Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Ruang Makan - Urban - www.indonesiana.id
x

Geraldo Indaharto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 07:36 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Ruang Makan


    Dibaca : 714 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

                    Makan merupakan kegiatan yang pasti kita lakukan setiap hari. Melakukan Kegiatan ini sebenarnya dapat dimana saja. Ada yang makan di ruang keluarga, ada yang makan di kamar tidur, dan di ruang makan itu sendiri. Meskipun fleksibel, sebaiknya melakukan kegiatan makan di ruang makan. Mengapa? Ruang makan memiliki meja dan kursi makan dengan ukuran yang sesuai standar agar kita dapat makan dengan nyaman. Jika tak memilliki ruang makan, Berikut ini ukuran meja makan dan kursi yang nyaman untuk kegiatan makan.

    Ukuran kursi makan standar

                    Ukuran kursi makan sendiri memiliki tinggi yang lebih tinggi dari sofa maupun kursi santai. tinggi dudukan kursi untuk makan sendiri kurang lebih sama dengan kursi kerja yaitu sekitar 45cm hingga 50cm. Mengapa demikian? Agar kita dapat duduk dengan tegak dan fokus dengan makanan dan minuman yang akan kita santap.

                    Panjang Kursi makan yaitu 50cm hingga 60cm, sementara lebarnya sendiri 45cm hingga 55cm. Kursi makan yang baik sebaiknya bersifat personal yaitu, satu kursi untuk satu orang. Kursi makan yang memanjang untuk beberapa orang, biasanya berpotensi lebih tinggi untuk mengganggu satu sama lain sehingga membuat makan menjadi tidak fokus.

                    Tinggi sandaran sendiri ¾ tinggi punggung orang dewasa yang menyandar pada kursi. Yaitu rata-ratanya 45cm hingga 60cm menyesuaikan bentuk dan desain.

    Ukuran meja makan standar

                    Lebar meja makan sendiri sebaiknya setiap orang memiliki lebar ruang 60cm hingga 75cm untuk makan agar terasa tidak sempit dan sesak saat makan. Tinggi meja sendiri menyesuaikan kursi terdapat rentang sekitar 20cm dari dudukan kursi ke bagian atas kolong meja agar kaki tidak menempel pada meja saat kursi maju. Rata-rata tinggi meja makan yaitu 75cm atau sekitar 25cm sampai 30cm dari dudukan kursi.

                    Memang tidak semua orang memiliki ruang makan. Dengan ukuran-ukuran yang ada semoga dapat menjadi acuan supaya dapat makan dengan nyaman di rumah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.















    Oleh: Surya Ningsi

    5 hari lalu

    Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik

    Dibaca : 14.077 kali

    Pembelajaran di masa pandemi covid-19 menuntut guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam membelajarkan peserta didik. Selain guru harus menyiapkan rancangan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, evaluasi dan penilaian, guru juga dituntut untuk terampil menggunakan teknologi agar mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk menjawab tantangan tersebut adalah melakukan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Strategi PLICIK (Pembelajaran Literasi, Inspiratif, Cerdas, Inovatif dan Kreatif) berbasis Flipped Classroom mendukung program pemerintah untuk mewujudkan merdeka belajar. Setiap peserta didik diberikan kebebasan untuk mempelajari materi melalui literasi, didukung oleh bahan ajar yang beragam bentuknya disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan diekspresikan dalam wujud produk sebagai bentuk kolaborasi, kreativitas dan inovasi peserta didik yang dapat menginspirasi banyak orang. Guru hanya memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam dengan melihat keunikan dan potensi dalam diri masing-masing peserta didik. Tidak adanya paksaan, sanksi dan reward dalam pembelajaran ini mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar peserta didik.