x

Belajar itu menyenangkan

Iklan

Sahran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2021

Senin, 13 Desember 2021 10:55 WIB

Ujian Itu Menyenangkan Jika Tahu Kuncinya

Ujian adalah sarana untuk mengukut tingkat keberhasilan sebuha proses pembelajaran. hasil terbaik yang diperoleh menunjukkan kualiatas yang dimiliki oleh guru-guru dalam lembaga tersebut begitu pun sebaliknya hasil kurang memuaskan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang harus dievaluasi sebagai upaya menciptakan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

...Tips sukses ujian...

Siapa pun yang terlibat dalam dunia pendidikan, mau tidak mau pasti melalui tahap ujian sebagai penentu kelulusan dan uji kemampuan bahwa mereka benar-benar sudah mampu untuk berpindah ke jenjang lebih tinggi.

Setiap tahun UN (Ujian Nasional) menjadi topik hangat yang tidak habis untuk menjadi pembicaraan. Dari tahun ke tahun permasalahan UN selalu memberikan warna “Tekanan” yang tidak hanya dirasakan oleh peserta ujian tapi juga oleh guru dan lembaga sekolah itu sendiri. Jika peserta khawatir/takut tidak lulus para guru dan lembaga sekolah pun memiliki ketakutan sendiri akan mendapat image yang tidak baik dari masyarakat karena tidak mampu meluluskan siswa-siswinya atau mungkin lulus tapi dengan nilai kurang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketakutan-ketakutan seperti ini kemudian mendorong sekolah melakukan hal-hal yang menurut mereka dapat menunjang keberhasilan para siswanya dalam menempuh ujian. Hal seperti ini baik jika yang dilakukan adalah kegiatan yang menunjang kemampuan siswa dan kesiapan mental untuk mengikuti ujian. Namun, akan berbeda jika yang dilakukan adalah hal-hal yang jauh bertentangan dengan kesiapan siswa seperti mendatangi kuburan, istighozah massal, ke dukun, minum air yang sudah diberi mantra, menuliskan mantra pada pensil ujian dan lain sebagainya. Harus dipahami langkah-langkah seperti ini tidak akan memberi efek apapun jika peserta ujian sendiri tidak memotivasi dirinya untuk belajar dan mengasa mentalnya.

Oleh karena itu, menurutQ nih sobat hal yang sangat dibutuhkan dalam ujian tanpa perlu mengikuti seremonial-seremonial seperti di atas adalah:

  1. Tingkatkan Belajarnya

Sobat percaya tidak kalau kelebihan anak-anak Indonesia adalah meningkatkan belajarnya ketika akan ujian. Dan bersantai ria selama masa ujian masih jauh. Sadar atau tidak semangat belajar kita masih sangat rendah, hingga saat ini sebagian besar dari kita masih belajar hanya ketika berada di lingkungan sekolah dan les-lesan tapi di luar itu kita lebih asyik dengan dunia yang tidak menunjang pendidikan kita. Gimana betul tidak sobat???

 

Padahal jika belajar menjadi budaya kita di sekolah, les-lesan dan menggunakan waktu luang untuk belajar maka ujian tidak akan menjadi momok yang menakutkan. Mengapa, karena ketika ujian sudah datang kita tinggal mengulang dan memperdalam pelajaran-pelajaran yang sudah kita pelajari tidak perlu mengulang dari NOL. Gimana????

Pahamilah sobat ....Kunci belajar adalah bukan mendapat nilai tapi mencari ilmu

 

Mengapa mencari ilmu, karena ketika ilmu yang kita miliki maka kepastian nilai pun akan mengikuti dengan baik, sebaliknya berbeda jika yang kita kejar hanya nilai maka dapat dipastikan nilai itu hanya akan tertuang di raport atau ijazah namun tidak akan menambah apapun dalam perjalanan kehidupan kita di dunia yang sebenarnya. Selepas nilai didapat maka ilmu yang dipelajari sesaat itu pun akan sirna bahkan mungkin tanpa bekas.

 

  1. Doa

Do’a adalah hal paling penting dalam hidup kita, tapi banyak diantra kita yang lalai memanfaatkannya dengan baik, doa adalah senjata utama kita namun banyak yang tidak menggunakannya sebagai senjata. Bagi kita yang penting belajar serius padahal perlu sobat pahami bahwa belajar tanpa doa adalah kesombongan dan doa tanpa usaha belajar adalah kepasrahan yang tidak berguna. Oleh karena itu, selain harus meningkatkan gairah belajar juga harus meningkatkan doa bentuk kepasrahan kita sebagai makhluk lemah yang membutuhkan pertolongan dari sang pemilik segala sesuatu.

 

  1. Konsentrasi

Setelah belajar dan doa selanjutnya saat berhadapan dengan soal konsetrasilah penentunya. Banyak peserta ujian yang gagal hanya karena kecerobohaan dalam menjawab soal, jangan karena merasa pelajaranya mudah sehingga melupakan konsentrasi. Pahamilah  keberhasilan seseorang dalam ujian selain IQ juga sangat ditentukan sejauhmana tingkat konsentrasinya ketika ujian.

Banyak diantara kita yang karena tidak terbiasa dengan membaca akhirnya malas ketika berhadapan dengan soal yang memuat uraian akibatnya soal terkadang tidak terbaca dan tidak terpahami dengan baik, akhirnya jawaban pun menjadi jawaban asal pilih yang penting terjawab. Jika hal ini tidak dihindari maka dapat dipastikan jawaban yang diberikan tidak akan memberikan hasil nilai yang maksimal tapi justru penyesalan di akhir.

 

  1. Mental

Kegagalan lain yang terkadang terdepan dalam menjatuhkan seseorang dalam ujian adalah karena lemahnya mental yang dimilikinya. Oleh karena itu, bagi setiap peserta ujian kuatkan mentalmu dulu yah...

 

  1. Jangan lupakan guru-guru kita

Terakhir dan sangat penting nih datangi guru-gurumu yang TK bagi yang SD, SD bagi yang SMP, SMP bagi yang SMA sederajat. Doa mereka akan memberikan kemudahan bagi ujian kalian ....

MENCONTEK BAIK UNTUK SESAAT, TAPI KETIKA BERKOMPETISI DENGAN YANG LAIN HASILNYA PASTI NIHIL

SO

G’ USAH NYONT3K Y@H...

Ikuti tulisan menarik Sahran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB