Jenis Pencahayaan yang Sesuai untuk Kamar Tidurmu - Urban - www.indonesiana.id
x

viona bella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 September 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 11:52 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Jenis Pencahayaan yang Sesuai untuk Kamar Tidurmu


    Dibaca : 527 kali

    Kamar tidur adalah salah satu ruangan paling esensial di rumah. Saat kamu pulang ke rumah untuk beristirahat, kamar adalah yang kamu cari. Kamar bisa digambarkan dengan suasana nyaman dan kasur yang empuk. Namun, apakah suasana nyaman di kamarmu sudah sesuai? Seperti apa sih nyaman yang sesuai? Kenyamanan kamar bisa didukung oleh beberapa aspek ergonomi ruang yang harus dipenuhi, salah satunya pencahayaan. Apakah cukup dengan lampu ruangan atau apa perlu ditambahkan lampu tidur? Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak jenis pencahayaan yang sesuai diletakkan di kamar tidurmu!

    1. Task Lighting

    Task Lighting memiliki peranan penting dalam setiap aktivitas di rumah. Saat mengerjakan pekerjaan di kamar, kamu perlu ditunjang oleh pencahayaan yang sesuai agar aktivitas bekerjamu jadi lebih maksimal. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memasang lampu meja belajar yang sesuai dengan style kamarmu. Dengan lampu belajar yang ada, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi dengan baik. Untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, kamu perlu menambahkan lampu dengan intensitas sebesar 400 - 500 lux.

    1. Ambient Lighting

    Pencahayaan ini bertugas untuk menentukan suasana kamarmu secara keseluruhan. Kenyamanan kamar dapat diperkuat dengan adanya tambahan lampu yang redup. Kamu bisa menggunakan lampu yang bisa diatur tingkat intensitasnya sesuai kebutuhan dan pas untuk relaksasimu. Salah satu lampu yang sesuai adalah lampu tidur. Untuk opsi lain, kamu bisa memasang led light di plafon kamar tidurmu. Lampu dengan intensitas sebesar 200 lux, akan sangat sesuai untuk menunjang ambient yang ada di kamarmu.

    1. Accent Lighting

    Pencahayaan satu ini menunjang keindahan kamar yang kamu singgahi. Fungsi utama accent lighting  adalah menampilkan objek tertentu yang diekspos dalam ruangan tersebut. Jika kamu memiliki pajangan kesayangan yang bisa menenangkan hati dari sisi visual, kamu bisa memilih pencahayaan ini sebagai spotlight agar menciptakan suasana yang lebih nyaman. Banyak orang sudah menerapkan accent lighting  dengan cara memasang lampu sorot untuk memperlihatkan dinding bertekstur atau fitur arsitektur yang memiliki nilai artistik bagi para pemilik rumah. Lampu yang bisa kamu gunakan untuk accent lighting adalah lampu dengan intensitas sebesar 10 – 20 lux.

    Ketiga macam pencahayaan tadi, bisa menunjang kenyamanan kamar yang lebih baik. Kamu bisa beraktivitas dengan produktif, setelah itu bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Yuk, mulai menata pencahayaan kamar yang sesuai dengan kebutuhan di kamarmu!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.