x

mebel rotan

Iklan

Severina Ratih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juni 2021

Selasa, 3 Agustus 2021 17:11 WIB

Penghasil Kerajinan Rotan Terbesar di Indonesia

Mebel rotan merupakan salah satu kerajinan rotan yang paling banyak penggemarnya. Bahkan, penggemar mebel rotan ini sudah sampai mancanegara. Ini dia daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mebel rotan telah menjadi kegemaran banyak orang di Indonesia. Bahkan, mebel rotan sudah terkenal hingga mancanegara. Karakteristik rotan yang ringan dan juga kuat menjadi daya tarik para penggemarnya. Desain dan bentuk yang juga unik menjadi salah satu alasan banyaknya penggemar dari mebel ini.

Mebel rotan dan kerajinan rotan lainnya dibuat menggunakan tanaman rotan. Tanaman rotan ini merupakan tanaman yang banyak ditemui di Indonesia. Awalnya, tanaman rotan hanya digunakan sebagai tali pengikat saja, lho. Tetapi, kini tanaman rotan sudah dijadikan sebagai berbagai perbotan rumah tangga dan kerajinan.

Mebel rotan sendiri dibuat dengan cara menganyam tanaman rotan tersebut menjadi suatu kerajinan. Bahkan, bukan hanya mebel saja, tetapi kamu juga bisa menemukan berbagai kerajinan rotan. Berbagai macam dekorasi, aksesoris, bahkan mainan bisa kamu temukan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di Indonesia, banyak daerah yang menghasilkan kerajinan rotan. Setiap daerah tentunya memiliki karakterisktik tersendiri yang menjadi ciri khas anyaman daerah tersebut. Daerah seperti Kalimantan dan Aceh memiliki motif yang kental akan budaya. Berbeda dengan daerah penghasil rotan di pulau Jawa yang memiliki motif dan teknik anyaman yang hampir sama antar daerah.

Nah, dari beberapa daerah yang menghasilkan kerajinan rotan, ada satu daerah yang menjadi penghasil terbesar di Indonesia. Kementrian Perindustrian dalam situs resminya mengatakan bahwa Cirebon merupakan salah satu pusat industri rotan di Indonesia. Cirebon menjadi daerah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia.

Lebih dari 900 unit usaha pengrajin rotan diperkirakan bergerak di Kota Cirebon. Pengrajin rotan di Kota Cirebon ini sering menghasilkan produk mebel atau furniture. Hasil kerajinan rotan dari para pengrajin di Kota Cirebon ini sendiri bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja. Kerajinan rotan dari para pengrajin ini bahkan telah sampai di mancanegara.

Salah satu kecamatan yang di Kota Cirebon yang menghasilkan kerajinan rotan ini, yaitu kecamatan Weru di Desa Tegalwangi. Hasil kerajinan rotan masyarakat Desa Tegalwangi ini sudah terkenal bukan hanya di benua Asia. Mebel rotan karya masyarakat Desa Tegalwangi ini sudah sampai hingga Amerika Serikat bahkan benua Eropa, lho. Hal ini kemudian membuat sekitar 85 persen kerajinan dan mebel rotan di dunia berasal dari Kota Cirebon.

Nah, itu dia daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia! Selain Kota Cirebon masih banyak lagi daerah di Indonesia yang menghasilkan kerajinan rotan. Sebagai warga negara Indonesia juga harus pilih mebel lokal, nih. Cintai produk-produk Indonesia!

Ikuti tulisan menarik Severina Ratih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler