Sama-sama Peduli Pesisir Morowali, IMIP Gandeng Sombori Dive Conservation (SDC) - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Potret bersama PT IMIP dan Sombori Dive Conservation. Sumber foto: kabarluwuk.com

Tania Adin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Senin, 11 Oktober 2021 06:07 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Sama-sama Peduli Pesisir Morowali, IMIP Gandeng Sombori Dive Conservation (SDC)

    Sombori Dive Conservation (SDC) Morowali baru saja dianugerahkan Penghargaan Kalpataru 2021 oleh Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup. Melihat kesamaan visi dan misi dalam menjaga lingkungan Morowali terutama di pesisir, PT IMIP yang juga menjadikan pembenahan lingkungan Morowali sebagai perhatian utama kemudian mengapresiasi serta menggandeng SDC untuk bekerja sama wujudkan lingkungan Morowali bebas pencemaran dan kerusakan.

    Dibaca : 400 kali

    Penghargaan Kalpataru 2021 berhasil diraih oleh Sombori Dive Conservation (SDC) dan hal tersebut diapresiasi oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) karena telah mengharumkan nama Morowali. 

    Penghargaan Kalpataru 2021 kategori Penyelamat Lingkungan diberikan ke SDC atas jasa-jasanya merawat dan terus menjaga lingkungan di Morowali. SDC diketahui memang aktif memerhatikan permasalahan lingkungan khususnya lingkungan bawah laut. Seperti memprakarsai gerakan Kampanye Stop Destructive Fishing (DF) dan Illegal Fishing (IF) pada Maret 2021 silam hingga meminta pemerintah untuk rehabilitasi terumbu karang di Wisata Pulau Sombori.

    Apa yang dilakukan SDC sangat sejalan dengan yang dijunjung tinggi oleh PT IMIP yaitu peduli terhadap lingkungan.

    Irsan Widjaja selaku Direktur Operasional PT IMIP, mengatakan, isu pelestarian lingkungan menjadi fokus utama perusahaan dalam mengelola lingkungan secara berkelanjutan sejak kawasan industri PT IMIP berdiri.

    Jika SDC gencar rehabilitasi terumbu karang, maka PT IMIP beraksi dengan rehabilitasi mangrove hingga berencana membuka lahan seluas 30 Ha demi tanaman pelindung dunia tersebut.

    Gerakan rehabilitasi mangrove bukan baru-baru ini saja dilakukan IMIP namun sudah dari tahun 2020, sejalan dengan rencana Kementerian Lingkungan Hidup yang akan lebih serius lagi menggarap rehabilitasi mangrove di sejumlah wilayah Indonesia.

    “Kita targetkan setiap tahun, kita akan melakukan rehabilitasi 30 hektar lahan mangrove yang ada di pesisir Morowali dan tentu saja di Sulawesi Tengah. Ini telah kita laksanakan sejak 2020 kemarin,” kata Irsan Widjaja selaku Direktur Operasional PT IMIP.

    PT IMIP yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan beberapa instansi di Morowali dari pihak Kecamatan Bahodopi, Universitas Tadulako di Palu hingga komunitas pecinta alam berencana untuk menggandeng SDC Morowali untuk menggodok pelestarian ekosistem pesisir Morowali secara berkelanjutan sebagai salah bentuk apresiasi yang diberikan.

    "Kita juga patut berbangga, karena daerah kita ini telah mendapat perhatian yang lebih dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup, melalui penghargaan Kalpataru 2021,” jelas Irsan Widjaja pada Jumat (8/10/2021).

    Kasmudin, Ketua SDC Morowali merespon baik atas apresiasi yang telah diberikan PT IMIP sebagai dukungan kepada pihak SDC yang telah meraih penghargaan Kalpataru 2021 kategori penyelamat lingkungan. 

    Penggagas Sombori Dive Conservation tersebut berharap dengan Penghargaan Kalpataru 2021 yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup ini dapat menjadi memotivasi semua pihak dari warga, pemerintah hingga pelaku industri sekitar untuk terus peduli pada ekosistem pesisir yang ada di Morowali.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.