x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 1 Juli 2021 19:07 WIB

Bantu Tekan Angka Putus Sekolah, Mahasiswa IPB KKN Tematik di Taman Bacaan

Kemitraan IPB dan Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gunung Slaak, perkuat gerakan literasi masyarakat dan menekan angka putus sekolah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah melalui audiensi dan visitasi, 20 mahasiswa IPB terbagi dalam dua kelompok melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik tahun 2021 bermitra dengan TBM Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.  Selama 40 hari dan tetap mematuhi protokol Kesehatan, KKNT mahasiswa IPB akan berkontribusi nyata dalam mengoptimalkan peran taman bacaan bagi masyarakat.

 

Bertajuk "Ceria di Taman Bacaan", hari ini (30/06/2021), para mahasiswa terjun langsung mendampingi aktivitas gita membaca 32 anak-anak TBM lentera Pustaka sekaligus menyosialisasikan program KKN yang dijalankannya kepada anak-anak pembaca aktif yang berjumlah 168 anak usia sekolah. Selain itu, aktivitas KKN pun akan melibatkan warga sekitar dan ibu-bu warga belajar buta aksara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

.

Melalui KKNT ini, nantinya, mahasiswa IPB akan berkiprah dalam dua kelompok dengan menjalankan program yang terdiri dari:

  1. Optimalisasi peran taman bacaan yang dilakukan Wildan dkk. Mulai dari aktivitas pendampingan giat baca, data base koleksi buku, revitalisasi tanaman pekarangan rumah, pemeriksaan hewan, literasi digital, literasi finansial, pra event kampung literasi, dan aktivitas nyata bersama masyarakat, anak-anak pembaca aktif, dan warga belajar buta aksara.
  2. Pengkinian data demografi Desa Sukaluyu yang dilakukan Irsyad dkk. Aktivitas yang dijalankan seperti pendataan ulang secara random di 12 RW di Desa Sukaluyu menyangkut tingkat pendidikan masyarakat, mata pencaharian, buta aksara, jumlah anak usia sekolah, dan tingkat penghasilan bulanan.

Melalui kedua kegiatan di atas, mahasiswa diharapkan mampu berkontribusi nyata melalui KKN Tematik yang efektif dan berdaya guna. Di samping mempersiapkan program "Kampung Literasi Warung Loa Sukaluyu" yang akan mulai digarap TBM Lentera Pustaka pada Juli 2021.

 

"TBM Lentera Pustaka menyambut baik program KKN-T IPB di taman bacaan. Hal ini menjadi bukti pentingnya kolaborasi dan kemitraan antara mahasiswa, kampus, dan taman bacaan di Bogor. Hal ini bisa jadi model kontribusi nyata mahasiswa kepada masyrakat dalam gerakan literasi, di Desa Sukaluyu. Sebagai mitra KKN, TBM Lentera Pustaka siap mengarahkan para mahasiswa" ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Porgram TBM Lentera Pustaka di Bogor.

 

Kegiatan KKN-T IPB tahun 2021 ini akan berlangsung dari 28 Juni - 8 Agustus 2021. Seluuruh program akan dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 

Sebagai mitra KKNT IPB, TBM Lentera Pustaka merupakan satu-satunya taman bacaan resmi yang ada di Kecamatan Tamansari Kab. Bogor. Saat ini memiliki 6.500 buku bacaan dan menerapkan "TBM Edutainment" sebagai tata kelola taman bacaan berbasis edukasi dan hiburan. Dengan 168 anak pembaca aktif dan membaca 3 kali seminggu, kini tiap anak rata-rata mampu membaca 5-8 buku per minggu. Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun memiliki program, seperti: 1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 ibu-ibu buta huruf, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 14 anak, 3) YABI (Yatim BInaan) dengan 14 anak, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 7 lansia, 5) Koperasi Lentera dengan 16 anggota, 6) DONBUK (DONasi BUKU), dan 7) RABU (RAjin menaBUng). Semua program bertujuan untuk pemberdayaan masyaralat, di samping menekan angka putus sekolah yang masih tergolong tinggi di wilayah ini.

 

KKNT IPB pun jadi momen mahasiswa untuk mendekati persoalan sosial secara nyata. Di samping membuktikan kepedulain sosial dengan melakukan aktivitas konkret yang menyentuh persoalan kemasyarakatan, termasuk meningkatkan peran taman bacaan di desa. Ubah niat baik jadi aksi nyata ... #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #KKNTIPB #BacaBukanMaen

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler