Pahami 8 Jenis Kursi Ini dan Kegunaannya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

furniture kursi rotan

Severina Ratih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juni 2021

Selasa, 13 Juli 2021 10:52 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Pahami 8 Jenis Kursi Ini dan Kegunaannya

    Kursi memiliki jenis yang sebenarnya berbeda fungsi. Salah menggunakan kursi dapat menyebabkan beberapa masalah hingga pada kesehatan tulang kammu, lho!

    Dibaca : 437 kali

    Kursi merupakan salah satu furniture yang keberadaannya sangat penting dimana pun kamu berada. Saat kamu di pusat perbelanjaan pun pasti tersedia kursi untuk kamu beristirahat sejenak. Kursi sendiri menjadi penting keberadaannya karena berfungsi untuk menopang badan kamu saat duduk.

    Kursi sendiri memiliki beberapa jenis yang fungsinya berbeda-beda, tergantung pada dimana kamu menempatkannya. Tetapi, yang harus diketahui dari kursi yaitu, kursi harus ergonomis untuk semua aktivitas kamu. Jika kursi ini tidak ergonomis maka fungsi kursi untuk menopang badan kamu tidak berjalan dengan baik.

    Kursi sendiri harus ergonomis atau nyaman untuk kamu gunakan sehingga saat beraktivitas tidak akan menyebabkan kelelahan berlebih. Jika kursi kamu tidak nyaman untuk digunakan maka akan membuat kamu mudah lelah. Selain itu, kamu juga harus tepat memilih kursi yang sesuai dengan kegunaannya. Jika salah bukan nyaman yang kamu dapatkan, tapi kelelahan pada badan.

    Jenis kursi sendiri dibedakan berdasarkan tempat dan fungsinya. Ada kursi yang khusus dibuat untuk makan di meja makan. Ada juga kursi yang dibuat memang khusus untuk bersantai. Nah, berikut ini 8 jenis kursi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan fungsinya!

    Armchair

     

    furniture arm chair

    Kursi jenis ini memiliki sandaran tangan pada kedua sisi kursi. Biasanya kursi ini diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Armchair biasanya didesain khusus untuk diduduki oleh satu orang saja.

    Kursi ini biasanya juga digunakan oleh banyak orang untuk diletakkan di kamar atau ruangan lainnya sebagai kursi bersantai.

    Wingback chair

    furniture wingback chair

    Kursi jenis wingback chair ini memiliki bentuk desain yang khas dengan sandarannya yang menonjol keluar seperti sayap. Kursi jenis ini biasanya didesain khusus untuk satu orang saja seperti armchair.

    Furnitur kursi ini bisa kamu gunakan untuk bersantai di pagi hari atau sore hari sambil menikmati secangkir teh.

    Sofa

    furniture sofa

    Jika dua jenis kursi sebelumnya hanya didesain khusus untuk satu orang, maka jenis kursi yang satu ini didesain untuk lebih dari satu orang. Sofa sebenarnya berbentuk sama seperti armchair hanya saja sofa memiliki ukuran lebih panjang daripada armchair. Ukuran yang lebih panjang ini ditujukan untuk diduduki oleh beberapa orang.

    Jadi, kamu bisa bersantai dan mengobrol di sofa bersama dengan keluarga atau sahabat kamu. Selain itu, sofa memiliki ciri khas khusus yaitu, memiliki bantalan dari busa lembut. Dengan busa lembut sebagai bantalah kamu bisa nyaman untuk duduk di sofa.

    Kursi Goyang

    furniture kursi goyang

    Kursi santai lainnya yang bisa kamu pilih untuk dijadikan furniture di rumah kamu yaitu, kursi goyang. Kursi jenis ini memiliki bentuk desain seperti jenis kursi armchair. Desainnya memiliki sandaran tangan pada kedua sisi kursi dan bentuk kakinya yang melengkung membuat kursi ini bisa bergoyang dan sangat nyaman untuk kamu gunakan.

    Office chair

    furniture kursi kantor

    Office chair atau kursi kantor ini didesain khusus untuk bekerja. Kursi ini didesain untuk dapat diatur ketinggiannya dan memiliki roda di bagian kaki kursi. Selain itu juga bentuk kursi kantor ini didesain mengikuti postur tubuh manusia. Hal ini ditujukan supaya saat bekerja, kamu dapat bekerja dengan baik dan lebih produktif.

    Kursi lipat

    furniture kursi lipat

    Kursi jenis ini memiliki desain hanya memiliki sandaran punggung saja tanpa sandaran tangan, berbeda dengan armchair. Selain itu juga kursi ini memiliki keunikan dalam desainnya, yaitu dapat dilipat.

    Dengan desain seperti ini, kamu dapat memindahkan furniture kursi ini di mana saja dengan mudah. Furniture kursi ini dapat kamu gunakan untuk apa saja seperti bersantai ataupun untuk digunakan dalam suatu acara.

    Bar stool

    furniture kursi bar

    Furniture kursi jenis ini biasanya cocok ditempatkan di meja bar atau area pantry di rumah kamu. Kursi ini didesain tinggi untuk membuat kamu dapat meraih makanan di meja bar yang ukurannya tinggi. Selain itu juga pada kaki kursi, terdapat pijakan kaki sehingga kamu dapat duduk dengan nyaman.

    Dining chair

    furniture kursi makan

    Kursi jenis dining chair ini memiliki desain seperti kursi lipat, bedanya hanya pada kursi makan ini yang tidak dapat dilipat. Bentuknya yang tanpa sandaran tangan di kedua sisi ditujukan agar tetap leluasa saat dipasangkan dengan meja makan.

    Nah, dari penjelasan mengenai kursi dan kegunaannya kamu jadi tahu bagaimana menempatkan dan memilih kursi untuk di rumah kamu. Jangan sampai salah pilih kursi, ya! Kursi yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa membuat kamu kelelahan saat beraktivitas. Semoga membantu!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.