Yang Harus Dilakukan Ketika Impian Anda Tidak Menjadi Kenyataan - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 16 Desember 2021 09:42 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Yang Harus Dilakukan Ketika Impian Anda Tidak Menjadi Kenyataan

    Dengan mimpi, saya berbicara tentang tujuan jangka panjang atau ambisi yang sangat penting bagi Anda, tetapi saran di sini juga berlaku untuk tujuan jangka pendek yang lebih kecil.

    Dibaca : 948 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mimpi… kita semua memilikinya, tetapi tidak semua dari kita bisa mewujudkan impian kita.

    Sementara Anda masih menunggu impian Anda menjadi kenyataan, Anda mungkin merasa terbantu untuk mendekatinya dengan cara berikut.

    Dengan mimpi, saya berbicara tentang tujuan jangka panjang atau ambisi yang sangat penting bagi Anda, tetapi saran di sini juga berlaku untuk tujuan jangka pendek yang lebih kecil.

    Bekerja Lebih Keras

    Anda tidak sering menemukan orang-orang yang mimpinya menjadi kenyataan tanpa usaha. Jika impian Anda tidak menjadi kenyataan, mungkin saja Anda tidak memasukkan cukup cangkok keras.

    Saya tidak mencoba mengatakan bahwa Anda belum mencoba; saya hanya bertanya apakah Anda bisa berusaha lebih keras. Ini seperti mendaki gunung – Anda mungkin mencapai satu puncak dan berpikir bahwa itu adalah puncaknya, hanya untuk menemukan bahwa pendakian lebih jauh membayangi Anda. Namun, pada akhirnya, jika Anda terus melakukannya, Anda akan mencapai puncak.

    Bekerja Lebih Cerdas

    Kekuatan dan upaya kasar tidak selalu merupakan jalan yang tepat untuk diambil saat mengejar impian Anda; terkadang Anda perlu mendekatinya dari sudut pandang intelektual.

    Ambil langkah mundur sejenak dan pertimbangkan apa yang telah Anda lakukan sejauh ini untuk mencapai impian Anda dan mengapa itu tidak berhasil. Kemudian bayangkan semua hal yang mungkin Anda lakukan secara berbeda dan urutkan sesuai dengan kemungkinan keberhasilannya. Kemudian mulailah mencobanya.

    Mungkin membantu jika Anda melihat impian Anda sebagai tujuan akhir dan merencanakan jalur yang melewati berbagai titik di sepanjang jalan. Setelah Anda benar-benar memikirkannya, Anda mungkin menyadari bahwa berpindah dari A ke B berarti melewati C, D, dan E terlebih dahulu, tidak peduli betapa tidak logisnya kelihatannya.

    Meminta Bantuan

    Seperti yang pernah saya tunjukkan dalam artikel saya tentang ciri-ciri umum orang bahagia, meminta bantuan sebenarnya adalah tanda kekuatan. Jika Anda mengenal seseorang yang memiliki mimpi yang sama seperti Anda sekarang, dan mewujudkannya, bicarakan dengannya untuk mengetahui apa yang dia lakukan untuk mencapainya.

    Dan jika Anda tidak mengenal siapa pun, pergilah ke sana dan cari mereka. Ada ahli dan orang-orang sukses di hampir setiap bidang yang dapat Anda bayangkan dan beberapa akan dengan senang hati melatih Anda mencapai tujuan Anda atau memberi Anda potongan teka-teki yang hilang itu.

    Anda dapat mempercepat kemajuan yang Anda buat dengan belajar dari mereka yang telah berjalan di jalan yang sama dengan yang Anda jalani sekarang.

    Pindah ke Rencana B

    Tidak setiap mimpi yang Anda miliki akan menjadi kenyataan – percaya sebaliknya membuat diri Anda kecewa. Jika Anda telah mencoba semua yang Anda bisa untuk membuat mimpi menjadi kenyataan dan Anda masih gagal, hal yang masuk akal untuk dilakukan adalah beralih ke rencana B.

    Bertahan dengan mimpi yang telah Anda berikan segalanya bukan hanya keras kepala, itu benar-benar tidak sehat.

    Tetapi hanya karena satu mimpi tidak menjadi kenyataan, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa Anda tidak dapat mencapai yang lain. Faktanya, sejarah dipenuhi dengan contoh orang-orang sukses yang awalnya mencoba tangan mereka pada sesuatu yang sama sekali berbeda: desainer Vera Wang awalnya mengejar mimpi untuk menjadi skater figur Olimpiade, tetapi masuk ke mode setelah gagal membuat tim AS, dan ratu rumah tangga Martha Stewart menghabiskan beberapa tahun mencoba untuk membuat kekayaannya sebagai pialang saham di Wall Street sebelum menjadi miliarder TV kepribadian, penulis dan pemilik bisnis.

    Itulah indahnya mimpi – Anda dapat membuat yang baru kapan saja, tidak peduli seberapa muda atau tua Anda.

    Evaluasi Kembali Timeline Anda

    Anda mungkin tidak selalu perlu beralih ke rencana B dengan impian Anda; mungkin yang perlu Anda lakukan hanyalah memikirkan kembali kerangka waktu yang realistis baginya untuk membuahkan hasil.

    Baik dan bagus untuk mengatakan bahwa Anda akan menjadi walikota di kota asal Anda pada usia 30 tahun dan menjadi anggota dewan pada usia 35 tahun, atau bahwa Anda akan membuka 50 toko di 5 kota 5 tahun ke depan, tetapi banyak hal tidak selalu terjadi sesuai rencana.

    Bukan hal yang aneh jika hal-hal memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan, jadi fleksibellah dengan jadwal Anda dan jangan berpikir bahwa memindahkannya lebih jauh ke masa depan sama saja dengan kegagalan.

    Tahan

    Terkadang Anda tidak hanya perlu memikirkan berapa lama sebuah mimpi bisa menjadi kenyataan; Anda perlu mempertimbangkan waktu yang tepat bahkan untuk memulai pengejaran Anda.

    Tergantung pada semua hal lain yang terjadi dalam hidup Anda, mungkin sekarang bukan waktu terbaik untuk mencoba dan mencapai ambisi terbesar Anda.

    Meskipun dalam beberapa kasus, Anda akan dipaksa untuk beraksi karena usia Anda – lagi pula, Anda tidak akan masuk tim NBA All-Star jika Anda mengambil bola basket pada usia 40 – banyak mimpi tetap realistis tidak peduli ketika Anda mulai mengejarnya.

    Menyerah

    Saya akan mengulangi poin saya sebelumnya bahwa mengejar mimpi di luar alam realisme tidak sehat. Meskipun Anda dapat memilih untuk beralih dari satu mimpi ke mimpi lainnya, ada cara lain.

    Anda mungkin menyadari bahwa mimpi tidak selalu seperti yang mereka bayangkan. Bagi sebagian orang mereka bekerja dan bagi yang lain tidak. Ketika Anda mendapati bahwa mengejar mimpi tidak membuat Anda bahagia, melainkan menjatuhkan Anda, solusi terakhir adalah berhenti mengejarnya.

    Saat saya mencoba menjelaskan dalam artikel saya yang lain, saat ini adalah semua yang ada. Jika Anda terlalu lama mengejar mimpi, Anda tidak akan pernah menemukan waktu untuk menikmati momen yang sedang terjadi saat ini.

    ***
    Solo, Rabu, 15 Desember 2021. 7:25 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.