x

Iklan

nur arif nurudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Desember 2021

Kamis, 2 Desember 2021 15:45 WIB

Merdeka Belajar, Slogan Langit yang Berasal dari Bumi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri Handayani”, sebuah semboyan yang pastinya sudah sangat familiar ditelinga. Terkesan sangat mudah diucapkan namun begitu penuh perjuangan dan harus dibanjiri oleh keyakinan untuk mewujudkannya. Merdeka Belajar menjadi salah satu nilai yang terkandung dalam slogan tersebut dan banyak yang menganggap Merdeka Belajar bagaikan slogan dari langit namun berasal dari bumi.

Wahai para pendidik bangsa, sesungguhnya ada hal istimewa yang dibawa sebagai oleh-oleh dari kedatangan Covid-19. Berjuta ide menjadikan media komunikasi berbasis internet sebagai pengganti interaksi, beribu cara ditempuh untuk tidak sekedar memindahkan ruang kelas dari dunia nyata ke dunia maya. Semua itu hanya bermuara pada satu tujuan yakni pembelajaran yang bermakna. Keluhan dan kesulitan murid atau bahkan selentingan dari para orang tua selaku wali murid dijadikan acuan untuk mengaktualisasi diri agar bisa berdamai dengan kodrat zaman. Sebuah hal yang mungkin tak akan terjadi jika tidak kedatangan “tamu” luar biasa.

Tanpa disadari, hampir semua dari pendidik tergerak untuk tetap bisa memberikan pelayanan maksimal. Learning loss menjadi masalah bersama untuk dipecahkan, dan ternyata keinginan luhur itu berasal dari diri para pendidik. Dan seiring perjalanan yang diwarnai dengan dinamika pembelajaran online sudah mulai muncul rasa nyaman dengan proses pembelajaran kekinian yang dihiasi dengan berbagai ketentuan. Semua itu bisa dicapai setelah berkali-kali mencoba dan berpindah dari satu metode ke metode lainnya. Kepuasan akan muncul ketika bisa melihat senyum mengembang dari balik masker dan itu sejatinya Merdeka Belajar. Bukan sesuatu yang mewah dan harus dibalut dengan hal yang mewah pula, namun bisa berasal dari sebuah hal kecil namun memiliki posisi yang penting selayaknya air putih yang tidak mewah namun penting untuk kehidupan manusia. Cepat pulih bumiku dan untuk rekan pendidik tetaplah bergerak dengan hati untuk pulihkan pendidikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik nur arif nurudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB