Pentingnya Entrepreneurship di Indonesia - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Cara Mudah Menghasilkan Uang di Internet\xd

RAINETA FIRSA SAFINA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Januari 2022

Rabu, 5 Januari 2022 07:24 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Pentingnya Entrepreneurship di Indonesia

    Pentingnya Entrepreneur di Indonesia dan mengapa harus lebih diterapkan.

    Dibaca : 621 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kita ketahui bahwa peringkat Gross Domestic Product di dunia didominasikan oleh Amerika Serikat. Namun dalam proyeksi jangka panjang yang dirilis oleh Standard Chartered Plc dari 10 negara berkembang, Indonesia menempati peringkat ke 4 dengan PDB tertinggi di dunia nanti pada tahun 2030.

    Perekonomian di Indonesia pun terus meningkat, seiring berjalannya waktu, generasi muda akan mengambil alih dan pasar Internasional pun akan terus meningkat. Keuntungan yang kita dapatkan dari perdagangan Internasional adalah membuat mempererat hubungan antarnegara, meningkatkan kemakmuran suatu negara, meningkatkan pendapatan Indonesia dll. Kita Indonesia membutuhkan generasi tidak hanya dapat memimpin tapi juga kreatif. Agar Indonesia dapat meraih peringkat tersebut, diperlukan penekanan dalam sektor wirausaha. Lalu mengapa generasi muda dapat berkontribusi besar dalam perdagangan Internasional ? Dan mengapa dalam sektor wirausaha?

    Generasi muda Indonesia memiliki kreatifitas yang tinggi. Di era digital yang terus bertumbuh, pastinya masyarakatnya juga akan tumbuh baik secara akademis dan kreativitas. Dengan kreativitas tersebut bisa menciptakan ide, produk ataupun gagasan yang baru. Justru di Indonesia banyak sekali pemuda-pemuda yang sukses dengan cara mengungkapkan kreativitas mereka untuk keberhasilan Indonesia. Contohnya 8 Unicorn di dunia dimiliki oleh Indonesia, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, OVO, dll.

    Gojek terbentuk dari pengalaman pribadi pendiri, Nadiem Makarim dari pergi menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari untuk pergi ke kantornya. Gojek pun meluas ke berbagai negara seperti Thailand, Vietnam dan Singapura.  Itu hanya lah satu hasil atau bukti bahwa Indonesia bisa sukses  dan membutuhkan lebih banyak generasi muda yang kreatif agar dapat lebih luas market Indonesia.

    Di sisi lain, sektor wirausaha di Indonesia saat ini berkembang pesat. Seperti yang dikatakan di website Kementerian Perindustrian Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Platform digital juga berperan besar dalam berwirausaha karena dapat menghubungkan berbagai macam orang, negara, perusahaan, dll. Menperin juga menjelaskan, dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, pihaknya telah menggagas platform e-commerce bertajuk e-Smart IKM sebagai salah satu strategis pemerintah guna membangun sistem database IKM yang diintegrasikan melalui beberapa marketplace yang sudah ada di Indonesia.

    Market Internasional bisa diperoleh dari generasi milenial. Untuk menghasilkan perekonomian yang baik membutuhkan ide yang kreatif. Ide kreatif didapatkan  ketika kita melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Generasi milenial adalah salah satu sumber daya produktif dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha yang dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran di angkatan kerja produktif. Internasional mengasumsikan perbedaan budaya. Kreativitas untuk peka budaya agar dapat menembus pasar internasional. Menurut United Nation Conference On Trade and Development, Ekonomi Kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

    Dengan ini kita bisa menyimpulkan bahwa Indonesia bisa meraih peringkat 4 dan mempunyai potensi tinggi untuk berkembang. Hanya saja jika ide kreatifitas generasi muda lebih ditekankan dan diterapkan di Indonesia. Kemampuan kreativitas generasi milenial agar dapat  meluncurkan pasar tidak hanya di Indonesia tapi juga dalam Internasional adalah tinggi. Lebih unggul jika ditekannya sejak kecil jiwa kewirausahaan dengan cara mengikuti seminar atau berinteraksi langsung kepada pelaku wirausaha. Menjadi seorang wirausahawan merupakan salah satu langkah tercepat mencapai sukses.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.