x

ilustr: Pixabay

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 4 Agustus 2021 06:45 WIB

11 Sifat Pasangan yang Diinginkan dalam Hubungan Jangka Panjang

Ada banyak alasan orang bertahan dalam hubungan intim. Ada alasan yang bersifat situasional, seperti apakah ada pilihan lain yang tersedia dan lingkungan budaya? Dan beberapa diantaranya terkait kepribadian, seperti gaya keterikatan atau kejelasan konsep diri. Ini adalah hasil penelitian baru tentang apa yang kita cari pada orang lain demi sebuah kepuasan hubungan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Poin Penting

• Sebelas ciri utama menentukan apa yang dicari orang dari pasangan dalam hubungan intim jangka panjang.
• Sifat pasangan adalah kunci untuk ketahanan dan kepuasan hubungan jangka panjang.
• Kepuasan hubungan lebih penting untuk beberapa sifat pasangan daripada yang lain.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada banyak alasan orang bertahan dalam hubungan intim—dan banyak alasan kita tidak. Beberapa faktor tersebut bersifat situasional, seperti apakah ada pilihan lain yang tersedia dan lingkungan budaya; beberapa di antaranya terkait dengan kepribadian, seperti gaya keterikatan atau kejelasan konsep diri; sementara yang lain tentang hubungan itu sendiri dan dinamika pasangan.

Mawar dengan nama lain

Bagi kita yang tertarik dengan hubungan jangka panjang, sifat pasangan kita memainkan peran kunci. Peneliti Apostolou dan Christoforou menunjukkan bahwa kencan dan kawin didasarkan pada evolusi. Karena manusia membutuhkan waktu lama untuk berkembang sepenuhnya dan memerlukan upaya intensif untuk memelihara—tidak seperti kebanyakan hewan lain—ada keuntungan kelangsungan hidup untuk ikatan pasangan jangka panjang sehingga investasi induk dapat dimaksimalkan.

Hubungan yang erat tidak hanya memberikan sumber daya langsung yang lebih besar bagi keturunannya, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pasangan untuk menerima dukungan dari keluarga besar gabungan mereka, dan satu sama lain.

Meneliti apa yang kita cari dalam pasangan intim jangka panjang

Ciri-ciri apa yang paling diinginkan dalam pasangan intim jangka panjang? Dalam karya terbaru mereka di Personality and Individual Differences, Apostolou dan Chrisoforou (2021) melaporkan apa yang mereka temukan ketika mereka mensurvei orang-orang tentang karakteristik yang mereka hargai untuk komitmen jangka panjang. Mereka melakukan dua penelitian. Studi pertama digunakan untuk menentukan sejumlah besar sifat pasangan yang diinginkan, yang kemudian disempurnakan dalam studi kedua menjadi faktor-faktor kunci yang menyeluruh.

Yang pertama, menggunakan kombinasi kuesioner online terbuka yang diisi oleh 187 orang dan wawancara mendalam dengan kelompok yang lebih kecil, mereka memeriksa ciri-ciri pasangan apa yang memotivasi peserta untuk tetap menjalin hubungan intim. Untuk kelompok terbuka, peserta diminta untuk menuliskan sebanyak mungkin sifat yang dapat mereka pikirkan, dan untuk kelompok mendalam membahas hubungan saat ini dan masa lalu, dan apa yang memotivasi mereka untuk tetap tinggal, dengan sesi semi terstruktur selama 45 menit. wawancara.

Tanggapan diberi kode oleh mahasiswa pascasarjana terlatih yang bekerja secara independen untuk menentukan kategori, dan kemudian mengumpulkan hasil untuk memastikan kesepakatan dan konsistensi. Secara keseluruhan, mereka menemukan 75 ciri.

Studi kedua melibatkan 1.189 peserta, termasuk 675 wanita dan 511 pria, yang sudah menikah atau belum menikah dan sedang menjalin hubungan. Peserta menilai pasangan mereka saat ini pada masing-masing dari 75 item dari studi pertama, menyelesaikan ukuran kepuasan hubungan yang disebut Skala Penilaian Hubungan, dan ditanya seberapa besar potensi mereka memperkirakan hubungan mereka saat ini harus bertahan lama dan seberapa sulitnya. bagi mereka untuk menjaga hubungan.

Data ini dianalisis menggunakan pendekatan statistik untuk mengidentifikasi kategori ember besar untuk sifat dan hubungan pasangan yang diinginkan dengan kepuasan hubungan, sifat pasangan, dan variabel demografis seperti usia dan jenis kelamin.

Ke-75 sifat terperinci diringkas menjadi 11 faktor penentu (angka dalam kurung adalah varians yang diperhitungkan oleh faktor itu, cerminan kepentingan relatif bagi peserta):

11 Sifat Mitra yang Diinginkan

1. Berkomitmen kepada saya (0,96)
2. Kaya (0,81)
3. Memberi saya kepuasan seksual (0,90)
4. Membuat kompromi (0.92)
5. Setia dan dapat dipercaya (0,91)
6. Juru masak/pembantu rumah tangga yang baik (0,59)
7. Positif (0,84)
8. Menyenangkan bersama (0,85)
9. Baik dengan teman dan keluarga (0,71)
10. Romantis dan sensitif (0,90)
11. Kepentingan bersama (0,87)

Temuan kunci tentang hubungan intim

Dari faktor-faktor ini, ada beberapa korelasi penting. Pertama, dua faktor yang lebih penting semakin lama hubungan itu: setia dan dapat dipercaya, dan baik dengan teman dan keluarga. Faktor-faktor yang terkait dengan harapan untuk hubungan yang lebih tahan lama, dengan mendorong kepuasan hubungan, termasuk setia dan dapat dipercaya, kepuasan seksual, berkomitmen dan menyenangkan untuk bersama.

Jadi, misalnya, mereka yang memercayai pasangannya merasa lebih puas, yang pada gilirannya membuat mereka memprediksi bahwa mereka akan tinggal bersama lebih lama. Hubungan baik dengan teman dan keluarga berkorelasi dengan prospek jangka panjang yang lebih baik terlepas dari kepuasan hubungan saat ini.

Hubungan yang lebih lancar, mereka yang memiliki lebih sedikit masalah yang dirasakan, berkorelasi dengan setia dan dapat dipercaya, berkomitmen, kepentingan bersama, dan faktor kompromi, sementara juru masak/pembantu rumah tangga yang kaya dan baik dikaitkan dengan harapan akan lebih sulitnya mempertahankan hubungan.

Kesenangan bersama dan kepuasan seksual dikaitkan dengan hubungan dengan durasi yang lebih pendek—ini tidak berarti bahwa mereka menyebabkan hubungan berakhir, tetapi mungkin menunjukkan bahwa mereka adalah faktor yang lebih kuat sebelumnya dalam kebersamaan bagi banyak pasangan, cenderung memudar karena orang-orang bersama lebih lama .

Menariknya, sementara penulis penelitian mengharapkan faktor yang berhubungan dengan daya tarik fisik, tidak ada yang ditemukan dalam kelompok ini. Walaupun penampilan fisik penting dalam pemilihan pasangan, mungkin saja dalam kelompok individu yang sudah berpasangan ini, kotak penampilan sudah dicentang.

Akhirnya, penelitian tersebut menemukan bahwa semakin lama orang menjalin hubungan, semakin besar mereka memperkirakan prospek untuk tinggal bersama lebih lama dan semakin sedikit kesulitan yang diantisipasi dalam menjaga hubungan.

Penelitian ini menegaskan banyak hal yang diharapkan orang tentang apa yang kita inginkan dari pasangan yang dapat bertahan, sambil menambahkan nuansa pada pemahaman kita tentang faktor mana yang lebih penting dari waktu ke waktu, dan faktor mana yang gagal. Memahami apa ciri-ciri umum pasangan yang mendorong kepuasan dan ketahanan hubungan dapat memungkinkan kita untuk merenungkan sifat, preferensi, dan prioritas kita sendiri saat kita menavigasi pengalaman yang menantang dan bermanfaat yang ditawarkan oleh keintiman.

***
Solo, Senin, 2 Agustus 2021. 12:44 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler