x

Bantuan oksigen dari PT IMIP yang diterima oleh Menkes.

Iklan

Tania Adin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Rabu, 22 Desember 2021 15:47 WIB

7 Bukti Komitmen IMIP Salurkan Oksigen untuk Pasien Covid-19 di Tanah Air

Selama masa pandemi Covid-19, Kementerian Kementerian Kesehatan RI pernah mengungkap bahwa kebutuhan oksigen medis negara per hari pernah mencapai angka 800 ton. Dan ketika kasus Covid-19 melonjak di bulan Juli hingga akhirnya terjadi kelangkaan oksigen. Demi atas kelangkaam oksigen PT IMIP berkontribusi terhadap penyediaan oksigen nasional di masa pandemi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai pelaku industri, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi Tengah tetap peduli terhadap sesamanya, terutama yang terjangkit virus Covid-19. Lewat aksi bantu oksigen, PT IMIP berkontribusi terhadap penyediaan oksigen nasional di masa pandemi.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Kementerian Kesehatan RI pernah mengungkap bahwa kebutuhan oksigen medis negara per hari pernah mencapai angka 800 ton. Dan ketika kasus Covid-19 melonjak di bulan Juli hingga akhirnya terjadi kelangkaan oksigen, Kementerian Perindustrian menghimbau para pelaku industri untuk lebih memfokuskan memproduksi oksigen medis terlebih dahulu.

Namun tak hanya memenuhi imbauan Kementerian Perindustrian semata, PT IMIP juga terus menyalurkan bantuan oksigen tidak hanya ke nasional namun juga daerah-daerah sekitarnya. Dan inilah, kilas balik ketika PT IMIP bantu berikan oksigen demi memerangi wabah Covid-19, dari yang terkini hingga ketika bantuan ISO tank pertama kali diserahkan:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak hanya untuk nasional, PT IMIP juga tak melupakan daerah sekitarnya yaitu Sulawesi Tengah dan Morowali. Dan inilah, kilas balik ketika PT IMIP bantu berikan oksigen demi memerangi wabah Covid-19, dari yang terkini hingga ketika bantuan ISO tank pertama kali diserahkan:

1. Bantuan Kembali untuk Sulteng: 2 ISO Tank Oksigen 

Bantuan oksigen dari PT IMIP

PT IMIP memberikan bantuan kepada Provinsi Sulteng berupa 2 ISO tank oksigen. Bantuan ini diterima langsung oleh Gubernur Rusdy beserta jajaran pada Minggu (22/8).

2. Bantuan Oksigen untuk Kab. Morowali

Kabupaten tempat IMIP berada yaitu Morowali juga tentunya mendapat bantuan. Pada Senin (9/8), IMIP memberikan langsung bantuan tabung oksigen yang diterima oleh Bupati Morowali Drs Taslim beserta jajaran di pelataran Kantor Bupati Morowali. Bantuan ini juga sebagai stok bila supply dari Palu terlambat datang.

3. Tabung Oksigen ke Gernas MUI

Tidak hanya oksigen, tabung oksigen pun juga menjadi langka kala kasus Covid-19 sedang tingginya-tingginya. IMIP pun kemudian memberikan bantuan 80 tabung oksigen yang berukuran 1 meter kubik melalui Gernas MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada Sabtu (7/8). Tabung oksigen ini diketahui bisa dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

4. Oksigen untuk Sulawesi Tengah 40 Ton

Bantuan oksigen dari PT IMIP

Sebelum bantuan 2 ISO tank oksigen, PT IMIP pernah memberikan bantuan 1 ISO tank oksigen berkapasitas 30 ton dan 200 unit tabung oksigen berukuran 50 kg pada Jumat (6/8), bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, IMIP memberikan. Bantuan oksigen 40 ton ini diterima langsung Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir 

5. Stok Oksigen ke Kodam Jaya

Pemberian oksigen ke Kodam Jaya

IMIP terus menyalurkan pasokan oksigen kepada yang membutuhkan. Pada Selasa (3/8) IMIP diketahui menyalurkan bantuan oksigen kepada Kodam Jaya di Jakarta sebagai stok jika kasus Covid-19 melonjak lagi di Tanah Air. Bantuan ini pun juga diterima secara langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A.

6. Bantuan 21 Unit ISO Tank Oksigen untuk Negara

Bantuan oksigen dari PT IMIP yang pertama kali diberikan langsung dalam jumlah fantastis yaitu 21 ISO tank oksigen yang bermuatan 500 ton oksigen. Diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Selasa  (6/7/2021) di Dermaga 03 Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, bantuan oksigen tersebut disebut Menkes dapat membantu setengah dari kebutuhan oksigen negara. ISO tank oksigen yang diberikan PT IMIP langsung dimodifikasi menjadi ‘truk oksigen’ dan berangkat ke rumah-rumah sakit yang membutuhkan untuk menyalurkan oksigen.

7. Tambahan 5 ISO Tank Oksigen untuk Pemerintah Pusat

Melihat kasus Covid-19 yang masih tinggi, IMIP kemudian menambah bantuan 5 ISO tank yang mempunyai total 129 ton di 24 Juli 2021 silam dan dikirim ke pemerintah pusat Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Tania Adin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB