x

Iklan

Diary Bunga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Oktober 2021

Senin, 8 November 2021 06:09 WIB

Jangan Asal Petik, Ini 7 Bunga Paling Langka di Indonesia dan Dilindungi

Alam Indonesia memiliki banyak jenis tanaman yang salah satunya adalah bunga. Terdapat bunyak bunga cantik yang tumbuh subur di Indonesia, namun terdapat kurang lebih tujuh bunga yang saat ini menjadi langka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Diary Bunga - Tanah kita tercinta Indonesia adalah negara yang memliki tanah yang sangat luas. 

Bukan hanya sangat luas, tapi juga amat subur. Sehingga banyak sekali jenis flora yang tumbuh dengan subur di Indonesia.

Kurang lebih sebanyak 25 ribu jenis atau lebih yang merupakan terdapat sekitar 10% jenis tanaman yang tumbuh di seluruh dunia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Angka yang cukup fantastis karena sebagian tanaman yang tumbuh di seluruh dunia ini juga tumbuh di Indonesia.

Namun, sangat disayangkan ada beberpa jenis tunbuhan yang saat ini sudah memasuki status hampir punah atau langka.

Kelangkaan tersebut disebabkan oleh beragam faktor, entah itu faktor alami ataupun juga karena faktor yang melibatkan tangan manusia.

Akibat dari mulai sulit ditemukannya beberapa jenis tanaman di nusantara, sehingga baik pemerintah, badan peduli hutan dan lingkungan, hingga kalangan masyarakat haruslah turut turun tangan untuk melestarikan dan melindungi tanaman-tanaman langka tersebut.

Dan salah satu jenis tumbuhan adalah bunga. Dan di Indonesia terdapat sekitar tujuh jenis bunga yang sudah sangat jarang bisa ditemukan.

Berikut adalah diantarnya.

1. Bunga Bangkai

 

Pasti saat masa sekolah Andapun pernah membahas tentang salah satu bunga yang terlangka di Indonesia ini. Dan dari namanya  saja pun kita pasti  sudah bisa membayangkan, jika bunga ini memiliki aroma yang tak sedap. Sangat bertolak belakang dengan bunga yang identik dengan aroma wanginya yang sangat khas.

Bentuk bunga ini juga terbilang sangat berbeda dengan jenis-jenis bunga yangserong kita temui. Yang dimana ukurannnya bisa dibilang berukuran raksasa. Yaitu tingginya yang bisa tumbuh hingga 5 meter dan berdiameter 1,5 meter. Namun, sayang bunga yang sangat unik ini sudah sangat jarang bisa kita temui di alam.

2. Rafflessia Arnoldi

 

Banyak orang yang salah faham dengan bunga ini. Bagaimana bisa begitu kak?, hehe. Hal tersebut karena, masih banyak  orang yang menganggap bunga bangkai dengan Rafflesia Arnoldi adalah jenis bunga yang sama. Walaupun emang sama-sama mengeluarkan aroma tak sedap, tapi perlu diingat jika bunga bangkai dengan rafflesia arnoldi adalah dua jenis bunga yang berbeda ya gengs.

Bunga ini juga termasuk ke dalam golongan tanaman yang langka dan dilindungi di indonesia. Ini disebabkan karena bunga cantik ini usianya  sangatlah pendek, dan untuk perkembangbiakannya yang sulit. Kita bisa menemukan bunga ini di daerah hutan Sumatra seperti Bengkulu, Jambi, dan  juga hutan Sumatera Selatan.

3. Edelweiss Jawa

 

Bagi para pecinta alam atau pecinta gunung pada khususnya, pasti tau dengan jenis bunga yang tumbuh di dataran tinggi satu ini. Bunga cantik berwarna putih dan memilik banyak cabang ini sangat menyedihkan karena termasuk ke dalam bunga yang langka.

Padahal dahulu, bunga edelweiss mudah ditemukan di gunung-gunung yang berada di Jawa saat berada di ketinggian 8000 hingga 3400 mdpl. Para pecinta alam pun juga pasti  sangat terpukul dengan berita terbaru  sudah tidak ditemukannya bunga Edelweiss Jawa di kawasan Taman Nasional Bromo.

4. Bunga Kantong Semar

 

Bunga Kantong Semar tergolong ke dalam tumbuhan Insktivora atau tumbuhan pemakan serangga. Bentuknya tergolong unik sesuai dengan namanya  yaitu berbentuk seperti kantingg dan ukurannya pun cukup besar. Di  katupnya terdapat kelenjar nektar yang  mengeluarkan aroma harum yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga untuk singgah di bunga ini. Sehingga ketika masuk ke dalam kantungnya serangga pun bisa dimakan oleh bunga ini.

Kantong Semar bukan hanya terdapat di Indonesia, namun juga di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia, Kantong Semar populasinya sudah mulai  sangat menurun drastis, sehingga termasuk ke dalam tanaman yang langka di Indonesia.

5. Anggrek  Hitam

 

Bunga Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang paling populer di  kalangan para pecinta tanaman dan bunga. Namun berita tidak menyenangkan, karena salah satu jenis bunga Anggrek yang memiliki warna hitam kini telah menurun populasinya di Indonesia.

Anggrek Hitam hanya tumbuh di kawasan hutan Kalimantan dan Papua saja. Ada perbedaan yang terdapat di antara bunga Anggrek Hitam yang tumbuh di Kalimantan dan Papua. Yaitu perbedaannya terletak pada kelopak dan putiknya. Jika Anggrek Hitam yang tumbuh di kawasan hutan Kalimantan kelopaknya berwarna hijau dan putiknya berwarna hitam. Sedangkan yang tumbuh di Papua putiknya berwarna putih. Bunga ini seringkali ditemukan tumbuh di pepohonan atau bebatuan. 

6. Anggrek Hartinah

 

Sangat cantik bentuk dari bunga satu ini. Sehingga kerap dikoleksi oleh para pecinta bunga untuk turut diletakkan di taman atau halaman rumah. Bunga Anggrek Hartinah dulunya pada era tahun 1976, sangatlah mudah ditemukan di daerah pulau Sumatera.

Nama Hartinah sendiri, diambil dari nama istri Presiden Soeharto. Sehingga banyk juga orang yang menyebut bunga ini dengan sebutan Bunga Tien Soeharto. NAmun sangat disayangkan bunga cantik satu ini, di Indonesia populasinya semakin waktu terus menurun dan jarang ditemukan.

7. Anggrek Bulan

 

Bunga cantik satu ini sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai bunga nasional dengan sebutan Bunga Puspa Pesona Indonesia. Meski sudah termasuk ke dalam tumbuhan hias yang langka, namun kabar baiknya adalah sudah banyak orang-orang yang turut membudidayakan dan melestarikan Anggrek Bulan.

Ciri-ciri dari bunga yang memikat banyak pengoleksi bunga adalah kelopaknya yang berukuran besar, daun hijaunya yang lebar dan juga aromanya yang sangat wangi ketika bermekaran.

Dan itulah tujuh jenis bunga langka yang tumbuh di  Indonesia dan termasuk ke dalam tanaman yang dilindungi. Sebagai manusiayang sangat bergantung pada alam, sudah semestinya kita turut andil untuk tetap melestarikan alam agar tetap terjaga kelestariannya.

Ikuti tulisan menarik Diary Bunga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler