x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 8 Juli 2021 14:00 WIB

Genjot Giat Membaca Warga, Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Gelar Kampung Literasi Sukaluyu

Aktivitas membaca kian tersisih di era digital. Kampung Literasi Sukaluyu digelar TBM Lentera Pustaka untuk berantas buta aksara dan giatkan warga membaca

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bertajuk “Wujudkan Giat Baca Berbasis Kawasan dan Inklusi Sosial”, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor siap menggelar “Kampung Literasi Sukaluyu” untuk memberikan layanan dan kecakapan literasi masyarakat berupa buku dan non buku, pojok baca, serta berantas buta aksara. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup yang lebih baik di era digital dan kenormalan baru. Program “Kampung Literasi” yang diinisiasi Direktorat PMPK Kemdikbud RI dan Forum TBM pun diupayakan dapat meningkatkan kegemaran membaca masyarakat selama tahun 2021.

 

Rencananya, peluncuran Kampung Literasi Warung Loa Sukaluyu akan dilakukan oleh Ade Yasin, Bupati Bogor dan Sekda Propinsi Jawa Barat pada Sabtu, 11 September 2021. Momen ini pun akan disematkan “Bunda Taman Bacaan Kabupaten Bogor” kepada Ade Yasin. Beberapa agenda yang akan digulirkan antara lain: 1) pembuatan 3 Pojok Baca, 2) Lomba Menulis, 3) Launching & Bedah Buku, 4) Pentas Seni Festival Literasi Gunung Salak #4, 5) Pelatihan musik lokal angklung & marawis, 6) Parade puisi, 7) Webinar literasi, 8) Reading Group & Read Aloud, 9) Temu sosok literasi, 10) Literasi finansial, dan 11) Literasi digital internet sehat. TBM Lentera Pustaka sebagai penyelenggara dapat meningkatkan empat kecapakan literasi berupa: baca tulis, digital, finansial, dan budaya kewargaan sekitar 500 warga yang berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajay).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bertindak sebagai media partner program Kampung Literasi Sukaluyu adalah Bogorkita.com dan didukung oleh Disdik Kabupaten Bogor – PNF SKB, AJ Tugu Mandiri, Bank Sinarmas, Pacific Life Insurance, dan AAI Perancis. Sebagai penyelenggara, TBM Lentera Pustaka merupakan salah satu dari 30 TBM di Indonesia yang terpilih dalam program “Kampung Literasi” tahun 2021 ini setelah melalui seleksi yang dilakukan Direktorat PMPK dan Forum TBM. Melalui program ini, nantinya kegiatan taman bacaan dan keaksaraan dilakukan lebih masif dan melibatkan masyarakat sekitar sehingga terwujud literasi berbasis inklusi sosial.

 

“TBM Lentera Pustaka bersyukur terpilih menjadi penyelenggara Kampung Literasi tahun 2021. Hal ini jadi momen kami untuk menggenjot kegemaran membaca anak-anak dan peduli literasi masyarakat serta berantas buta aksara. Sehingga perlahan, peradaban masyarakat di Desa Sukaluyu berkembang ke arah lebih baik dan berkualitas. Jadi warga yang literat” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Bogor.

 

Di masa pendemi Covid-19 dan PJJ anak sekolah, sejatinya taman bacaan adalah kawah candradimuka untuk menggiatkan tradisi baca dan budaya literasi masyarakat. Taman bacaan yang berbasis inklusi sosial. Karena itu, TBM Lentera Pustaka akan mengoptimalkan seluruh layanan yang ada saat ini, seperti: taman bacaan, berantas buta aksara, kelas calistung prasekolah, anak yatim binaan, jompo binaan, donasi buku, dan Koperasi Lentera yang melibatkan anak-anak, orang tua, kaum buta aksara, mahasiswa, dan warga.

 

Kampung literasi adalah momen pentinn taman bacaan. Untuk mengajak dan melibatkan masyarakat dalam menatap hari esok yang lebih baik. Untuk bersinergi Bersama dan mengubah niat baik jadi aksi nyata Salam literasi. #KampungLiterasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #ForumTBM #DirektoratPMPK

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler