Hati-hati Jika Furniture Anda Tidak Ergonomis - Urban - www.indonesiana.id
x

Ergonomis kerja

Tony Sant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Selasa, 21 September 2021 07:39 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Hati-hati Jika Furniture Anda Tidak Ergonomis

    Kursi yang tidak ergonomis dapat mengakibatkan penyakit tulang belakang seperti skoliosis dan lordosis. Tidak hanya itu saja, juga dapat berdampak pada tulang ekor dan peredaran darah di kaki yang tidak lancar. Estettika perlu, tapi ergonomis juga penting.

    Dibaca : 743 kali

    Apakah kalian pernah dengar istilah atau kata-kata ergonomi? Mungkin terkadang ketika kita sedang membuka website/aplikasi di handphone maupun laptop seringkali muncul kata ergonomi.

    Kebanyakan kata tersebut muncul pada iklan produk yang muncul atau juga pada artikel dan tips-tips. Nah, dari sekian seringnya kalian membaca dan mendengar kata ergonomi itu, apakah kalian mengerti apa maksudnya? Kalau belum tau, yuk sekarang kita bahas! Apa itu Ergonomi? Kata ergonomi itu berasal dari bahasa Yunani, yaitu Ergos dan Nomos.

    Ergos sendiri memiliki arti yaitu kerja, dan Nomos artinya aturan. Jadi secara singkat Ergonomi dari namanya sendiri artinya adalah “Aturan Kerja”. Jadi, ergonomi itu merupakan studi yang mempelajari tentang posisi tubuh manusia yang baik dan benar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Ergonomi memiliki banyak konteks dan ruang lingkup, seperti Teknik, Fisik, Pengalaman Psikis, Anatomi, Anthropometri, Sosiologi, Fisiologi, Desain, dan masih banyak lagi.

    Ergonomi biasanya banyak di aplikasikan pada posisi kerja, proses kerja, tata letak tempat kerja kegiatan. Sekarang ergonomi paling banyak di aplikasikan pada produk mulai dari sepatu, hingga yang banyak jenisnya yaitu furniture. Furniture yang menerapkan ergonomi adalah furniture yang dibuat berdasarkan studi yang melibatkan bentuk tubuh manusia saat berkegiatan, anthropometri atau ukuran tubuh. Tak hanya itu, tetapi juga ukuran seperti tinggi, panjang, lebar, dan sudut yang sesuai pada saat melakukan kegiatan tertentu.

    Mengapa hal hal tersebut diperhatikan hingga sedemikiian rupa dan detail? Tentu saja agar ketika orang menggunakan produk furniture tersebut untuk berkegiatan bisa merasakan kenyamanan. Tidak hanya sekedar kenyamanan, tetapi juga agar posisi tubuh sesuai dengan sebagaimana mestinya. Sebagaimana mestinya yang dimaksud adalah ketika manusia berkegiatan menggunakan furniture tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang maupun pendek. Ergonomi pada Furniture Sekarang banyak perusahaan furniture yang membuat dan menciptakan produk mereka hanya berdasarkan estetikanya saja.

    Memang estetika merupakan satu hal penting yang tidak bisa di pandang sebelah mata. Tetapi ketika produk atau furniture dibuat hanya memikirkan estetika saja, dan tidak memperhatikan ergonominya akan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagai contoh kursi yang tidak ergonomis. Kursi yang tidak ergonomis dapat mengakibatkan penyakit tulang belakang seperti skoliosis dan lordosis. Tidak hanya itu saja tetapi juga dapat berdampak pada tulang ekor, dan juga peredaran darah di kaki yang tidak lancar, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, dapat kita lihat bahwa ergonomi merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat kita pandang sebelah mata. Yuk mulai perbaiki kebiasaanmu yang tidak ergonomi!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.