x

Iklan

viona bella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 September 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 11:26 WIB

Cara Menghitung Lampu yang Dibutuhkan Kamar Kosmu agar Lebih Nyaman


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai tempat bernaung di perantauan, kos seringkali dirancang sedemikian rupa agar kamu tetap merasa nyaman meski di lingkungan baru. Kos yang nyaman bisa didapat jika kamu mempertimbangkan beberapa aspek, mulai dari penataan sampai penerapan furnitur. Penerapan furnitur yang minimalis juga membuat kamar terasa lapang dan luas, sehingga penggunanya merasa lebih lega dengan kamar kos minimalis mereka. Ada salah satu aspek penting yang tidak kalah dari penerapan furnitur, yaitu pencahayaan. Tahukah kamu kalau pencahayaan bisa berpengaruh pada mood atau suasana hatimu? Itulah alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan aspek pencahayaan untuk menambah suasana nyaman di kamar kos kamu. Kira – kira berapa lampu yang kamu butuhkan dalam kamar kosmu? Yuk, simak artikel berikut!

Untuk mengetahui jumlah lampu yang dibutuhkan kamarmu, kamu harus tahu mengenai standar pencahayaan kamar tidur. Standar pencahayaan lampu tidur adalah 120 – 250 lux. Setelah mengetahui standar pencahayaan, maka kita harus menemukan satuan lumen yang cocok dengan lampu yang akan digunakan dengan cara berikut:

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keterangan:
N = Jumlah titik lampu
E = Kuat penerangan (Lux), kamar standar 120 lux – 250 lux
L = Panjang (Length) ruangan dalam satuan Meter
W = Lebar (Width) ruangan dalam satuan Meter
Ø = Total nilai pencahayaan lampu dalam satuan Lumen
LLF = (Light Loss Factor) atau Faktor kehilangan atau kerugian cahaya, biasa nilainya antara 0,7–0,8
Cu = (Coeffesien of Utillization) (50-65%)
n = Jumlah Lampu dalam 1 titik

Nah, dari sini kita akan tahu jumlah titik lampu yang dibutuhkan di kamarmu. Mari kita mulai menghitung! Studi kasus kamar yang akan kita hitung jumlah lampunya adalah kamar dengan ukuran 3 x 3 meter, dengan bohlam yang digunakan adalah lampu berukuran 900 lumen. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

N = E x L x W / Ø x LLF x Cu x n

N= 120 Lux x 3 x 3/ 900 x 0,7 x 0,5 x 1

N= 1080/450

N= 3,4 dapat dibulatkan menjadi 3 titik.

Dari penghitungan diatas, maka didapatkan kesimpulan bahwa kamarmu membutuhkan 3 titik pencahayaan dengan lampu ukuran 900 lumen agar memenuhi ketentuan pencahayaan secara umum. Selain memenuhi ketentuan pencahayaan, hal ini dilakukan agar suasana kamar kos terasa lebih nyaman. Yuk, bikin suasana kamar lebih nyaman dengan pencahayaan yang baik!

Ikuti tulisan menarik viona bella lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu