x

35f1b clear coating mobil cat transparan unntuk mobil Anda

Iklan

Akhmad Tefur S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 September 2020

Rabu, 2 Februari 2022 07:57 WIB

Pentingkah Clear Coating untuk Mobil Anda?

Apa saja fungsi clear coating selain untuk menjadikan mobil lebih mengkipap? Simak artikel pembahasan tentang clear coating di sini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mayoritas kendaraan roda empat saat ini telah menggunakan sistem clear coating atau cat lapisan bening. Satu dekade ini, pemilik mobil di Indonesia sudah menikmati mobil mengkilap yang tahan gores dengan pengaplikasian cat lapisan bening ini.  Sebenarnya, apakah cat lapisan bening ini digunakan untuk sekedar alasan estetika?

Faktor pertama penggunaan clear coating di beberapa negara maju, yang sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu, adalah karena efek lingkungan yang ditimbulkan dari jenis cat mobil lama, terutama cat lapisan atas. Negara-negara maju menganggap bahwa limbah cat mobil merusak lingkungan, serta pantulannya dapat berimbas pada pemanasan global secara signifikan.

Faktor kedua adalah karena clear coating memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Terlebih, tampilan cat lapis beining ini juga jauh lebih mengkilap dan cantik, dimana mobil terlihat lebih elegan. Hal ini menjadi alasan utama bagi para pemilik mobil di negara-negara seperti Eropa, AS dan Kanada, dimana mereka ingin memiliki  mobil dengan cat yang tahan lama, serta ramah lingkungan. Karena itulah, bukan hal asing lagi jika mereka juga sangat memperhatikan perawatan dari lapisan cat bening untuk mobil kesayangan mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perawatan untuk mobil  dengan clear coating memang perlu perhatian khusus. Hal ini tidaklah sulit, meskipun tidak dapat dianggap remeh. Tanpa perawatan rutin dan cermat, maka lapisan bening  pada mobil dapat rusak, dimana  pemilik mobil justru akan rugi dengan ongkos perbaikan.  Perawatan eksterior sama pentingnya dengan perawatan interior kendaraan, sehingga mobil dapat terlihat prima dalam jangka waktu yang lama.

Clear Coat Bukan Cat Utama!
"Banyak pemilik mobil mengira bahwa clear coating adalah cat utama. Mereka mempertahankan warna cat lama, dan melapisinya dengan cat bening. Pada dasarnya, hal ini memang wajar. Tetapi, alangkah baiknya apabila mobil dilapisi cat baru terlebih dahulu, dimana setelah itu cat dilapisi oleh cat bening."  Papar salah seorang dari Eonchemicals di Jakata. Penerapan cat mobil biasa mudah diaplikasikan dalam satu lapisan meski beberapa pemilik mobil ingin cat mobil yang dilapisi dua kali, jika ingin mobilnya tampak jauh lebih mewah. Terlebih setelah dilapisi oleh cat bening sebagai pelapis.

Pemilihan cat mobil pun tidak dapat sembarangan, karena beberapa cat mobil yang berkualitas tinggi dipergunakan untuk beberapa bagian mobil, seperti bumper, bagian yang paling sering beresiko benturan. Kebanyakan pemilik mobil tidak memahami hal ini, dimana mereka tidak menanyakan secara detail kepada penyedia jasa pengecatan mobil.  Di negara-negara maju, cat untuk mobil telah diklasifikasikan untuk beberapa bagian mobil, sehingga mobil tetap terlihat apik meskipun sudah  berusia lama.

Keuntungan Clear Coating di Negara Tropis
Clear coating memiliki fungsi yang sangat tinggi, terutama cuaca ekstrim seperti di Indonesia. Namun demikian, mayoritas pemilik mobil mengira bahwa lapisan ini digunakan semata-mata hanya karena daya tarik yang estetik. Cat lapisan yang bening ini dapat membantu ketajaman warna dari cat yang dilapisinya, dimana tampilan kontras dapat membuat warna cat mobil jauh lebih hidup serta menarik.

Hal terpenting dalam pengaplikasian clear coating adalah bagaimana pemilik mobil dapat memilih penyedia jasa cat mobil yang memiliki reputasi apik. Aplikasi cat bening untuk perlindungan mobil memerlukan jasa profesional yang dapat menentukan pengaplikasian cat utama, serta cat bening dengan prosedur serta teknik pengecatan yang benar.

Namun demikian waxing juga disarankan karena dapat melindungi lapisan clear coat.  Pemilik mobil dapat meminta pengaplikasian wax sealer berkualitas bagus, untuk perlindungan maksimal.

Ikuti tulisan menarik Akhmad Tefur S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB