Perbedaan Wanita Amerika dan Indonesia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: NPR

Erako Gayo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 April 2021

Selasa, 11 Mei 2021 07:48 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Perbedaan Wanita Amerika dan Indonesia

    Sikap adalah keadaan mental dan saraf dari kesiapan yang diatur melalui pengalaman yang memberikan pengaruh dinamik atau terarah terhadap respon individu pada semua objek dan situasi yang berkaitan dengannya. Di setiap daerah tentunya individu memiliki sikap yang berdeda-beda di sesuaikan dengan daerah dimana individu itu berada seperti contohnya Amerika dan Indonesia kedua Negara ini memiliki indivdu-individu yang memiliki sikap berbedda. Khususnya bagi seorang wanita sikap yang dimili tentunya berbeda dari sikap yang di miliki pria dan berikut ini inilah perbedaan sikap yang di miliki wanita amerika dan Indonesia.

    Dibaca : 441 kali

    1. Sikap wanita di Indonesia lebih mencerminkan kepada kebudayaan yang telah di pegang erat oleh orang yang terdahulu. Wanita di Indonesia banyak yang ditekan tidak boleh begini-begitu. Ada batasan yang dilakukan. Sebagian besar wanita Indonesia dilarang untuk merantau, dan hanya sebagian kecil yang bisa.

    Beda halnya dengan wanita khususnya Amerika wanita. Di sana tidak ada batasan bagi mereka di umur yang sudah dewasa. Orang tua membebaskan mereka memilih apa yang mereka mau. Malah orang tua memerintah mereka untuk tinggal sendiri. Di sana wanita sangat bebaskan melakukan apa pun

    2. Wanita di indonesia cenderung menaati aturan seperti sunnah nabi yang taat akan suami karena suaminya merupakan kepala rumah tangga. Di barat juga demikian, Namun perbedaannya adalah di masa kini sudah berlaku hukum HAM jadi para wanita dan seluruh jiwa di dunia ini diberikan hak untuk memiliki kebebasannya masing masing.

    3. Wanita di Amerika cenderung lebih suka memilih karir pekerjaan daripada memilih menjadi ibu rumah tangga. Hal itu sebagian disebabkan tingginya tingkat pendidikan perempuan dan berubahnya sikap di kalangan warga AS. Sedangkan wanita muda Indonesia lebih banyak memilih untuk nikah muda daripada karir, disebabkan berbagai faktor seperti ekonomi, dorongan orang tua/keluarga, Dan keinginan hasrat untuk menikah muda karna takut nanti tidak dapat kesepakatan dilamar.

    4. Wanita di Amerika cenderung lebih menyukai kulit kecoklatan dan rambut agak keriting. Wanita Indonesia cenderung lebih menyukai memiliki kulit putih dan rambut hitam lurus. Bagi wanita AS, kulit yang gelap dianggap lebih sehat dan eksotis. Karena dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari, maka kebutuhan vitamin D pada tubuh akan terpenuhi. Berbeda dengan kulit putih yang di anggap kurang vitamin D

    5. Sikap wanita di Indonesia ketika sudah menikah biasanya lebih menaati apa yang dikatakan oleh suami, karena suami merupakan kepala rumah tangga . Tak jarang kita temui ketika sudah menikah mereka meninggalkan karir karna sudah menjadi ibu rumah tangga. Sikap tersebut berbanding terbalik dengan sikap perempuan yang ada di Amerika, disana mereka lebih memilih atau mementingkan karir mereka.

    6. Dalam tataran fundamental yang bersifat aplikatif dan kontekstual, bahkan mulai muncul perbedaan-perbedaan latar belakang, budaya, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai perempuan Amerika Serikat tentunya tidak dapat terlepas dari feminisme yang berusaha memperbaiki kedudukan kaum perempuan di dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan perempuan di Indonesia Tidak terlepas dari budaya, menaati aturan/budaya yang telah dipegang oleh orang2 yang terdahulu

    7. Di Indonesia maupun Amerika wanita banyak sekali mengalami diskriminasi gender. Mereka tidak bebas berpendapat, tidak bebas berperilaku. Beda halnya dengan laki-laki. Namun sekarang setelah adanya emansipasi wanita yaitu gerakan untuk membuat kebebasan, wanita bebas dalam berpendapat dan bebas bertindak. Menurut saya wanita yang ada di Amerika lebih memiliki ambisi yang kuat dalam segala hal sehingga setara dengan laki laki

    8. Di Amerika ada teori feminis mempunyai kapasitas universal, yaitu pandangan tentang keegaliteran dan persamaan derajat antara perempuan dan laki-laki. Prinsip-prinsip dasarnya adalah adanya persamaan hak laki-laki dan perempuan di hadapan Tuhan dan dalam kehidupan bermasyarakat.

    Dalam tataran fundamental yang bersifat aplikatif dan kontekstual, bahkan mulai muncul perbedaan-perbedaan visi karena perbedaan latar belakang, budaya, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Pada tataran ini semua aturan dirumuskan, seberapa besar porsi perempuan dan laki-laki dalam norma-norma sosial. Secara formal doktrinal tidak ada lagi yang krusial.

    9. Wanita di Amerika lebih mengutamakan karir dan lebih bebas berpendapat. Sedangkan di Indonesia jarang wanita berdiri sendiri dan dalam menyampaikan pendapatnya lebih susah daripada lelaki

    Nah jadi itulah beberapa perbedaan Sikap wanita di Amerika dan Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.