Mainan Kayu Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Anak - Urban - www.indonesiana.id
x

mainan kayu

Severina Ratih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juni 2021

Jumat, 23 Juli 2021 06:32 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mainan Kayu Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


    Dibaca : 512 kali

    Memilih mainan untuk anak sebagai media yang membantu tumbuh kembang anak memang sulit. Pasalnya, banyak sekali mainan anak di pasaran yang tidak layak dari segi material dan bentuknya. Semakin banyak oknum produsen mainan anak yang justru memilih bahan dan pewarna yang tidak ramah anak.

    Hal ini menyulitkan para orang tua dalam memilih mainan mana yang baik untuk tumbuh kembang anak mereka. Tentunya dalam memilih mainan untuk anak, para orang tua harus memastikan terlebih dahulu apakah material serta pewarna dari mainan tersebut aman untuk anak.

    Selain itu juga para orang tua harus pandai dalam memilih mainan sesuai dengan umur anak. Jangan sampai mainan anak usia sekolah dasar diberikan kepada anak usia balita. Tentunya akan berbahaya bagi balita yang di usianya masih suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

    Mainan anak bematerial kayu dapat menjadi salah satu pilihan para orang tua untuk anak mereka. Mainan bermaterial kayu memiliki kelebihan dari segi bahan maupun manfaat bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Berikut ini rangkuman kelebihan dari mainan bermaterial kayu.

    Menstimulasi kreativitas

    Menstimulasi otak sejak dini itu sangat penting, lho. Anak yang diberikan stimulasi pada otaknya maka perkembangannya akan semakin baik. Orang tua harus melakukan stimulasi pada otak anak sejak dini sehingga perkembangannya akan lebih cepat dan tentunya terarah. Anak yang tidak diberikan stimulasi otak sejak dini akan memiliki perkembangan yang lebih lambat.

    Mainan anak bermaterial kayu kebanyakan yang beredar di pasaran merupakan mainan yang dibuat untuk menstimulasi otak anak untuk berpikir dan berimajinasi. Mainan bermaterial kayu seperti balok sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak.

    Mainan balok bisa dibentuk ke dalam beberapa bentuk benda yang tidak terlalu sulit untuk anak tiru. Misalnya, bangunan Gedung, jembatan, rumah, dan lain-lain. Bentuk yang tidak sulit akan lebih mudah anak tiru dan membantu perkembangan otak anak.

    Merangsang indera

    Kegiatan bermain menjadi sangat penting bagi anak usia dini. Bermain menjadi salah satu sarana anak untuk berkembang baik dari segi otak maupun sosialnya. Selain itu, bermain juga baik untuk merangsang fungsi dari panca indera anak. Saat bermain tentunya anak menemui berbagai macam benda dengan bentuk dan tekstur yang berbeda.

    Mainan bermaterial kayu memiliki tekstur yang berbeda dengan mainan berbahan plastik atau besi. Kayu memiliki tekstur permukaan yang berserat serta bau yang khas. Hal ini dapat membantu anak merangsang inderanya untuk merasakan dan lainnya.

    Banyak perbedaan-perbedaan yang dapat dirasakan oleh anak saat bermain dengan mainan bermaterial kayu.

    Tahan lama

    Mainan anak bermaterial kayu memiliki ketahanan yang lebih lama jika dibandingkan dengan material lainnya. Mainan anak bermaterial kayu biasanya dibuat dengan bahan kayu solid yang mana lebih tahan lama. Kayu solid memiliki struktur yang padat sehingga tidak mudah pecah jika terbanting oleh anak.

    Ramah anak

    Selain bahannya yang lebih kuat sehingga akan lebih tahan lama, mainan bermaterial kayu juga lebih ramah anak daripada material lainnya.

    Usia anak apalagi pada usia balita seringkali memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Jika orang tua memberikan mainan berbahan plastik dengan bahan pewarna yang berbahaya jika terkonsumsi maka tidak tepat untuk diberikan kepada anak.

    Mainan bermaterial kayu merupakan mainan yang bahannya ramah anak karena kayu merupakan bahan alami. Hal ini menjadi aman untuk anak yang masih pada tahapan suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

    Nah, itu tadi beberapa kelebihan mainan bermaterial kayu! Pilih mainan dengan material yang bagus dan tentunya aman untuk anak pada usia dini. Jangan sampai kamu salah pilih mainan yang malah berbahaya untuk anak usia dini, ya! Semoga bermanfaat!

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.