak perlu menawar dengan harga sebanyak untuk kata kunci tertentu atau frase tunggal.

 

Seperti Wikipedia Optimasi SEO harus anda dilakukan dengan konten berkualitas yang Anda buat, dan didukung dengan pendukung website yang mumpuni. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh SEMrush menemukan bahwa hasil yang diberikan dalam pencarian voice search datang dari website yang muncul pada featured snippet. Keyword Ubersuggest sendiri dimiliki oleh Neil Patel yang merupakan salah satu tokoh berpengaruh dalam dunia digital marketing. Jadi alternatif gratis terbaik adalah Ubersuggest yang dibeli oleh Neil Patel. 

Biasanya bagi kamu pengembang web-web baru dan belum dikenal oleh orang-orang, akan lebih fokus untuk menggunakan kata kunci yang lebih sedikit pencarinya, kenapa? Selain memberikan informasi mendalam dan bermanfaat bagi kepuasan pembaca, tujuan lainnya yakni untuk menembus algoritma Google di mesin pencari. Untuk mendapatkan posisi tersebut, salah satu caranya yaitu melakukan optimasi SEO yang sesuai dengan Algoritma Google. 

Dengan mengetahui data-data tersebut, kita dapat mengoptimasikan web yang sedang kamu bangun agar webmu dapat muncul ke permukaan dan terlihat oleh orang-orang. Berapa pencari dari kw kw panjang yang masuk ke web kamu tersebut? Short tail atau ekor pendek adalah kata kunci utama yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Yuk Gunakan Long Tail Keyword untuk Kontenmu!

Selain menempatkannya pada judul, long tail keyword pun bisa anda gunakan pada awal paragraf. Namun jika tidak mempengaruhi apa-apa, gunakan saja untuk mengoptimasi situs yang kamu buat agar lebih cepat terlihat oleh orang orang yang mencari keyword tersebut. Contohnya hasil pencarian diatas, hanya terdapat 598 ribu situs yang menyasar kata kunci tersebut. Contohnya pada gambar hasil pencarian berikut dengan kata kunci "HP Lenovo". Contohnya adalah kata "Hp Lenovo Bekas dan Murah". Kata "HP Lenovo" adalah jenis short tail karena hanya terdiri dari dua kata. Misalnya, Harga Lenovo, Smartphone Lenovo, Lenovo Murah, Lenovo Terbaru dan lain-lain. 

Misalnya, Anda menyediakan layanan tour di Sumatera Barat. Maksud pengguna sangat penting untuk penelitian dan penemuan kata kunci pada tahun 2017. Pemasar perlu memahami bagaimana bekerja sama dengan mesin pencari untuk menyediakan konten yang benar-benar diinginkan pengguna. Google menyediakan Kolom “Google Suggest”. Dari hasil pencarian Google di atas terlihat sebanyak 39 juta web atau blog yang bersaing dengan kata tersebut.

Di atas adalah penjelasan lengkap tentang kata kunci panjang atau Longtail Keyword. Yaitu situs toko jual beli online atau sebutannya e-commerce. Dengan menargetkan kata dengan pencarian terbatas, kemungkinan besar iklan atau situs Anda akan jauh lebih relevan dengan yang benar-benar orang cari ketimbang pencarian dengan istilah yang lebih umum. Tentu pilihlah kata kunci dengan volume yang paling besar. 

Sangat penting untuk memilih disini, karena Anda berurusan dengan kata kunci yang sudah memiliki volume pencarian yang lebih rendah. Selain itu, memahami suggestion keyword dapat membuat tulisan dengan variasi kata kunci yang lebih beragam. Tren ini cepat mengambil dan telah mendorong Google untuk membuat kotak jawaban dan panel Graph Pengetahuan. Bila anda membuat kampanye baru, memungkinkan anda untuk memilih bahasa, negara (versi geografis Google), dan apakah anda akan mencarinya hanya dengan Google atau Google dan mitra penelusuran Google yang akan memberikan hasil lebih spesifik. 

Namun tidak hanya berakhir di punya nilai semata, tapi juga apakah ada orang yang mencarinya. Tapi apakah semua kata kunci panjang bagus? Entahlah ini poin plus atau tidak, tapi menurut saya ini bisa jadi poin plus jika kamu menarget long tail keyword. Namun, dari short tail itulah muncul kemudian long tail keyword yang beraneka ragam.




Ikuti tulisan menarik Ridho Nastainullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB