x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 25 Desember 2021 14:05 WIB

Inovasi Robot Pintar Penyiram Tanaman, Pengabdian Masyarakat Dosen Unpak untuk Modernisasi Pertanian

Dosen Unpak lakukan pengabdian masyarakat modernisasi pertanian melalui pengenalan robiot pintar penyiram tanaman otomatis di Desa Neglasari Dramaga

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Era digital, mau tidak mau, memberikan tantangan besar terhadap sektor pertanian. Harus ada perubahan pada pola pertanian. Dari cara-cara yang tradisional menuju cara-cara yang lebih maju atau modern. Seperti yang terjadi di Desa Neglasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, di mana pertanian masih menjadi komoditas utama, di samping mata pencaharian tetap sebagian besar penduduknya.

Sebagai upayamelakukan modernisasi pertanian itulah, Prodi Ilmu Komputer FMIPA dan Prodi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi Universitas Pakuan (Unpak) Bogor melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (15/11/2021). Diketuai Dr. Herfina, M.Kom., M.Pd. dan anggota Asep Denih, S.Kom., M.Sc., Ph.D. dan Ema Kurnia, S.Kom., M.Sc., tim PKM Unpak melakukan pendampingan kelompok tani di Desa Neglasari, Dramaga dalam menyelesaikan masalah-masalah pertanian yang dihadapi, disamping modernisasi pertanian.

 Melalui pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT), petani dibimbing untuk mengoptimalkan hasil pertanian dengan cara mengontrol perkembangan tanaman dengan cara memantau suhu, kelembaban tanah dan kadar air yang dibutuhkan oleh tanaman. Inovasi PkM ini dilakukan dengan memanfaatkan robot pintar penyiram tanaman secara otomatis. Sehingga nantinya, hasil panen bisa lebih optimal, di samping dapat mengngkatkan penghasilan para petani dan masyarakat sekitar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Pengabdian Masyarakat Unpak ini dilakukan untuk membantu petani di Desa Neglasari, Dramaga Bogor. Untuk antisipasi perubahan iklim akibat peningkatan suhu udara dan naiknya permukaan air laut serta perubahan musim yang terjadi. Caranya melalui pemanfaatan robot pintar penyiram tanaman secara otomatis” ujar Dr. Herfina, M.Kom., M.Pd.

Kegiatan PkM Unpak ini pun bermitra dengan lembaga Innovation Center for Tropical Sciences (ICTS). Para petani Desa Neglasari pun diberikan penyuluhan berkaitan dengan pemanfaatn teknologi untuk modernisasi pertanian. Agar hasil panen bisa optimal.

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu