PkM Dosen Unpak Ingatkan Pentingnya Gizi Anak Saat Sekolah Tatap Muka - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 12 Oktober 2021 11:46 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • PkM Dosen Unpak Ingatkan Pentingnya Gizi Anak Saat Sekolah Tatap Muka

    Menghadapi tatap muka di kelas, PkM dosen Unpak ingatkan pentingnya gizi seimbang siswa untuk perkuat imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19

    Dibaca : 385 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Peserta didik diimbau untuk memperhatikan asupan gizi saat menjalani pertemuan tatap muka (PTM) sekolah di masa pandemi Covid-19. Agar imunitas  tubuh peserta didik tetap kuat sehingga terhindar dari penyebaran Covid 19, di samping tetap menerapkan protokes yang ketat. Imbauan itu dipaparkan saat kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Universitas Pakuan (Unpak) di SD Kesatuan Bogor secara daring (8/10/2021).

     

    Bertajuk "Gizi Seimbang untuk Tumbuh Optimal", kegiatan ini dihadiri 100 peserta yang terdiri dari siswa grade 1-3, orang tua,  guru, dan kepala sekolah. PkM Unpak ini melibatkan para dosen dari berbagai fakultas secara kolaboratif sebagai realisasi pengabdian kampus kepada masyarakat.  “Dalam menghadapi pertemuan tatap muka atau PTM di sekolah, peserta didik harus diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang. Agar tubuh tidak rentan dari terpapar Covid-19 atau penyakit lainnya” ujar Cantika Zaddana, S.Gz., M.Si, dosen Unpak sekaligus Kapus Penjaminan Mutu Internal Unpak.  

     

    PkM yang digelar dosen Unpak merupakan bagian dari kewajiban para dosen untuk memberikan informasi dan pengetahun kepada masyarakt. Di samping tradisi akademis untuk Pendidikan-pengajaran dan penelitian.  Sesuai amanat UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 20 dan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 45. Intinya, insan kampus wajib terjun ke masyarakat untuk mempraktikkan ilmu yang dimilikinya.

     

     “SD Kesatuan menyambut baik PkM Unpak ini sebagai bukti adanya sinergi antara sekolah dan kampus. Kegiatn yang saling menguntungkan dalam konteks mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dan daya saing sumber daya manusia” kata Joko Priambodo, S.Pd, Kepala SD Kesatuan dalam ssambutannya.

     

    Dimoderatori oleh Dini Valdiani, M.Si, dosen FISIB Unpak, kegiatan PkM Unpak diisi berbagai aktivitas untuk menstimulasi minat belajar siswa, antara lain penggunaan platform pembelajaran berbasis digital yang disajikan oleh Sara Nurmala, M.Farm. Selain materi tentang Gizi Seimbang Untuk Tumbuh Optimal peserta didik.

     

    Penggagas PkM Unpak kali ini, Dr. Yuyun Elizabeth, M.Pd menjelaskan Kerjasama SD Kesatuan dan Unpak sudah berlangsung lama. Diantaranya menjadi tempat magang mahasiswa FKIP Unpak dna Program Sea-Teacher, untuk memberikan pengalaman magang kepada mahasiswa internasional yang berasal dari Filipina dan Thailand bersama mahasiswa Unpak magang selama 1 bulan penuh.

     

    Melalui PkM dosen dari berbagai fakultas sekaligus komunitas Unpak Goweser berharap akan terus mengadakan kegiatan bermanfaat dan terus berkontribusi secara kolaboratif kepada masyarakat secara konkret.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.