Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi di Desa Karanganyar Kabupaten Cilacap. - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Foto balai desa Karanganyar di kabupaten Cilacap.

Alzena Salsabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Januari 2021

Rabu, 22 September 2021 20:23 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi di Desa Karanganyar Kabupaten Cilacap.

    Artikel ini merupakan rangkuman kegiatan KKN di Desa Karanganyar yang dilakukan selama kurang lebih 1 bulan.

    Dibaca : 190 kali

    Kegiatan kuliah kerja nyata atau yang biasa disebut dengan KKN merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa semester 6 di Universitas Pendidikan Indonesia. Meskipun di tengah situasi pandemi, akan tetapi kegiatan tersebut tetap dapat dilaksanakan secara daring. Kegiatan KKN gelombang ke 2 di Universitas Pendidikan Indonesia ini mengusung tema "Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional, untuk waktu pelaksanaannya dimulai pada tanggal 26 Agustus 2021 - 26 September 2021.

    Alzena Salsabila merupakan salah satu mahasiswa universitas Pendidikan Indonesia yang saat ini tengah mengikuti kegiatan KKN di Desa Karanganyar, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Terdapat 4 program dalam kegiatan KKN kali ini, 3 program wajib dan 1 program pilihan. 3 program wajib tersebut terdiri dari Program Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains. Sedangkan untuk program pilihan mahasiswa dapat memilih satu dari 3 program yang meliputi Literasi Digital, Literasi Sains, dan Literasi Finansial.

    Kegiatan yang dilakukan pada program wajib meliputi pendampingan peserta didik dengan sassran minimal 10 orang, penguatan pembelajaran daring dengan sasaran minimal 2 orang guru, serta pendampingan orang tua siswa dalam pembelajaran daring dengan sasaran minimal 10 orang. Selain itu, Mahasiswa juga dapat membantu kegiatan administrasi sekolah. Sedangkan kegiatan yang dilakukan pada program pilihan Literasi Digital meliputi mengedukasi dan mendampingi masyarakat mengenai penggunaan media digital secara sehat dan bijak.

    Kegiatan yang dilakukan oleh Alzena Salsabila bertempat di SDN Karanganyar 02 Gandrungmangu dan di sekitar lingkungan tempat tinggal. Selama kurang lebih 3 minggu ini, kegiatan yang dilakukan meliputi memasukkan nilai ke buku induk, membuat video unggulan bertema literasi digital, membuat buku induk perpustakaan, membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, membantu membuat soal untuk Penilaian Tengah Semester, membantu warga melakukan registrasi Banpres BPUM melalui Google Formulir, mengoreksi hasil Penilaian Tengah Semester, serta membuat konten-konten edukasi dan media pembelajaran yang diunggah pada kanal YouTube dan Instagram. Tidak lupa juga untuk membuat artikel berita, bookchapter, membuat video kompilasi, serta menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama sebagai bentuk luaran wajib bagi setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN.

    Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan setiap mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai bentuk kegiatan yang diselenggarakan di wilayah domisili masing-masing, baik kegiatan yang dilaksanakan di sekolah ataupun di lingkungan desa/kelurahan. Selain itu Mahasiswa juga diharapkan dapat menginisiasi pembentukan agen pembaharu untuk melanjutkan kegiatan yang telah dilaksanakan.

    Penulis: Alzena Salsabila

    Prodi: Perpustakaan dan Sains Informasi

    Angkatan: 2018

    Universitas Pendidikan Indonesia



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.