Profesi Guru Sekolah Dasar, Apa Saja Kompetensi yang Dibutuhkan? - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustrasu guru di kelas, sebelum pandemi. (dokpri)

RUQYAH DI CIREBON

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Jumat, 8 Oktober 2021 12:39 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Profesi Guru Sekolah Dasar, Apa Saja Kompetensi yang Dibutuhkan?

    Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia, anda akan mengajarkan ilmu kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

    Dibaca : 639 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Profesi Guru Sekolah Dasar, Apa Saja Kompetensi yang Dibutuhkan? – Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia, Anda akan mengajarkan ilmu kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Karena itulah, setiap guru diwajibkan memenuhi kualifikasi dan sikap professional keika mengajar. 

    Guru yang professional di bidangnya tentu menjadi kunci agar siswanya menjadi insan yang berkualitas. Menteri Pendidikan Nasional memberikan standard dan kualifikasi akademik yang akan membantu guru ketika mengajar. Berikut ini merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh guru, baik guru SD ataupun guru jenjang pendidikan yang lain. 

    Macam Macam Kompetensi untuk Guru 

    Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh, sebagai guru sekolah dasar Anda wajib mengetahui kompetensi tersebut. Keempat kompetensi ini adalah kompetensi intelektual, professional, pedagogic dan juga sosial, berikut adalah rincian masing-masing kompetensinya. 

    A. Kompetensi Pedagogik

    Merupakan kompetensi dimana guru harus mengetahui karakteristik siswa yang diajar, baik aspek moral, emosional maupun intelektual. Implikasi tersebut diambil karena gutu harus menguasai berbagai teori belajar, terutama prinsip prinsip dalam belajar bagi murid.

    Nantinya guru harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta didik, mengaktualisasikannya dengan kemampuan dan kompetensi materi, serta melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Pedagogic sendiri merupakan ilmu pendidikan yang ditekankan pada pemikiran dan perenungan, terutama yang berkaitan dengan pendidikan. 

    Beberapa aspek yang harus dimiliki oleh guru sekolah dasar terkait dengan kemampuan pedagogic adalah:

    - Penguasaan karakteristik pada peserta didik, berupa moral, kultural,hingga sosial dan intelektual. 

    - Penguasaan pada teori belajar yang digunakan, serta mampu mengembangkan kurikulum terkait dengan bidang yang diampu. 

    - Memanfaatkan teknologi informasi guna memudahkan kegiatan penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan aktifitas belajar. 

    - Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. 

    B. Kompetensi Kepribadian 

    Berikutnya adalah kompetensi kepribadian, kompetensi ini berkaitan dengan tingkah laku dan sikap yang dimiliki oleh guru. Nilai nilai yang dipakai dalam keseharian adalah nilai yang luhur, yang terpantul dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah mengangungkan budaya bangsa yang rela berkorban, sebagaimana falsafah Pancasila. 

    Setiap guru memiliki kepribadiannya sendiri, terdapat pula ciri yang membedakan antara satu guru dengan guru yang lain. Dalam dunia pendidikan, guru harus memperhatikan penampilan, tindakan, ucapan, hingga cara berpakaian agar memberikan contoh yang baik bagi peserta didiknya.

    Secara terperinci, inilah beberapa kompetensi kepribadian yang harus dimiliki oleh guru sekolah dasar, diantaranya:

    - Memiliki akhlak yang mulia, arif dan bijaksana. 

    - Berwibawa, memiliki emosi yang stabil, serta dewasa.

    - Merupakan pribadi yang jujur, serta mampu menjadi teladan bagi peserta didik dan orang lain. 

    - Dapat mengevaluasi diri sendiri secara objektif. 

    - Siap mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. 

    C. Kompetensi Profesional

    Kompetensi lain yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi professional, kompetensi ini merupakan kemampuan dan perencanaan yang harus dimiliki oleh guru. Guru nantinya memiliki tugas untuk mengarahkan pembelajaran, sehingga penyampaian pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

    Kompetensi professional yang dimiliki oleh guru diantaranya adalah kemampuan untuk memiliki keterampilan akademik, sikap yang baik secara pribadi, serta memiliki kemampuan dalam bidang akademik dan sosial. Kompetensi ini harus dimiliki oleh semua guru di jenjang pendidikan. 

    Beberapa kompetensi professional yang harus dimiliki oleh guru sekolah dasar adalah:

    - Ketika memberikan materi, seorang guru harus memiliki sumber materi yang tidak pernah kering. 

    - Memberikan metode mengajar yang tepat sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal. 

    - Melakukan evaluasi, baik secara praktis ataupun teoritik. 

    - Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu dengan kreatif.

    D. Kompetensi Sosial

    Terakhir adalah kompetensi sosial, merupakan kompetensi dimana guru menyesuaikan diri dengan tuntutan dan lingkungan kerja. Peran yang dimiliki oleh guru berbeda dengan profesi lain, terutama di lingkungan masyarakat. 

    Ada beberapa kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh guru, yakni mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki sifat yang simpatik, serta mampu bekerja sama dengan Komite Sekolah. Guru juga akan lebih baik jika mampu melakukan komunikasi dua arah dengan kolega kerja ataupun mitra pendidikan. 

    Beberapa kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh guru sekolah dasar adalah:

    - Memahami dunia kerja dan lingkungan tempat tinggalnya dengan baik. 

    - Mampu melakukan komunikasi dengan baik, utamanya secara lisan, tulisan dan juga isyarat. 

    - Menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dan membagikan informasi secara efektif. 

    - Bergaul secara santun dengan masyarakat dengan menerapkan berbagai norma yang berlaku.

    - Jenjang Karir yang Dimiliki oleh Guru Sekolah Dasar

    Jenjang karir yang dimiliki oleh guru, terutama yang mengajar di sekolah dasar cukup kompleks. Anda tidak hanya harus menjadi guru mata pelajaran tertentu, untuk sekolah dasar, kadang Anda harus mengajarkan berbagai mata pelajaran sekaligus. Apalagi jika jumlah tenaga penjagar terbatas. 

    Selain mengajarkan mata pelajaran lain, Anda bisa juga menjadi wali kelas. Tidak pula semua guru merupakan lulusan pendidikan, untuk meniti karir menjadi guru, Anda bisa meniti karir sebagai guru honorer atau guru kontrak. Setelahnya nanti Anda bisa menjadi guru tetap PNS sesuai dengan bidang belajar yang ingin diampu. 

    Apalagi Anda sudah lama menjadi guru sekolah dasar, bukan tidak mungkin Anda akan diangkat menjadi kepala sekolah. Anda juga bisa meniti karir di bidang lain, misalnya menjadi komite sekolah ataupun guru di jenjang sekolah yang lebih tinggi. 

    Tugas Guru Sekolah Dasar

    Agar Anda yang ingin berkarir menjadi guru untuk jenjang SD mengetahui secara rinci tugasnya, berikut adalah rincian tugas guru SD secara umum, diantaranya adalah:

    - Mengajarkan Mata Pelajaran Khusus

    Untuk sekolah SD negeri dan sederajat, umumnya kebutuhan guru mencukupi, tidak heran Anda akan mengampu satu mata pelajaran khusus. Misalnya olahraga, bahasa Inggris atau agama. Anda nantinya akan mengajarkan mata pelajaran di kelas tertentu saja, misalnya hanya di kelas 6 atau kelas 5. 

    - Mengajarkan Mata Pelajaran Umum 

    Jika tenaga pengajar di sekolah dasar tidak mencukupi, seorang guru umumnya mengajarkan beberapa mata pelajaran sekaligus. Mata pelajaran agama, kewarganegaraan ataupun bahasa bisa diampu untuk satu guru. Tidak jarang Anda juga mengajar di beberapa kelas sekaligus.

    Membuat Rencana Pembelajaran 

    Meskipun sederhana, guru sekolah dasar diharuskan untuk membuat silabus pembelajaran. Dengan begitu, siswa dapat memahami materi pembelajaran secara bertahap. Pembuatan silabus bisa dilakukan secara mandiri atau mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah.

    Di Indonesia, kesejahteraan guru belum terjamin secara maksimal, banyak guru yang sudah mengabdi dalam waktu lama, namun tidak mendapatkan jenjang karir. Meski demikian, mereka tetap mengajar sesuai dengan kewajibannya tanpa memikirkan balasan materiill atau non materiil. 

    Demikianlah rincian mengenai kompetensi, jenjang karir dan tugas yang harus dilakukan oleh guru sekolah dasar. Anda yang sudah mendapatkan ilmu Ruqyah Cirebon mengenai tekhnik mengajar khusus untuk siswa SD sederajat bisa mendaftar sebagai tenaga pendidik. Tidak menutup kemungkinan program studi lain juga bisa mendaftar sebagai guru SD. 

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.