x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 18 Agustus 2021 18:32 WIB

Pandemi Covid-19, Momentum Wujudkan Satu Rekening Satu Pelajar

Wujudkan satu rekening satu pelajar, Bank Sinarmas gelar edukasi literasi keuangan anak-anak taman bacaan. Agar paham pentingnya menabung sejak dini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bertajuk Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia, Bank Sinarmas hari ini menggelar edukasi literasi keuangan secara virtual akan pentingnya menabung di hadapan 40 anak pembaca aktif usia sekolah di TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor (18/8/2021). Acara yang dibuka Iman Budiman, Pimpinan Bank Sinarmas bertujuan agar anak-anak pelajar sejak dini berani menyisihkan sebagian uang untuk disimpan, bukan menyisakan uang.

Pemaparan edukasi literasi keuangan dilakukan oleh Yoga Ferdhiyan Saputra (Agent Banking Dept Head) dan dihadiri Retno Tri Wulandari (Head of Corporate Secretary) dan tim Bank Sinarmas, Syarifudin Yunus selaku Kepala Program TBM Lentera Pustaka. Selain memperingati HUT Kemerdekaan ke076 RI, acara ini sekaligus merayakan HUT Ke-32 Bank Sinarmas yang sudah tiga dekade menapaki perjalanan panjang di kancah industri perbankan.

“Edukasi literasi keuangan sangat penting dilakukan kepada anak-anak. Agar mereka mberani menabung darupada jajan. Acara ini pun mengajarkan anak-anak untuk berhemat dan menghargai uang. Sehingga dapat mengatur dengan bijak dan bisa mandiri,” ujar Iman Budiman saat membuka acara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sesuai dengan program OJK Satu Rekening Satu Pelajar - KEJAR, webinar ini pun menjelaskan kepada anak-anak Tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) Bank Sinarmas sebagai sarana tabungan untuk siswa dari mulai PAUD sampai dengan Pelajar SMA yang belum memiliki KTP. Tentu, dengan persyaratan mudah dan sederhana. Sebagai konklusinya, Bank Sinarmas pun memproses pembukaan rekening pelajar sekitar 100 anak-anak pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka.

Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk mengajak para pelajar dan generasi milenial agar gemar menabung, di samping upaya meningkatkan literasi keuangan dan mempersiapkan masa depan sejak dini. Karena kebiasaan menabung pun menjadi bagian pendidikan anak agar mandiri secara keuangan. Di samping melatih untuk mempersiapkan masa depan dan memperluas pikiran seperti membaca buku.

Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas selama ini aktif membina dna mendukung kegiatan di TBM Lentera Pustaka. Selain sebagai wujud kepedulian sosial, CSR Bank Sinarmas sering dilakukan untuk mendukung giat membaca anak-anak usia sekolah dari kalangan yang tidak mampu. Selain literasi keuangan, Bank Sinaras pun aktif melakukan edukasi literasi digital dan pemberantasan buta aksara.

Patut diketahui, Sejak berdiri 4 tahun lalu, kini TBM Lentera Pustaka memiliki 168 anak pembaca aktif usia sekolah, dari sebelumnya hanya 60 anak di tahun 2020 dan 14 anak saat berdiri tahun 2017. Selain membaca membaca buku seminggu 3 kali, anak-anak yang berasal dari 3 desa, yaitu Sukaluyu, Tamansari, dan Sukajaya Kec. Tamansari Bogor pun menjadi terbiasa membaca. Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan program -program lainnya seperti 1) Gerakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) dengan 9 warga belajar, 2) Kelas PRAsekolah (Kepra) dengan 25 anak, 3) Sosialisais Anak Difabel 3 anak, 4) YAtim BInaan (YABI) dengan 16 anak yatim, 5) JOMpo BInaan (JOMBI) dengan 8 lansia, 6) Koperasi Lentera dengan 25 anggota, 7) gerakan RAjin menaBUng (RABU), 8) DONasi BUKu, dan 9) LITerasi DIGital rutin seminggu sekali sebagai sentra pemberdayaan masyarakat, di samping menjadi taman bacaan yang inklusif dan ramah anak difabel.

"Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya berterima kasih kepada Bank Sinarmas atas kegiatan edukasi literasi keuangan satu rekening satu pelajar. Melalui acara ini, anak-anak jadi paham pentingnya menabung dan mengelola uang jajannya. Sangat bermanfaat dan program ini bisa jadi model literasi finansial yang konkret. Ada webinar-nya dan dibukakan rekening-nya," ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Sekalipun masih di masa pandemi Covid-19. Webinar literasi keuangan ini mampu menjadi obat dalam menambah wawasan anak-anak taman bacaan. Agar tahu arti penting menabung di bank. Salam literasi #BankSinarmas #TBMLenteraPustaka #SatuRekeningSatuPelajar #ProgramKejar

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB