Bahu-membahu Melawan Covid-19 ala Kawasan Industri Morowali - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi perangi wabah Covid-19. Sumber foto: Shutterstock.com

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Kamis, 23 Desember 2021 07:52 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Bahu-membahu Melawan Covid-19 ala Kawasan Industri Morowali

    Masa pandemi Covid-19 tentunya menyulitkan bagi semua orang. Negara pun sampai pernah kewalahan dalam penyediaan oksigen dan alat-alat kesehatan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. Beruntung, berkat bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak, kelangkaan dapat teratasi. Dan salah satu pihak yang turut berikan bantuan oksigen dan alat-alat kesehatan (alkes) di masa pandemi adalah PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park).

    Dibaca : 802 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Di masa pandemi Covid-19, kebutuhan oksigen untuk perawatan bagi pasien yang terjangkit virus Covid-19 meningkat. Tidak hanya oksigen, alat-alat kesehatan sebagai penunjang kesehatan juga sangat dibutuhkan. Dan, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) sebagai pelaku industri tidak hanya menyalurkan oksigen, namun juga alat-alat kesehatan. Khususnya, di dalam masa perlawanan selama pandemi di Indonesia.

    Banyak bantuan alat-alat kesehatan disalurkan oleh IMIP, terutama untuk daerah sekitarnya yaitu Morowali yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Selama masa pandemi, IMIP telah banyak memberikan sumbangsih bagi Indonesia, baik itu dalam penyediaan oksigen dan juga bantuan non oksigen seperti masker, respirator, hingga disinfektan.

    Maret 2020: Bantu Sediakan Alkes untuk Nakes

    Ketika pandemi awal merebak di Maret 2020, PT IMIP langsung sigap membantu dalam menyokong tenaga kesehatan dengan beberapa protokol kesehatan.

    Dalam bantuan ini IMIP bekerja sama dengan Yayasan Bintang Delapan, Tsingshan Charity Foundation, Kementerian Pertahanan RRT, serta Kementerian Pertahanan RI.

    Ada 6 jenis alat kesehatan yang disumbangkan IMIP yaitu APD, masker KN95, sarung tangan dan masker sekali pakai, kacamata pelindung, dan alat rapid test.

    Akhir Maret 2020: Pencegahan Dini terhadap Virus Covid-19 di Morowali

    Bantuan berupa ratusan liter disinfektan dan 2 unit sprayer elektrik diberikan PT IMIP kepada Pemerintah Kabupaten Morowali pada 30 Maret 2020 lalu, guna mengantisipasi secara dini dari penyebaran virus Covid-19 di Kecamatan Bahodopi. Tiga hari sebelumnya yaitu 27 Maret 2020, IMIP diketahui juga menyalurkan bantuan ribuan liter disinfektan dan diterima langsung di rumah Bupati Morowali.

    April 2020: Bantuan Melalui Nahdlatul Ulama

    Bantuan IMIP untuk pandemi covid-19 

    Melalui Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), pada April 2020, PT IMIP membagikan sejumlah masker, hand sanitizer, thermometer gun, dan sabun kepada masyarakat Morowali. Namun tak hanya itu, IMIP juga membagikan beras sebanyak 20.000 kilogram dan 5.000 kiloliter minyak goreng.

    Mei 2020: Bantuan Disinfektan dan Antiseptik di Hari Buruh

    Pada peringatan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei , PT IMIP memberikan bantuan kepada DPC SPN Kabupaten Morowali berupa cairan disinfektan sebanyak 4 jerigen besar, masker 500 pcs, sabun antiseptik 2 dus. 

    Juli 2020: Fogging di Era New Normal

    Juli 2020, Indonesia senyatanya telah memasuki era new normal, namun protokol kesehatan tetap tidak boleh lengah. IMIP pun juga masih sokong sejumlah alkes seperti cairan disinfektan, sabun antiseptik, dan alat fogging kepada pemerintah Kecamatan Bahodopi di Kamis (2/7/2020). 

    Desember 2020: Cairan Disinfektan untuk Kabupaten Morowali

    Pada Rabu (23/12/2020), PT IMIP menyalurkan bantuan ribuan liter cairan disinfektan dan ratusan sabun antiseptik kepada pemerintah Kabupaten Morowali. Bantuan ini diterima langsung oleh pengelola Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

    Agustus 2021: Ratusan Ribu Masker untuk Sulteng

    PT IMIP tidak hanya memberikan ISO tank oksigen kepada Provinsi Sulawesi Tengah di Agustus 2021 kemarin, namun diketahui juga memberikan 400.00 pcs masker kain.

    Agustus 2021: Bantuan Masker untuk Morowali

    Kala PT IMIP memberikan bantuan oksigen kepada Kabupaten Morowali sebagai cadangan jika supply oksigen dari Palu terlambat datang, PT IMIP juga memberikan 100.00 pcs masker kain.

    Agustus 2021: Edukasi Masker ke Warga Bahodopi

    IMIP berbagi masker 

    Tidak cukup hanya memberikan masker, IMIP juga ambil peran dalam menegakkan kesadaran masyarakat agar taat pada protokol kesehatan. Edukasi ini dilakukan di sejumlah tempat publik di Kecamatan Bahodopi seperti Pasar Rakyat Bahodopi. Pada aksi ini, IMIP diketahui memberikan 80.000 masker yang terdiri dari masker medis dan juga masker kain.

    September 2021: Salurkan Respirator Oksigen

    Bantuan dari IMIP untuk morowali

    Tak hanya oksigen yang menjadi kebutuhan penting bagi perawatan pasien Covid-19, namun juga sejumlah alat-alat kesehatan penunjangnya seperti respirator. Dan pada 17 September 2021 lalu, PT IMIP memberikan sejumlah konsentrat oksigen 5L BF-5A, konsentrat oksigen 10L ND-ZY10QW, respiratory humidifier accessories, HFNC Trolley, dan fingertip pulse oximeter yang diterima oleh Kabupaten Morowali. 

    Memerangi wabah pandemi Covid-19 mungkin melelahkan, namun jika dilakukan secara bersama, beban tersebut bisa berkurang. Terlebih, Indonesia terkenal dengan nilai gotong-royong serta berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Dan apa yang dilakukan oleh kawasan industri Morowali selama ini, menunjukkan bahwa jika sesama manusia saling membantu, beragam masalah seperti kelangkaan bisa teratasi.

    Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.