Menjadi Milenial yang Financial Savvy, Bukan Cuma Tech Savvy - Analisis - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 11 Januari 2022 12:46 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Menjadi Milenial yang Financial Savvy, Bukan Cuma Tech Savvy

    Milenial adalah generasi yang tidak mengalami kesulitan dalam pemanfaatan teknologi. Mereka peka dan gampang beradaptasi dengan perubahan teknologi dan gadget alias tech savvy. Akrab dengan teknologi memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaaan berbasis teknologi. Namun, di tengah kemajuan dan kemudahan teknologi itu kaum milenial wajib memiliki kecerdasan dalam hal keuangan (financial savvy) pula. Karena hal ini penting untuk kehidupan yang lebih baik.

    Dibaca : 291 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Istilah tech savvy identik dengan generasi milenial. Mereka adalah generasi yang tidak mengalami kesulitan dalam pemanfaatan teknologi. Mereka peka dan gampang beradaptasi dengan perubahan teknologi atau gadget.

    Perkembangan teknologi dan penggunaannya menjadi perhatian khusus para milenial ini. Hal ini bisa terjadi karena mereka memang lahir di saat teknologi juga berkembang.

    Tak mengherankan terkait dengan teknologi ini, milenial termasuk generasi yang gampang beradaptasi, sehingga bagi mereka teknologi itu memiliki arti penting dalam kehidupan sehari-hari.

    Milenial yang tech savvy pun menyukai pekerjaan di lingkungan kerja yang mengedepankan teknologi, sehingga mereka terbiasa bekerja dari mana saja maupun berdiskusi dengan siapa saja dengan menggunakan internet.

    Kondisi milenial yang tech savvy ini tentu memudahkan mereka dalam mendapatkan pekerjaaan berbasis teknologi. Apalagi, di era teknologi saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Dengan demikian, pekerjaan bagi milenial yang tech savvy buka perkara yang sulit.

    Namun, di tengah kemajuan dan kemudahan teknologi milenial wajib memiliki kecerdasan dalam hal keuangan (financial savvy) karena hal ini penting untuk kehidupan yang lebih baik.

    Cerdas finansial artinya bijak dan pengalaman dalam menangani pengeluaran, pemasukan dan alokasi keuangan. Secara umum, gagasan cerdas secara finansial berfokus pada satu konsep: mempertahankan posisi keuangan yang sehat melalui perencanaan dan penganggaran yang tepat.

    Salah satu perencanaan dan pengganggaran yang tak boleh diabaikan begitu saja bagi milenial adalah investasi. Kedati wajib hukumnya, investasi tidak disarankan untuk dimiliki secara terburu-buru hanya karena ikut-ikutan. 

    Cerdas investasi berarti wajib membekali diri dengan mencari tahu informasi yang benar tentang investasi, seperti halnya dalam investasi saham yang saat ini sudah sangat mudah karena sudah serba online berbasis aplikasi.

    Menariknya, di tengah kemajuan teknologi, investasi saham juga sejalan seiring dengan kemajuan teknologi, sehingga tak mengherankan jika saat ini digandrungi kalangan milenial.

    Investasi saham yang mudah dan terjangkau, semisal dengan aplikasi IPOT yang sudah memiliki versi untuk pemula yakni IPOT EZ milik Indo Premier Sekuritas, bisa dijadikan kendaraan bagi milenial untuk makin produktif dari sisi financial savvy. Dengan begitu, milenial tidak cuma tech savvy, tetapi juga cerdas dalam hal keuangan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.