Pesona Malang di Mata Pendaki Gunung - Travel - www.indonesiana.id
x

sudut malang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juni 2021

Kamis, 15 Juli 2021 05:55 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Pesona Malang di Mata Pendaki Gunung

    kota Malang dikenal memiliki banyak pilihan wisata alam. Tentu saja kota ini juga memiliki tawaran kuliner menarik. Buat kamu yang ingin berwisata jelajah alam tapi masih bingung mau kemana, berikut ulasan mengenai tiga gunung di kawasan kota apel ini. Tapi ingat, silakan berkunjung setelah pandemi reda, ya?

    Dibaca : 474 kali

    Malang dikenal sebagai kota yang memiliki spot wisata alam dan kota yang begitu banyak, tidak lupa dengan tempat kuliner yang sudah terkenal dan legendaris. Sebut saja Bakso President, siapa yang tidak mengenalnya. 

    Nah buat kamu yang ingin berwisata ke Malang khususnya untuk mendaki gunung, Kami rekomendasikan 3 gunung ini karena pesona alam dan panoramanya yang begitu indah, Penasaran gunung apa saja yang wajib kamu kunjungi ? Yuk simak ulasannya!

     

    1. Gunung Semeru

    Sumber Foto: Unsplash.com

    Sudah tidak asing lagi pasti dengan gunung satu ini. Walaupun tergolong gunung yang masih aktif, Gunung Semeru menjadi salah satu tujuan wajib para pendaki. Dengan ketinggian puncak 3.676 mdpl yaitu Mahameru, mendapat predikat puncak tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani. 

    Tidak hanya itu, Gunung Semeru juga memiliki satu danau yang dijadikan tempat perhentian para pendaki yaitu Ranu Kumbolo yang disebut-sebut sebagai surganya Gunung Semeru. Kamu bisa jadikan ini sebagai destinasi alternatif untuk menikmati keindahan danau tanpa harus repot mendaki.

    Tapi jika kamu ingin beraktivitas di sekitar area gunung, Kami rekomendasikan untuk bersepeda mengelilingi Desa Ngadisari atau Trekking di kawah Bromo. 

    Malam hari waktunya beristirahat dan menikmati indahnya Milky Way dari atas bukit. Minimnya cahaya membantu kamu untuk menyaksikan bintang yang bertaburan di atas langit. Untuk sobat pendaki diwajibkan booking secara online jika sewaktu-waktu berencana mengunjungi gunung satu ini.

    • Lokasi: Ngampo, Pasrujambe, Lumajang Regency, Jawa Timur
    • Tiket Masuk: Rp. 19.000 (hari biasa) & Rp. 24.000 (weekend)

     

    2. Gunung Bromo

    Sumber Foto: Unsplash

    Kami sudah pernah mengulas keindahan Gunung Bromo sebelumnya, Namun tak ada salahnya mengulas tentang icon Malang satu ini sekali lagi. 

    Gunung yang tidak kalah terkenal ini, memiliki puncak dengan ketinggian 2.329 mdlp dan panorama yang begitu luar biasa. Selain wisatawan lokal, banyak juga turis mancanegara tergoda untuk melihat kecantikan yang dimiliki gunung satu ini. Tidak hanya itu, Bromo juga menawarkan banyak lagi tempat wisata menarik di sekitarnya mulai dari Kawah, Gunung Batok, Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. 

    • Lokasi: Area Gn. Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur
    • Tiket Masuk: Rp.29.000 (hari biasa) & Rp.34.000 (hari libur)

     

    3. Gunung Welirang

    Sumber Foto: Instagram

    Gunung Welirang merupakan kawan dari Gunung Arjuno,karena letaknya yang berdampingan.  Maka dari itu, sempatkan waktu untuk mengunjungi kedua gunung ini.

    Kapan lagi kamu bisa menikmati suasana dua gunung secara bersamaan.

    Gunung yang tergolong masih aktif ini memiliki ketinggian 3.156 mdpl dan terdapat tambang belerang di dalam nya. 

    Keindahan Gunung Welirang tidak hanya terletak pada panoramanya di ketinggian tertentu, namun kamu juga bisa memanjakan mata dengan keindahan tumbuhan endemik yang diberi nama oleh penduduk setempat “manis rejo”. Kamu diwajibkan booking secara online jika ingin mengunjungi gunung satu ini.

    • Lokasi: Area Hutan, Ngadirenggo/Htn, Wlingi, Blitar, Jawa Timur
    • Tiket Masuk: Rp. 11.000 


    Mendaki gunung adalah aktivitas yang memiliki banyak resiko. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan segalanya secara matang. 

    Berikut beberapa tips berwisata di Malang untuk kamu;

    • Persiapkan fisik dan bawa jaket, karena cuaca pada saat mendaki dapat berubah-ubah.
    • Persiapkan perlengkapan seperti tabir surya, topi, kacamata,masker,sleeping bag dan bawa bekal dari rumah untuk menemani mu di perjalanan tapi ingat ya sampahnya jangan di buang sembarangan.
    • Jangan lupa untuk hindari cuaca hujan, maka rencanakan kedatangan mu dari jauh-jauh hari untuk itu lakukanlah pendakian di awal musim kemarau. 


    Menghabiskan liburan di alam memang menjadi obat mujarab untuk melepas penat. Apalagi Malang memiliki begitu banyak pilihan. Nah, bagaimana ? tertarik ingin mengunjunginya? Dari ketiga gunung diatas, yang mana yang akan kamu kunjungi ? Jangan lupa ajak temanmu juga ya, supaya petualanganmu semakin menyenangkan ya !



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.