x

Iklan

Putri Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Agustus 2021

Selasa, 31 Agustus 2021 07:47 WIB

Mahasiswi KKN Unej Bantu Peningkatan Pemasaran Wirausaha Penggilingan Daging

Program Kuliah Kerja Nyata Back To Village 3 Universitas Jember. Salah satu Mahasiswa KKN dari Kelompok 13 yang bernama Putri Ayu Pangestu dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL): Ir.Gatot Subroto, M.P. melaksanakan Pelatihan peningkatan pemasaran dalam berwirausaha di masa pandemi covid-19, yang berlokasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengusung Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat terdampak Covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Sektor ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah kemasan yang masih sederhana. Perlu diakui bahwa produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM sangat enak dan bagus tidak kalah dengan produk yang dihasilkan oleh pabrikan. Namun karena produk UMKM tersebut kemasannya sederhana sehingga penampilannya kurang menarik. Hal inilah yang menyebabkan produk UMKM jangkauan pasarnya terbatas, sulit bersaing dipasaran apalagi pasar modern.

Solusi agar kemasan UMKM tampil lebih menarik dan tidak kalah dengan produk pabrikan. Maka dalam mendesain sebuah kemasan, hendaklah dibuat dengan bentuk, warna, dan tulisan yang menarik dan unik sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya. Kemasan yang unik akan mencuri perhatian konsumen untuk memperhatikan produk UMKM dan kemudian akan mempertimbangkannya untuk membelinya. Bisa saja terjadi, seorang konsumen pada awalnya tidak tahu produk anda, tapi karena produk UMKM memiliki kemasan yang menarik maka ia menjadi tertarik dan membelinya.

Pada dasarnya desain kemasan mempengaruhi apa yang ada di dalamnya. Karena itu pengaruh bentuk, warna, bahan, desain kemasan dapat mempengaruhi konsumen. Perilaku konsumen yang semakin kritis terhadap kemasan produk, terlebih untuk kemasan produk makanan harus mendapat perhatian khusus. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan, mudah dibawa, serta aman dan tidak menimbulkan kontaminasi pada makanan, serta memberikan informasi produk yang memadai akan menjadi pilihan konsumen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Strategi pemasaran berbasis teknologi juga dapat menjadi kekuatan utama mendongkrak penjualan produk-produk UMKM. Pemasaran berbasis teknologi atau pemasaran digital merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan dan memperkenalkan sebuah merek dagang dengan menggunakan media digital. Digital marketing dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Pada masa ini media social menjadi tools pemasaran berbasis teknologi. Berbagai media social terus memperbaiki dan menambah fitur untuk mempermudah penggunanya dalam memasarkan produk. Sebagai contoh, whatsapp, facebook,    dan instagram memiliki fitur promosi bagi penggunanya yang menjalankan bisnis. Fitur ini memudahkan pelaku bisnis dalam menyebarkan informasi.

Terdapat berbagai macam bidang UMKM di Kabupaten Bondowoso, salah satunya di Kelurahan Kotakulon ada UMKM penggilingan daging yang terkena dampak dari pandemi covid-19, yaitu mengalami penurunan tingkat penjualan. Hal ini yang menyebabkan saya melakukan pelatihan  pentingnya kemasan produk yang menarik dan media online   dalam berwirausaha. Maka saya memberikan solusi dalam membantu membuat logo produk dan media online agar dapat menarik perhatian konsumen terhadap UMKM penggilingan daging dan mempermudah pemasaran serta promosi produknya. pelatihan ini dapat memberikan dampak baik bagi pemilik usaha dan dapat meningkatkan hasil penjualan produknya. Menjadikan UMKM penggilingan daging terpercaya dan terbaik.

Hasil dari program kerja yang saya buat, saat ini produk dari penggilingan daging menjadi menarik karena kemasan yang lama hanya polosan, sekarang sudah berlogo sehingga mampu menarik pelanggan. Pelatihan dan pembuatan akun media sosial juga berdampak baik dalam hal promosi sehingga sasaran saya dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan lewat handphone. Hal ini juga membantu meningkatkan penjualan pemilik usaha

Ikuti tulisan menarik Putri Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler