Cara Menghilangkan Cat Tembok dengan Pembersih Cat - Urban - www.indonesiana.id
x

Pembersih cat tembok yang baik adalah yang tidak memakan waktu lama dan hasilnya memuaskan

Akhmad Tefur S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 September 2020

Kamis, 25 November 2021 06:25 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Menghilangkan Cat Tembok dengan Pembersih Cat

    3 Hal yang harus diperhatikan saat Anda menggunakan paint remover atau pembersih cat tembok agar hasilnya optimal. Ini dia artikelnya....

    Dibaca : 212 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Biasanya, orang yang ingin mengganti warna cat dinding rumahnya akan menghapus terlebih dahulu cat dinding yang lama. Hal ini dilakukan supaya warna tembok dapat kembali netral dan bisa digunakan untuk mewarnai dinding dengan cat yang baru. Apabila anda ingin mengganti cat yang lama, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengelupasnya menggunakan pembersih cat.

    Cat dinding yang sudah lama akan berkurang daya rekatnya secara perlahan. Maka dari itu, diperlukan cat baru untuk mengganti cat lama yang mengalami pengapuran tersebut. Dalam hal ini, menghapus cat lama akan menghasilkan warna yang lebih baik. Maka dari itu, jika anda mengecat tembok secara mandiri atau tidak memakai jasa tukang cat, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

    Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa menghapus cat usang dengan tepat. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab usangnya cat lama. Keragaman faktor tersebutlah yang menyebabkan sulitnya membersihkan cat lama karena setiap dinding memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

    Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi terkait cara menghilangkan cat tembok dengan pembersih cat, diantaranya sebagai berikut:

    1. Siapkan Bahan yang Diperlukan
    Sebelum menghapus cat lama, langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan menyiapkan seluruh peralatan atau atribut yang diperlukan. Misalnya seperti penghapus cat, kuas cat, masker, sarung tangan, amplas, kain lap dan beberapa alat pendukung lainnya.

    Dengan menyiapkan seluruh peralatannya terlebih dahulu, maka nantinya anda tidak kelabakan untuk mencari barang-barang tersebut. Sebab, anda sudah menyiapkannya secara cermat teliti. Tentunya, hal ini juga akan menghemat waktu anda dalam melakukan pengelupasan cat.

    Sekadar informasi, bahwa pembersih cat mengandung bahan kimia yang kuat, sehingga kami menyarankan anda untuk memakai masker. Sebab, apabila bau cat ini sampai terhirup, maka dapat membahayakan kesehatan organ dalam Anda. Maka dari itu, tetap gunakan atribut pengaman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pembersihan cat.

    2. Gunakan Paint Remover
    Jika ingin membersihkan cat menggunakan paint remover atau pembersih cat, otomatis Anda juga harus memiliki barang yang satu ini. Sebab, paint remover menjadi barang utama yang Anda perlukan selama proses pengelupasan cat.

    Pastinya, untuk bisa mendapatkan material yang satu ini tidaklah sulit. Sebab, Anda bisa menemukan paint remover di berbagai toko bangunan di sekitar Anda dengan mudah. Anda juga perlu mengenali jenis-jenis penghapus cat agar bisa memilih produk yang tepat untuk dinding rumah Anda.

    3. Perhatikan Prosedur yang Tepat
    Cara pemakaian penghilang cat tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Asalkan anda mengerti prosedur penggunaannya, maka anda tidak perlu menyewa jasa tukang cat. Pertama-tama, oleskan cairan pembersih cat pada bagian yang ingin dibersihkan. Lalu, biarkan selama 3 menit hingga cat terlihat menggelembung.

    Selanjutnya, hapuslah cat dengan memakai penggosok ketika cat masih dalam keadaan lembab. Pastikan agar anda menekan dengan kuat agar cat bisa mengelupas secara menyeluruh. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa penghapus cat dari dinding dengan memakai kain atau air bersih.

    Jika permukaan dinding sudah kering, gosok menggunakan amplas. Jangan lupa untuk membersihkan dinding dari debu agar proses pengecatan dapat membuahkan hasil yang bagus. Terakhir, anda bisa mengecat ulang dinding menggunakan cat yang baru.

    Itu dia penjelasan mengenai cara menghilangkan cat menggunakan pembersih cat. Karena yang anda gunakan termasuk bahan kima atau chemical maka jangan lupa memperhatikan faktor keselamatan seperti masker dan sarung tangan agar kesehatan anda tetap dapat terjaga selama mengecat ulang dinding rumah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

    Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur

    Dibaca : 88 kali



    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Rabu, 1 Desember 2021 21:39 WIB

    Area Kerja Lesehan untuk Rumah Minimalis

    Dibaca : 101 kali