Kegiatan PKM Dosen UNPAM Sosialisasi Pentingnya Cyber Security Guna Mengurangi Resiko Tingkat Pencurian Data Kepada Para Karang Taruna Benda Baru Pamulang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Foto Bersama Setelah Kegiatan PKM

Leni Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2021

Rabu, 24 November 2021 07:00 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kegiatan PKM Dosen UNPAM Sosialisasi Pentingnya Cyber Security Guna Mengurangi Resiko Tingkat Pencurian Data Kepada Para Karang Taruna Benda Baru Pamulang

    Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pamulang

    Dibaca : 123 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Foto Bersama Dosen Universitas Pamulang, Mahasiswa dan Anggota Karang Taruna Benda Baru

    Program Studi (Prodi) S1 Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 kepada para anggota Karang Taruna Benda Baru Pamulang. Kegiatan ini lebih mengarahkan kepada sosialisasi tentang pentingnya menjaga keamanan data (cyber security) baik data pribadi berupa perangkat Handphone maupun Laptop. 

    Sebagai ketua PKM, Leni Susanti S.Kom, M.Kom menjelaskan mengapa keamanan data ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat, hal ini dikarenakan para pengguna internet tidak menyadari bahwa pencurian data sangatlah membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Pencurian data ini dapat disalahgunakan sebagai bentuk kejahatan, semakin banyak data yang bocor maka akan semakin tinggi pula bahaya yang mengintai. Penyalahgunaannya bisa berbentuk phising, penipuan berkedok pinjaman online (pinjol), atau juga peretasan akun media sosial untuk menipu keluarga dan kerabat dekat yang dimiliki oleh pengguna terkait.

    "Jadi kegiatan ini memang diharapkan agar masyarakat lebih selektif atau hati-hati dalam menjaga keamanan datanya, khususnya kepada para anggota Karang Taruna Benda Baru, dimana akhir-akhir ini banyak sekali akun WhatsApp yang tiba-tiba berpindah ke orang lain" jelas Leni.

    Dengan semakin maraknya kejahatan pencurian data ini, dihimbau masyarakat khususnya para anggota Karang Taruna Benda Baru Pamulang, agar lebih berhati-hati dalam memberikan data apapun pada saat melakukan pendaftaran pada aplikasi, seperti jangan mudah memberikan (One Time Password) kepada orang lain, jangan asal melakukan foto selfie dengan KTP atau memberikan akses media sosial. Hal ini untuk menghindari adanya pencurian data.

    Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini, yakni para dosen Prodi Teknik Informatika yang terdiri dari Khairudin S.Kom, M.Kom, Akrom, S.Kom, M.Kom, Aniq Astofa S.Kom, M.Kom dan Debby Rahardian Baskhara, S.T, M.Kom beserta dibantu para Mahasiswa dari Universitas Pamulang yakni Erfina Yuanita, Haqun Baitika, Fajar Dwi Haryadi, Melisa Dwi Hestiani dan Solihin.

    Pemaparan Materi oleh Bapak Akrom, S.Kom, M.Kom

     

    Sebagai narasumber Akrom, S.Kom, M.Kom memberikan materi terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan pentingnya Cyber Security. Dalam pemaparannya para peserta dari Karang Taruna diberikan pemahaman tentang pentingnya untuk selalu menjaga keamanan data (cyber-security) baik dari perangkat mobile, laptop atau komputer, terutama dalam hal bermedia sosial. Serta memberikan arahan agar selalu waspada dan selalu membaca term and condition dalam setiap mengisi data pribadi sebelum mendownload atau menggunakan suatu aplikasi untuk menghindari adanya pencurian data dan dapat disalahgunakan oleh pelaku sebagai tindak kejahatan.

    Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dihadiri oleh 17 orang peserta yang terdiri dari ketua, sekretaris dan para anggota Karang Taruna Benda Baru Pamulang.

    Bapak Ghozali Sya'bandi, S.E sebagai ketua penanggung-jawab Karang Taruna sangat berterima kasih dengan diadakannya kegiatan PKM karena sangat menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi informasi dan agar supaya para anggota lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan data pribadi.

    "Dengan adanya kegiatan ini, saya mewakili para anggota sangat berterima kasih karena kami semua jadi mengetahui ternyata sangat berbahaya juga jika kita tidak berhati-hati dalam menjaga data pribadi kita" papar Bapak Ghozali.

    "Kami berharap kedepannya akan diadakan kegiatan PKM seperti ini kembali dengan tema yang lebih menarik dan membawa dampak perubahan kepada kami para anggota Karang Taruna" imbuhnya

    Selain memberikan materi, para Dosen Universitas Pamulang juga memberikan ucapan terima kasih berupa Piagam Penghargaan kepada Organisasi Karang Taruna yang telah bersedia menyediakan tempat dan peserta untuk kegiatan PKM kali ini.

    Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Bapak Ghozali Sya'bandi S.E

     

    Para Dosen Universitas Pamulang berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat berpengaruh besar dalam mengurangi tidak kejahatan seperti penipuan dan kejahatan-kejahatan cyber lainnya. Dan supaya para anggota Karang Taruna dapat membantu memberikan arahan kepada keluarga maupun masyarakat lainnya agar selalu menjaga keamanan data pribadinya baik pada perangkat Handphone maupun Laptop.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.