x

Foto oleh Lisa dari Pexels

Iklan

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Kamis, 1 Juli 2021 19:14 WIB

Bisa Bikin Engagement Naik, Ketahui Cara Mempercantik Feeds Instagram

Instagram merupakan media yang sangat menonjolkan visual, untuk itulah sangat penting buat kamu untuk mempercantik tampilan feeds akunmu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Buat kamu yang berkarir sebagai content creator, media sosial pasti bukan sekedar platform untuk berbagi aktivitas sehari-hari. Lebih dari itu, media sosial bisa menjadi portofolio dan galeri dari karya-karya yang kamu hasilkan.

Hal yang sama pun berlaku untuk kamu yang mendalami content creator di Instagram. Penataan akun pasti sangat berpengaruh pada banyaknya jumlah follower, rate engagement, dan brand awareness dari karirmu.

Salah satu hal yang bisa membuat akunmu standout adalah dengan mempercantik feed Instagram milikmu. Sebab, platform satu ini sangat dominan menyajikan konten visual, sehingga keberhasilan promosi dan branding bisnis kamu pun akan banyak dipengaruhi oleh seberapa efektifnya portofolio yang kamu sajikan menarik minat serta perhatian audiens.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, buat kamu yang baru mulai berkecimpung dengan serius sebagai content creator Instagram, ketahui cara mempercantik feeds Instagram berikut ini!

Tentukan Tema Akun Instagram Kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih tema yang sesuai dengan personalitas ataupun brand kamu. Tema inilah yang akan dikembangkan untuk menciptakan kesan kepada audiens, pun bisa menjadi identitas khas dari brand kamu.

Tema ini sebenarnya sangat beragam dan bisa kamu pilih atau sesuaikan dengan karakter atau personalitasmu. Namun, secara umum ada beberapa opsi tema basic yang bisa kamu coba dan dijamin anti gagal berikut ini.

Minimalis But Casual

Tema yang pertama adalah tema minimalis namun tetap kasual. Dalam tema ini kamu bisa menujukkan kesan yang sederhana, namun tetap tampak berkelas, bersih, rapi, dan terpercaya.

Kalau kamu ingin membangun brand image yang bersifat klinis dan menyentuh tiap kalangan, niche satu ini bisa dipertimbangkan.

Tak hanya itu, keunggulan lain dari jenis tema satu ini adalah proses editingnya yang tidak terlalu riber. Kamu hanya perlu memperbanyak whitespace pada feed agar dapat memberikan efek refreshing, klinis, dan rapi.

Monochrome

Ingin menciptakan kesan mewah dan berkelas pada akun Instagram kamu? Tema hitam dan putih bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tema monokrom merupakan desain yang enggak akan pernah ketinggalan zaman, bahkan beberapa brand ternama pun menggunkan niche ini dalam feeds Instagram mereka.

Vintage

Belakangan ini tema vintage kembali marak digunakan dalam dunia fasyen, tak terkecuali untuk mempercantik feeds Instagram.

Tema ini cocok banget buat kamu yang emang focus kepada konten fesyen atau dekor vintage. Tone warna yang digunakan pun akan cenderung menghadirkan warna-warna hangat dan menenangkan, namun di sisi lain bisa memberikan kesan mewah dan antik.

Checkerboard

Pingin lebih dekat dengan audiensmu dengan menciptakan kesan relatable pada konten yang kamu buat? Checkerboard bisa jadi tema feeds yang tepat untuk kamu gunakan.

Sebab, tema yang juga dikenal dengan tiles ini dibuat seperti papan permainan dam dan diisi dengan quotes khusus untuk audiensmu.

Dari quotes yang kamu posting di antara gambar atau video yang kamu buat inilah, kamu bisa menyampaikan kesan relatable kepada audiens.

Pilih Skema Warna Terbaik

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan untuk mempercantik feed Instagram adalah menentukan skema warna terbaik. Terlebih mengingat bahwa warna merupakan salah satu elemen terpenting dari desain feed Instagram yang kamu Kelola.

Bahkan bagi suatu brand, warna dapat memberikan kesan, identitas, yang membuatnya lebih mudah dikenali serta diingat oleh target konsumen mereka. Selain sebagai brand awareness, warna pun bisa sangat berpengaruh pada koversi atau engagement.

Agar dapat menciptakan kesan yang harmoni, kamu bisa menentukan warna utama berdasarkan brand kamu. Lalu buatlah palet warna untuk feed kamu, ini untuk memudahkanmu dalam mengontrol gradasi warna yang akan kamu pakai dalam konten postinganmu.

Manfaatkan Berbagai Fitur Filter yang Ada

Untuk mendukung kamu berkreasi, Instagram menyediakan berbagai fitur dan filter untuk mempercantik postingan kamu. Hebatnya lagi, platform satu ini menyediakan puluhan filter bawaan yang bisa kamu gunakan dan pilih sesuka hati.

Penggunaan filter ini bisa membantu meningkatkan keindahan feed kamu, pun dengan membuatnya terlihat nyambung dan konsisten.

Tetap Konsisten dengan Gaya Border yang Digunakan

Enggak kalah pentingnya dengan gambar atau inti postingan itu sendiri, border pun memiliki peranan yang cukup besar juga untuk memperindah feed Instagram kamu. Ketika membuat border ini kamu bisa menyesuaikan dengan tipe konten, niche atau tema, hingga warna yang kamu pilih sebelumnya.

Dengan begitu, postingan kamu pun akan jauh terlihat rapi dan indah. Hal ini juga bisa membantu memberikan keseimbangan dan konsistensi tersendiri, meski kamu menggunakan warna-warna berbeda pada gambar utama.

Perhatikan Font dan Tipografi yang Digunakan

Apakah kamu ingin menempatkan beberapa tulisan atau teks dalam postingan Instagram kamu? Atau barangkali menggunakan tipe tiles dengan menyisipkan quotes untuk audiensmu?

Maka aspek tipografi harus kamu perhatikan betul-betul. Yang termasuk tipografi adalah font, enjaan, gaya bahasa, hingga tanda baca.

Gunakan Foto dengan Resolusi Tinggi

Cara mempercantik feed Instagram lainnya kamu perlu menggunakan foto dengan resolusi yang tinggi. Hal ini sifatnya sangat penting, mengingat Instagram sangat menonjolkan aspek visual. Sehingga kualitas gambar pun sangat menentukan tampilan dari feed kamu.

Tak hanya itu, biasanya orang pun akan suka dengan gambar yang jernih, tajam, dan tidak mudah pecah jika dizoom. Jadi kalau kamu upload foto yang blur atau dengan resolusi rendah, maka akan menurunkan minat dari audiens kamu.

Nah, itu adalah berbagai cara untuk mempercantik feeds Instagram yang bisa kamu lakukan dan praktikkan sendiri. Tips ini pun enggak cuma buat konten kreator, melainkan untuk kamu yang juga berbisnis kosmetik, kuliner, dan lain sebagainya.

Ikuti tulisan menarik renny ambar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB