Kunci Utama dalam Perawatan Burung agar Rajin Berkicau - Urban - www.indonesiana.id
x

Tentang jenis Kenari beserta harga saat ini

Kicau Mania Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juni 2021

Jumat, 2 Juli 2021 09:45 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Kunci Utama dalam Perawatan Burung agar Rajin Berkicau

    Kunci utama dalam merawat burung kicauan agar menjadi rajin berkicau atau gacor. Perawatn tertentu akan membuat buurng yang malas bunyi menjadi rajin bunyi, jarang bunyi menjadi rajin bunyi. Sedangkan yang sudah rajin bunyi harus dipertahankan kualitasnya tersebut

    Dibaca : 1.400 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Untuk merawat burung kicauan ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah menjemur, memandikan, pemberian pakan dan lain sebagainya. Burung kicauan dari jensi lomba yang rajin berbunyi dan banyak memiliki variasi suara kicauan tentunya sangat di idam-idamkan oleh pemiliknya. 

    Karena perawatan hal yang penting untuk dilakukan, banyak para pemilik burung men-setting perawatan untuk mencapai hasil yang di inginkan. Para pemilik memiliki cara tersendiri dalam melakukan perawatan burung peliharaannya tersebut.

    Kunci Utama Perawatan Burung

    Perawatn tertentu akan membuat buurng yang malas bunyi menjadi rajin bunyi, jarang bunyi menjadi rajin bunyi. Sedangkan yang sudah rajin bunyi harus dipertahankan kualitasnya tersebut.

    Jika dalam perawatan burung sudah menemukan setting-an yang tepat, sebaiknya konsisten dengan perawatannya tersebut, agar kualitas suara burung menjadi stabil.

    1. Pakan Burung

    Pakan burung yang tercukupi akan membuat burung menjadi nyaman, merasa senang dan tidak merasa terancam oleh perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

    Jika kesehatan fisik dan mental burung di dapatkan oleh burung, maka burung akan menjadi aktif, sehat dan rajin berkicau.

    Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan kunci dasar dalam kebutuhan asupan gizi burung, untuk itu untuk pakan sebaiknya lengkap.

    • Voer merupakan pakan pabrikan yang bisa di berikan untuk jenis burung tertentu, untuk itu berikan pula pakan voer dengan gizi yang lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi yang mungkin kurang tercujupi dari makanan yang biasa di konsumsi
    • Berikan juga multivitamina untuk burung, jika asupan yang biasa di konsumsi tidak memiliki kandungan vitamin, namun jika makanan yang biasa di konsumsi sudah terdapat vitamin dalam pakan voer misalkan, maka tidak perlu di berikan vitamin
    • Untuk jenis burung tertentu, misalkan burung cucak, maka harus di berikan pakan serangga
    • Untuk jenis burung pemakan biji-bijian, maka berikan pakan tambahan seperti buah dan sayuran dan untuk jenis burung pemakan biji-bijian seperti burung branjangan dan burug kenari makan bisa memberikan kroto

     

    1. Memandikan dan Jemur Burung

    Memandikan dan menjemur burung merupakan hal yang harus dilakukan untuk burung.

    Misalkan untuk memandikan burung memiliki manfaat untuk membuat bulunya bersih dan kutu, bakteri dan kuman pada bulu dan kulitnya akan hilang.

    Begitu juga untuk penjemuran burung, terutama penjemuran pada pagi hari memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D untuk burung, dan menjadikan burung sehat terus.

    1. Memaster Burung

    Apa sih memaster burung ? , memaster burung merupakan cara untuk membuat burung peliharaan, terutama burung yang masih belajar berkicau agar memiliki suara kicauan yang di inginkan dengan cara memperdengarkan suara burung gacor terhadap burung yang masih belajar.

    Untuk pemasteran burung bisa menggunakan burung gacor secara langsung yang di dekatkan dengan burung yang masih belajar berkicau atau bisa menggunakan suara rekaman Mp3 dari suara burung.

    Note : untuk mendapatkan kumpulan suara burung masteran atau burung pancingan, Jantan, betina, Simulasi Lomba, Suara terapi Burung, anda bisa mendapatkannya, di halaman ini : Suara Burung Mp3 .

    1. Konsiten Merawat Burung

    Konsistensi dalam perawatan burung sangat penting di terapkan, karena jika merubah-rubah perawatan, misalkan sering mengganti merk voer, jumlah pakan di ubah-ubah, maka kualitas burung akan menurun.

    Misalkan anda sering memberikan burung dengan merk voer A, dan sewaktu-waktu menggantinya dengan Merk lain, nah hal tersebut tidak boleh untuk dilakukan.

    Atau misalkan anda sering memberikan pakan jangkrik dalam jumlah 4 ekor setiap hari, maka di hari lainnya jangan di berikan dalam jumlah yang lebih banyak dari itu.

    Demikianlah tips kali ini yang kami sampaikan untuk rekan-rekan Kicaumania seputar tips perawatan burung agar burung rajin berkicau.

     

    Ikuti tulisan menarik Kicau Mania Indonesia lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 364 kali