9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Layak Anda Coba - Travel - www.indonesiana.id
x

Sumber gambar : merdeka.com

Luqman Chakim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Juni 2021

Jumat, 18 Juni 2021 18:32 WIB

  • Travel
  • Topik Utama
  • 9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Layak Anda Coba

    Pada saat berkunjung ke suatu daerah, mencoba makanan khas setempat seperti merupakan kewajiban. Karena setiap daerah di Indonesia memang memiliki makanan khas masing-masing. Bagiamana dengan Jawa Tengah? Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang ada di kawasan itu, dan anda mungkin ingin memasukannya ke dalam daftar wajib untuk dijajal.

    Dibaca : 1.246 kali

    Pada saat Anda berkunjung ke suatu daerah, entah itu untuk urusan pekerjaan atau hanya sekedar liburan, mencoba makanan khas yang terdapat di daerah merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan.

    Ya, tentunya setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai makanan khas yang begitu menggugah selera. Jika Anda suka dengan wisata kuliner tentu akan sangat terhibur karenanya.

    Anda penasaran? Simak beberapa ulasan penjelasan di bawah ini.

    Lumpia Semarang

    Jika Anda beradai di kawasan Semarang rasanya tidak lengkap jika Anda melewatkan waktu untuk mencoba lumpia khas Semarang tersebut.

    Lumpia merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah melegendaris. Asal makanan ini memang dari semarang walaupun sekarang sudah banyak menyebar di daerah lainnya.

    Tahu Petis

    Tahu petis merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah terkenal dan populer di berbagai kalangan masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini merupakan paduan dari tahu petis. Umumnya makanan ini dijadikan sebagai cemilan nikmat untuk rapat atau hanya sekedar menikmati waktu luang saja.

    Mendoan

    Siapa dari Anda yang tidak mengenal cemilan yang satu ini? Mendoan masuk ke dalam salah satu gorengan paling terkenal di Indonesia.

    Namun, sebetulnya gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya awal mulanya makanan ini khas dari Jawa Tengah ini banyak dijumpai di daerah Purwokerto dan Banyumas.

    Enting-enting Gepuk

    Enting-enting merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup melegendaris. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan kemudian dipadatkan.

    Rasa kacang dan manis ini berasal dari gula yang menyatu dengan sangat sempurna yang membuat camilan ini terasa begitu nikmat.

    Nasi Gandul

    Ya, nasi gandul merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Tengah yang menawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul dapat menjadi menu makan siang atau makan malam Anda yang sangat nikmat.

    Nasi Liwet

    Menu lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Jawa Tengah yaitu nasi liwet. Salah satu jenis makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Solo dan sudah sangat melegendaris di berbagai daerah.

    Rondo Royal

    Nah, untuk cemilan yang satu ini berasl dari daerah Jepara dan cukup terkenal di kalangan masyarakat. Camilan ini dibuat dengan bahan dasar tape singkong yang lalu dibalut dengan adonan tepung dan digoreng. Ya, secara singkatnya rondo royal merupakan tape singkong goring! Namun, makanan ini mempunyai rasa yang begitu gurih dan lezat.

    Getuk

    Anda tentunya sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Memang getuk sudah dijumpai di berbagai daerah, atau bahkan di luar daerah Jawa Tengah. Namun, pada awalnya, makanan ini muncul di daerah Jawa Tengah sehingga menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah sampai sekarang ini.

    Wajik

    Makanan khas Jawa Tengah lain yang tentunya wajib Anda coba yaitu Wajik. Dapat dikatakan bahwa camilan ini termasuk salah satu jenis makanan yang masih ada sampai sekarang ini. Ya, hal ini dikarenakan wajik sudah muncul sejak zaman dahulu, namun dapat bertahan diantara gerusan makanan modern sebab untuk rasa yang khas.

    Tiwul

    Tiwul adalah salah satu makanan khas dari Jawa Tengah yang dapat dijadikan sebagai panganan tradisiional. Ya, makanan khas Jawa Tengah ini sudah ada sejak zaman dahulu kala.

    Camilan ini sendiri terbuat dari bahan singkong yang kemudian diolah dan ditambahkan dengan parutan kelapa muda. Nah, tiwul ini cukup mudah dijumpai di daerah Wonogiri.

    Itulah beberapa penjelasan tentang makanan khas Jawa Tengah yang terdapat banyak sekali jenisnya, namun belum bisa saja sebutkan satu-persatu karena banyak sekali jenis makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini.

    Untuk info lebih lengkap tentang Jawa Tengah terutama tentang kebudayaannya, tentunya Anda bisa mengunjungi situs dengan cara klik di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.